Pengaruh Kompetensi Administrasi Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Efektifitas Pelayanan Tata Usaha
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.572Keywords:
Kompetensi Administrasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pelayanan Tata UsahaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi administrasi dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap efektivitas pelayanan tata usaha di MIN 1 Surabaya. Unit tata usaha memiliki peran strategis dalam menunjang operasional lembaga pendidikan. Efektivitas pelayanan dipengaruhi oleh kompetensi administrasi, yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional, serta oleh pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat bantu kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 37 responden, terdiri dari warga sekolah dan wali murid. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS 15 Evolution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Y = 0,244 + 0,803X1 + (-0,025X2) + e kompetensi administrasi berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pelayanan (signifikansi 0,000; koefisien regresi 0,803), sementara pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh signifikan secara statistik (signifikansi 0,847). Namun, secara simultan kedua variabel berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan (nilai F 24,202; signifikansi 0,000), dengan koefisien determinasi 58,7%. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi administrasi melalui pelatihan berkelanjutan, disertai penerapan teknologi yang tepat guna dan terintegrasi dengan kebutuhan sekolah. Pendekatan ini diyakini mampu menciptakan sistem pelayanan yang profesional, responsif, dan adaptif terhadap dinamika perkembangan pendidikan.
Downloads
References
Sururi, Z. Hafidh, A. Suryana, Y. Rahyasih, D. Kadarsah, and N. Suharto, “Pengembangan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah Melalui Self-Directed Learning,” J. Inov. Pengabdi. Masy. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 238–250, 2023, doi: 10.33369/jurnalinovasi.v4i1.29971.
S. Pengembangan, K. Asn, and E. T. Digital, “Strategi Pengembangan Kompetensi ASN di Era Transformasi Digital,” vol. 14, pp. 2023–2024, 2023.
M. S. Hartayani and G. Sandiasa, “Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Tata Usaha Pada Smk Negeri 1 Sukasada,” Locus, vol. 14, no. 2, pp. 39–54, 2022, doi: 10.37637/locus.v14i2.1020.
M. Syabila and M. Khair, “Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian,” Ekasakti J. Penelit. Pengabdi., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2022.
M. Abdullah, S. Al Farisi, Z. Umam, and A. Wahid, “Pelatihan peningkatan produktivitas tata usaha dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen di madrasah aliyah riyadlus sholihin wonomerto,” vol. 03, no. 02, pp. 1–11, 2024.
M. Rifai and S. F. Zahro, “Strategies and Challenges: Madrasah Principal Leadership in Enhancing Teacher Performance for Academic Excellence,” Manag. Indones. J. Educ. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 36–46, 2023, doi: 10.52627/managere.v5i1.270.
R. Hasanah, M. H. Islam, and P. Rachman, “Peran Kepala Tatausaha Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Layanan Administrasi di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Tiris,” J. Kewarganegaraan, vol. 8, no. 1, pp. 119–129, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ali Nur Rozaq, Nindya Kartika Kusmayati, Iwang Suwangsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.