Pengaruh Personal Branding dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak

Authors

  • Chikita Swarna Putri Rahmadhan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika Surabaya
  • Nindya Kartika Kusmayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika Surabaya
  • Yuli Kurniawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.674

Keywords:

Kualitas pelayanan, Personal Branding, Kepuasan Wajib Pajak

Abstract

Pungutan pajak menjadi salah satu kontribusi utama dalam pendapatan negara yang sangat bergantung pada tingkat kepatuhan dan kepuasan wajib pajak. Relawan Pajak yang tergabung dalam Tax Center memiliki peran strategis dalam memberikan pendampingan dan sosialisasi perpajakan kepada masyarakat. Tujuan studi ini untuk menganalisisidampak personal branding dan kualitas dari pelayanan Relawan terhadap kepuasan wp. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal dan analisis regresi linier berganda melalui SPSS 26. Sampel diambil dengan metode purposive sampling sebanyak 69 responden yang pernah menerima layanan dari Relawan Pajak di Tax Center Surabaya. Hasil persamaan regresiiyang diperoleh adalah Y = 8,860 + 0,408X₁ + 0,314X₂ + e. Nilai thitung variabel personal branding sebesar 3,877 dan kualitas pelayanan sebesar 2,936, keduanya lebih besar dari t tabel 1,667 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05,ssehingga H1 dan H2 diterima. Nilai R² sebesar 45,5% dan hasil ANOVA sebesar 27,553 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, personal branding dan kualitas pelayanan berpengaruh positiffdan signifikannterhadap kepuasan wajib pajak. Tax Center disarankan untuk menjaga konsistensi pelayanan yang ramah, informatif, dan tepat waktu agar tetap relevan dengan kebutuhan wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jaya. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori, penerapan, dan riset nyata. Anak Hebat Indonesia.

Laia, F. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di UD. Yudita Desa Ndaro Hilismaetano. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 6(2), 352-364.

Maharani, I. P. R., & Mardiana, L. (2024). Pembentukan personal branding @dilanjaniyar_2 di media sosial TikTok. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2), 157-166.

Millah, D. N., Sucipto, H., & Riono, S. B. (2024). Pengaruh harga bahan baku, harga jual, dan produksi terhadap hasil penjualan nasi bakar Sultan: Studi kasus UMKM Sambel K'Diyah. Al-Buhuts, 20(1), 638-650.

Nasiroh, D., & Afiqoh, N. W. (2023). Pengaruh pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. RISTANSI: Riset Akuntansi, 3(2), 152–164.

Setiawan, B. P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan: Studi kasus perusahaan jasa ekspedisi Krian. BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 352-366.

Silalahi, S., Al Musadieq, M., & Nurtadjono, G. E. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepuasan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak, dan penerimaan pajak: Studi pada kantor pelayanan pajak Madya Malang. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 1(1).

Downloads

Published

25-05-2025

How to Cite

[1]
C. S. P. Rahmadhan, N. K. Kusmayati, and Y. Kurniawati, “Pengaruh Personal Branding dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 1406–1412, May 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>