Pengaruh Ketepatan Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Dheraya Ananda DwiNov Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Nindya Kartika Kusmayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Dhiyan Septa Wihara Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.508

Keywords:

kualitas pelayanan, ketepatan pengiriman, kepuasaan pelanggan

Abstract

Di dalam perkembangan era digital dan pertumbuhan e-commerce, sektor logistic serta layanan pengiriman memiliki peran krusial dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan pesat bisnis online dan e-commerce di Indonesia mendorong peningkatan volume pengiriman barang secara signifikan. Penelitian ini memiliki tujuan  menganalisis dampak dari ketepatan pengiriman serta kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan PT Pos Indonesia, kantor cabang utama Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan melibatkan 68 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan IBM SPSS versi 30. Temuan dari analisis data serta pengujuan hipotesis mengindikasi bahwa ketepatan pengiriman serta mutu pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan. Temuan ini dapat dibuktikan melalui uji regresi liniear berganda Y = 11.523 + 0,177 X1 + 0,29 X2 + e lalu, uji F hitung 311.971 > 3,13 F tabel dan Nilai T hitung untuk variabel (X¹) adalah t hitung 15.011 > t tabel 1998 Sedangkan nilai t hitung pada variabel (X²) t hitung 4.646 > t tabel 1.998. Perusahaan perlu meningkatkan layanan dan pengiriman melalui sistem logistik, teknologi, dan pelatihan karyawan untuk menjaga kepuasan pelanggan. Penelitian selanjutnya bisa menambah variabel baru, memperluas wilayah studi, dan menggunakan metode kualitatif untuk hasil yang lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. E. Ermida, S. Ghalib, and N. Wahyuni, “Pengaruh Diskon dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Tix ID di Kota Banjarmasin,” Smart Bus. J., vol. 1, no. 1, pp. 41–47, 2022.

S. P. Nadirah, A. D. R. Pramana, and N. Zari, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka, 2022.

A. R. Fadilla and P. A. Wulandari, “Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data,” Mitita J. Penelit., vol. 1, no. 3, pp. 34–46, 2023.

B. Harwindito and A. Khairulizza, “Pengaruh Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Karyawan Di Front Office Department Hotel the Gunawarman Luxury Residence,” J. Pendidik. Dan Perhotelan, vol. 1, no. 1, pp. 16–24, 2021.

D. R. Prihastuty, “Bab VIII Sampling,” PENGANTAR, p. 97, 2023.

D. A. F. Anwarudin, “Persepsi Masyarakat Sekitar Hutan Produksi Tetap Terhadap Program Perhutanan Sosial (Studi Kasus LMDH Jati Jaya Desa Salamrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar),” 2024, Universitas Islam Balitar.

M. Indika, Y. Marliza, and A. Marisa, “Pengaruh Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa Terhadap Belanja Desa Di Pemerintah Desa Rantau Kadam Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara,” J. Sist. Informasi, Akunt. dan Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 14–29, 2022.

M. F. Al Jilli and E. B. Santoso, “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Merek Jangkrik Mas,” J. Apl. Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 160–165, 2023.

R. Ardista, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit Membiru Wisata Bogor,” J. Param., vol. 6, no. 1, pp. 38–49, 2021.

M. Meilinda, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Situs Web Human Capital Alfamart Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),” Karya Tulis Ilm. Mhs. PalComTech, 2024.

H. Rusliani and A. S. Notaria, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Dompet Digital Dana (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2020 & 2021),” Bertuah J. Syariah dan Ekon. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 179–189, 2025.

M. Makbul, “Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian,” 2021.

M. M. Sanaky, “Analisis faktor-faktor keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah,” J. Simetrik, vol. 11, no. 1, pp. 432–439, 2021.

F. D. P. Anggraini, A. Aprianti, V. A. V. Setyawati, and A. A. Hartanto, “Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6491–6504, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3206.

B. J. Forester, A. I. A. Khater, M. W. Afgani, and M. Isnaini, “Penelitian Kuantitatif: Uji Reliabilitas,” EDU Soc. J. PENDIDIKAN, ILMU Sos. DAN Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 1812–1820, 2024.

A. A. Renouw, A. Maryen, and A. M. M. Ladopura, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Cabang Kota Sorong,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 5, pp. 4428–4444, 2023.

Downloads

Published

15-05-2025

How to Cite

[1]
D. A. DwiNov, N. K. Kusmayati, and D. S. Wihara, “Pengaruh Ketepatan Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 525–530, May 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>