Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Makanan Kucing Catsrang Berdasarkan Persepsi Terhadap Kesehatan dan Penampilan Fisik Kucing Dewasa
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.859Keywords:
Perilaku Konsumen, Catsrang, Konsumen, Kesehatan Kucing, Bulu Kucing, PersepsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam memilih makanan kucing merek Catsrang berdasarkan persepsi mereka terhadap kesehatan dan penampilan fisik kucing dewasa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan lima orang informan yang merupakan konsumen aktif dan rutin membeli produk Catsrang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar informan mengalami perubahan positif pada kucing mereka setelah menggunakan produk, seperti peningkatan kesehatan, kilau bulu, dan kestabilan berat badan. Persepsi ini berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian dan loyalitas konsumen terhadap produk Catsrang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi produsen makanan hewan dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Downloads
References
Ngitung, R. (2021). Karakteristik Perilaku Kucing Domestik, Sainsmat J. Ilm. Ilmu Pengetah. Alam, vol. 10, no. 1, p. 78. doi: 10.35580/sainsmat101362152021.
Putra, S. D. (2022). Gambaran Praktik Pemilik Kucing Terhadap Cara Pemeliharaan Kucing Peliharaannya Di Starvet Animal Clinic.
Nugraha, N. W., & Rahmat, B. (2020). Sistem Pemberian Makanan Dan Minuman Kucing Menggunakan Arduino,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 3, 2020, doi: 10.33005/scan.v13i3.1446.
Susanto, E., Elektro, J. T., & Komputer, J. S. (2021). Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Anjing/Kucing Otomatis dengan Kontrol SMS Dwi Nuri Putri Dharma Mohammad Iqbal, 15–2021.
Sumarlin, A., Parakkasi, I., Muthiadin, C., & Umar, R. (2024). Identifikasi Titik Kritis Kehalalan Produk Turunan Hewani : Pendekatan Sistematik Untuk. vol. 21, pp. 145–160, 2024.
Farizal, F., & Putra, N. S. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH SPBU. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 11(3), 143. https://doi.org/10.14710/jati.11.3.143-150
Suwandi, A. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Hortikultura di Bali. Jurnal Agribisnis Indonesia.
Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 3, p. 43). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
M. S. Masyhud, ““Pengembangan Manajemen Dan Profesi Kependidikan,” 2022, [Online]. Available: https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/565567-manajemen-profesi-pendidikan-37e5f876.pdf
Saraswati, D., Adnyana, P. A. D., & Gupita, A. N. (2020). Nutrisi Anjing Dan Kucing Berdasarkan Status Fisiologis, 2020.
Dahmiri. (2010). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Griya Kembar Lestari Di Kota Jambi. Jurnal Pemasaran Modern, 2(1), 160.
Solomon. (2018). Consumer Behavior Consumer behavior. Pearson Education India, 27(23), 1–93. Retrieved from http://www.pearsonmylabandmastering.com
Cahyaningtyas, F. D., & Wikandari, P. R. (2022). REVIEW ARTIKEL : POTENSI FRUKTOOLIGOSAKARIDA DAN INULIN BAHAN PANGAN LOKAL SEBAGAI SUMBER PREBIOTIK. Unesa Journal of Chemistry, 11(2), 97–107. https://doi.org/10.26740/ujc.v11n2.p97-107
Sartika, R. A. D. (2008). Pengaruh Asam Lemak Jenuh, Tidak Jenuh dan Asam Lemak Trans terhadap Kesehatan. Kesmas: National Public Health Journal, 2(4), 154. https://doi.org/10.21109/kesmas.v2i4.258
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diajeng Cinta Dewi Ambarani, Yuli Kurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.