Pengaruh Persepsi Nilai dan Karakter Merek Terhadap Ekspresi Diri Konsumen

Authors

  • Anjeli Brasilia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Nindya Kartika Kusmayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Iwang Suwangsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.582

Keywords:

Persepsi Nilai, Karakter Merek, Ekspresi Diri

Abstract

Strategi pemasaran berbasis psikologi kini menjadi tren, di mana merek tak hanya sekadar menjual produk, tetapi juga berupaya untuk membuat konsumen menjadi terhubung. Gacoan hadir sebagai contoh kuat, mengemas makanan dalam narasi gaya hidup dan sosial anak muda. Namun, efektivitas pendekatan ini perlu diuji secara empiris. Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah sejauh mana pengaruh persepsi nilai dan karakter merek dalam kaitannya dengan ekspresi diri konsumen, serta menilai efektivitas branding psikologis. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda (SPSS 25), melibatkan 67 responden melalui purposive sampling. Hasil regresi berganda yakni Y = 4,507 + 0,697X1 + 0,129X2+ ε, yang menunjukkan persepsi nilai (X1) dan karakter merek (X2) berpeluang meningkatkan konsumen dalam mengekspresikan diri. Nilai sebesar 74,1% perubahan variabel dependen dapat ditelusuri pada pengaruh variabel independen. Persepsi nilai berpengaruh signifikan (Sign. 0,000), namun karakter merek memiliki pengaruh namun tidak signifikan secara parsial (Sign. 0,150). Temuan ini menunjukkan bahwa tidak semua elemen branding psikologis berdampak pada ekspresi diri konsumen. Dari hasil penelitian ini disarankan menggunakan strategi yang lebih berfokus pada penguatan pendekatan pada persepsi nilai. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Warta Ekonomi. (2025, Februari 25). Cepatnya perkembangan Mie Gacoan Sidoarjo, sukses buka ratusan gerai dan serap puluhan ribu karyawan.

Susmonowati, T., & Khotimah, H. (2021). Pengaruh electronic word of mouth dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian pada situs Lazada. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 197–210. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.408

Tiffany, A., Wijaya, N. P., Djahran, M. A., & Wijaya, L. (2024). The examination of the impact of customer value on consumer behavior among minimarket retail patrons in the Jabodetabek. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 17–34. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/refrensi/article/view/5770

Williams, D.E. & Caulfield, J., (2024), Deriving value-in digital disposal: exploring closet cleaning on instagram. Journal of Creating Value, 10(1), 13.

Matanra, A.K., & Ali, D.S.F., (2023), The analys of consumers self-congruity through halal fashion brand personality, Journal Of Halal Product And Research, 6(1), 37.

Kasman, & Mukminin, A. (2021). Pengaruh brand personality terhadap keputusan pembelian di Rumah Busana Az-Zahra Kabupaten Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1376–1377.

Machado, E. & Rodhiah. (2021). Pengaruh self-expression dan brand trust terhadap electronic-word of mouth dengan brand love sebagai mediasi pada konsumen vans di Jakarta, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 50.

Yunita, W. C., & Berlianto, M. P. (2022). Pengaruh brand identification, self-image expression, sense of natural environment, layout, brand love terhadap brand loyalty pada restoran Sushi Tei. National Conference on Business, Management, and Accounting (NCBMA).

Machado, E. & Rodhiah. (2021). Pengaruh self-expression dan brand trust terhadap electronic-word of mouth dengan brand love sebagai mediasi pada konsumen vans di Jakarta, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 50.

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh kualitas produk, display layout, dan variasi produk terhadap kepuasan konsumen. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 149–159. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1081

Pangkey, R. I. J., Kantohe, M., & Karwur, Y. (2022). Pengaruh financial literacy, financial behavior, dan pendapatan terhadap financial satisfaction pada pelaku UMKM di Kota Manado. JAIM: Jurnal Akuntansi dan Investasi Manado, 8(1), 67–76. https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/jaim/article/view/4458/4

Sholihah, S. M., Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep uji asumsi klasik pada regresi linier berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman (JRAS), 2(2), 103–108.

Mayasari, I., Kurniaty, D., Apriyana, N., & Mudrika, S. (2024). Keberagaman konsep brand dan pengukuran. Depok: Rajawali Pers.

Kustami, E., & Sulistiyono, E. (2023). Personalisasi pemasaran email dalam meningkatkan program loyalitas: Sebuah konsep komunikasi pemasaran. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 78.

Downloads

Published

18-05-2025

How to Cite

[1]
A. Brasilia, N. K. Kusmayati, and I. Suwangsih, “Pengaruh Persepsi Nilai dan Karakter Merek Terhadap Ekspresi Diri Konsumen”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 885–891, May 2025.

Issue

Section

Articles