Analisis Strategi Pengembangan Usaha Penyewaan Sound System Pada Ind Poduction
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1446Keywords:
Strategi, Pengembangan, UsahaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya IND Production (perusahaan) dalam meluncurkan bisnis penyewaan sistem suara dari berbagai aspek: kekuatan perusahaan, kelemahan, dan risiko yang mungkin dihadapi. Selain itu, untuk mengatasi semua masalah yang muncul, penelitian ini berusaha mengusulkan beberapa pendekatan. Strategi penelitian deskriptif kualitatif digunakan, dengan data dikumpulkan melalui metode seperti wawancara mendalam dengan pemilik IND Production dan pengamatan langsung di lokasi perusahaan. Informasi yang digunakan untuk analisis diperoleh dari sumber pertama, yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan eksekutif perusahaan. Berdasarkan temuan penelitian ini, usaha baru di industri penyewaan sistem suara perlu inovatif dalam strategi pemasaran dan layanan pelanggan, efisien dalam manajemen waktu untuk menghindari konflik jadwal antara pelanggan dan peralatan yang digunakan, serta terorganisir dengan baik dalam pencatatan keuangan.
Downloads
References
Andayani, S., & Sumiati, S. (2022). Strategi Pengembangan Paguyuban Keluarga Dan Pedagang Tanaman Hias, Sebagai “ Lembaga Koperasi Primer “ Kampung Wisata Bunga, Di Desa Banyuurip, Kec. Kedamean, Kab. Gresik. Media Mahardhika, 20(2), 222–236. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i2.391
Agustiadi, A., Syarief, R., & Nurrochmat, D. R. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Rental Mobil Wiralodra 27 dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.17358/jabm.4.1.138
Kusbandono, D., & Rosyad, S. (2020). Hambatan Dalam Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Menggunakan Teknologi Informasi ( E-Commerce ) Untuk Meningkatkan Penjualan Bibit Ikan Di Desa Plosobuden Kec.Deket Kab. Lamongan. Media Mahardhika, 18(2), 287–299. https://doi.org/10.29062/mahardika.v18i2.159
Jefri, U., & Ibrohim, I. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 86. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.730
Mandasari, A., Eka N, F., & Sadiqin, A. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Produk Cokelat Almond Pada Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (EMBISS), 3(2), 138–144. https://www.embiss.com/index.php/embiss/article/view/202
Rosmadi, M. L. (2019). Analisis Faktor-faktor Penunjang Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.410
Sianipar, F. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Penyewaan Sound System Pada Play Sound Yogyakarta. Jurnal Harmoni 29 Harmoni, 8(1), 29–37. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/harmoni
Sundari, Octobery, R., & Abolladaka, J. (2020). Strategi Usaha Dengan Analisis SWOT Pada Rental Adinda Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(1), 49–56. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Isnaini, Yuli Kurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.