Pengaruh Strategi Pemasaran Digital dan Metode Pembayaran Melalui Sea Bank Terhadap Perilaku Konsumen Di Shopee

Authors

  • Nova Rahma Dhani STIE Mahardhika Surabaya
  • Nindya Kartika Kusmayati STIE Mahardhika Surabaya
  • Yuli Kurniawati STIE Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.503

Keywords:

Strategi Pemasaran, Metode Pembayaran, Perilaku Konsumen

Abstract

Menggunakan strategi pemasaran digital untuk menarik orang untuk membeli dari situs e-commerce seperti Shopee adalah salah satu aspek terpenting di era digital ini. Salah satu marketplace terpopuler di Indonesia, Shopee, terus menghadirkan ide – ide baru untuk meningkatkan loyalitas dan kenyamanan pelanggan. Menambahkan Seabank, bank digital yang terafiliasi dengan grup Sea, sebagai opsi pembayaran baru dalam aplikasinya adalah salah satu pengembangan tersebut. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana campuran strategi pemasaran digital dan pilihan pembayaran SeaBank memengaruhi perilaku pelanggan Shopee di Surabaya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuesioner, penelitian ini melibatkan 61 responden yang merupakan pengguna aktif Shopee di Wilayah Surabaya dan juga menggunakan SeaBank dalam bertansaksi. Data dianalisis menunjukan bahwa variabel metode pembayaran memiliki pengaruh yang kuat dan lebih dominan 0,703, teknik pemasaran digital tidak mempengaruhi yang signifikan 0,613. 4,269 memiliki nilai konstan model. SeaBank dapat meningkatkan insentif dan layanan pengguna, sementara Shopee harus memaksimalkan pendekatan pemasarannya. Memperluas wilayah dan menggabungkan faktor – faktor di sarankan oleh penelitian tambahan. Aplikasi SPSS yang memungkinkan peneliti untuk memproses dan menafsirkan data secara metodis dan benar, digunakan untuk membantu proses analisis data untuk penelitian ini. Temuan ini menunjukan bahwa sebaiknya lebih berkonsentrasi dalam menciptakan sistem pembayaran digital yang sederhana, cepat, dan dapat diandalkan untuk mendoorng keputusan pembelian konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. I. Sari, A. Fazizah, and M. Ab, “Jurnal Ekonomi Revolusioner " FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN LAYANAN BANK DIGITAL SEA BANK " ( STUDI PADA GENERASI Z PENGGUNA APLIKASI SHOPEE ),” vol. 7, no. 8, 2024.

M. G. Haque-Fawzi, A. S. Iskandar, H. Erlangga, and D. Sunarsi, STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=73hjEAAAQBAJ

A. N. Ramadhani, M. I. Fasa, and S. Suharto, “Analisis Metode Pembayaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce: Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam,” J. Bina Bangsa Ekon., vol. 15, no. 1, pp. 111–119, 2022, doi: 10.46306/jbbe.v15i1.127.

D. Nazarova and Z. N. Abdusamadov, “European science international conference: MODERN EDUCATIONAL SYSTEM AND INNOVATIVE TEACHING SOLUTIONS ENGLISH LANGUAGE TEACHING METHODOLOGY,” pp. 259–265.

M. E. Purnama Ramadani Silalahi and M. E. Chairina, Ekonomi Digital: Perkembangan Bisnis Digital, Pemasaran Digital, Ecommerce, Fintech Berbasis Syariah dan Homoislamicus dalam Perilaku Konsumen. Merdeka Kreasi Group, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=aKzFEAAAQBAJ

T. Umbara, N. Laksmi, and P. Wulandari, “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee di Indonesia,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 229–242, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3618.

S. E. M. M. Siti Samsiyah et al., Perilaku Konsumen. MEGA PRESS NUSANTARA, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=8739EAAAQBAJ

Downloads

Published

12-05-2025

How to Cite

[1]
N. R. Dhani, N. K. Kusmayati, and Y. Kurniawati, “Pengaruh Strategi Pemasaran Digital dan Metode Pembayaran Melalui Sea Bank Terhadap Perilaku Konsumen Di Shopee ”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 348–353, May 2025.

Issue

Section

Articles