Dampak Kualitas Produk Dan Efisiensi Produksi Terhadap Daya Saing Produk Konveksi A21 Cloth Dipasar Lokal Krian
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.507Keywords:
Kualitas Produk, Efisiensi Produksi, Daya Saing, Industri Konveksi,, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan studi ini adalah untuk mempelajari bagaimana kualitas produk, efisiensi produksi, dan inovasi produk berdampak pada daya saing produk konveksi A21 Cloth di pasar lokal Krian. Penelitian ini melibatkan 63 responden dan menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Analisis regresi linear berganda adalah teknik kuantitatif yang digunakan serta menggunakan versi 26 dari SPSS. Persamaan yang digunakan untuk regresi linear berganda yang diperoleh adalah Y = 2,188 + 0,315X1 + 0,560X2 + e di mana koefisien kualitas produk (X1) sebesar 0,315 (p=0,002) dan efisiensi produksi (X2) sebesar 0,560 (p=0,000), keduanya berpengaruh positif signifikan terhadap daya saing produk. Hasil uji reliabilitas item kuesioner valid, sedangkan hasil uji validitas mengkonfirmasi bahwa setiap variabel memiliki Alpha Cronbach di atas 0,8. Kualitas produk (t-hitung 3,248; sig. 0,002), efisiensi produksi (t-hitung 6,188; sig. 0,000), dan inovasi (t-hitung signifikan) memengaruhi daya saing produk secara signifikan, menurut uji t, uji F memperoleh nilai F-hitung 102,332, jauh melebihi F-tabel 3,15, yang menunjukkan bahwa kedua variabel berdampak signifikan pada daya saing produk, yaitu kualitas produk, dan efisiensi produksi bersama-sama mampu meningkatkan daya saing secara optimal. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,773 menunjukkan bahwa 77,3% variasi daya saing produk dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. kualitas produk, efisiensi produksi memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan daya saing produk A21 Cloth. Meningkatkan kualitas produk, dan efisiensi produksi dapat mempertahankan dan memperluas pangsa pasar dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat. Selain meningkatkan kualitas produk dan efisiensi produksi, perusahaan juga disarankan untuk secara berkelanjutan melakukan evaluasi terhadap proses produksi dan kebutuhan pasar.
Downloads
References
W. N. Adji, “Pengendalian Kualitas Proses Produksi Konveksi Pada PT Kaosta Sukses Mulia,” Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, vol. 9, no. 1, pp. 67–80, Nov. 2022, doi: https://doi.org/10.31334/jambis.v1i6.2178.g979.
N. A. Sandra, N. W. Deriani, and P. Panjaitan, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang di Mediasi Oleh Minat Beli,” Widya Manajemen, vol. 5, no. 2, pp. 147–158, Aug. 2023, doi: 10.32795/widyamanajemen.v5i2.4172.
I. Revita, A. Suharto, and A. Izzudin, “Studi Empiris Pengendalian Kualitas Produk Pada Vieyuri Konveksi Empirical Study Of Quality Control In Vieyuri Konveksi,” Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 39–49, Dec. 2021, doi: 10.46576/bn.v4i2.1695.
E. Suryani and S. Suharyono, “Pengaruh inovasi produk dan efisiensi produksi terhadap keunggulan bersaing pada industri konveksi,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, vol. 9, no. 2, pp. 1–18, 2020.
M. Minarto, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Konveksi Originality Pati),” Skripsi, IAIN Kudus, Kudus, 2021.
N. Surur, “Pengaruh Kualitas Produk, Diversifikasi Produk, Keunggulan Bersaing Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Usaha Konveksi (Studi Kasus Di Desa Kwagean Kecamatan Wonopringgo),” Skripsi, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pekalongan, 2021.
P. Kotler, K. L. Keller, and A. Chernev, Marketing Management, 16th ed. Pearson Education, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anjar ramadhani, Nindya Kartika Kusmayati, Anita Kartika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.