Pengukuran Keefektifian Aplikasi PMB di ISB Atma Luhur Menggunakan Metode Usabillity Testing
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.166Keywords:
aplikasi PMB, keefektifan, evaluasi, usabillity testingAbstract
Aplikasi Peneriamaan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan sebuah kompenen penting dalam sebuah sistem informasi di Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atmaluhur. Keefektifan aplikasi PMB dapat menjadi faktor krusial dalam memastikan pengalaman pengguna yang baik dan kelancaran proses penerimaan mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan aplikasi PMB di ISB Atmaluhur dengan menggunakan metode usabillity testing. Metode ini melibatkan pengujian aplikasi oleh pengguna dengan tujuan untuk mengidentifikasi masalah keusabilityan yang mungkin muncul dan mengusulkan perbaikan yang diperlukan. Penelitian ini melibatkan sejumlah responden yang mewakili calon mahasiswa baru di ISB Atmaluhur. Usabillity testing dilakukan dengan mengamati interaksi pengguna dengan aplikasi yang akan di uji dan mengumpulkan umpan balik mengenai fitur dan fungsionalitas yang disediakan. Data yang terkumpul akan dianalis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengevaluasi keefektifan aplikasi PMB. Hasil penelitian menunjukan beberapa masalah keusabilityan yang ditemukan dalam penggunaan aplikasi PMB di ISB Atmaluhur. Beberapa masalah yang teridentifikasi meliputi antarmuka pengguna yang kurang intuitif, kesulitan navigasi dan kesalahan dalam pengisian formulir. Berdasarkan temuan tersebut, beberapa rekomendasi perbaikan diajukan, seperti penyederhanaan antaramua pengguna, panduan navigasi yang jelas dan perbaikan validasi dalam pengisian formulir. Penelitian ini diharapkan dapat meberikan masukan berharga untuk pengembangan dan perbaikan aplikasi PMB di ISB Atmaluhur. Pengukuran keefektifan aplikasi melalui metode usabillity testing ini akan membantu meningkatkan pengalaman penggua serta memastikan proses penerimaan mahasiswa baru yang efisien dan lancar
References
Satria, Akbar and Niswatin, Ratih kumalasari. "Android Mobile Application Untuk Kamus Pepak Bahasa Jawa." Genertaion Journal, vol. 1, no. 1, 2017.
https://doi.org/10.29407/gj.v1i1.523
Wahyuningsih, Delpiah, and Erzal Syahreza. "Shortest Path Search Futsal Field Location With Dijkstra Algorithm." IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems) 12, no. 2 (2018): 161-170.
Aniesiyah, Aryun Nadaa, Herman Tolle, and Hanifah Muslimah Az-Zahra. "Perancangan user experience aplikasi pelaporan keluhan masyarakat menggunakan metode human-centered design." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 2, no. 11 (2018): 5503-5511.
Saputra, Trio. "Pengembangan Aplikasi Pendaftaran dan Seleksi Calon Mahasiswa Baru secara Online pada Universitas Islam Kuantan Singingi." Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer, vol. 3, no. 2, 2020, pp. 775-785.
Luh Putri Ari Wedayanti, Ni, Ni Kadek Ayu Wirdiani, and I Ketut Adi Purnawan. “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing.” Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), vol.7, no.2, August, 2019.
https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i02.p03
Wardhana, Septiyawan Rosetya, Diana Purwitasari, and Siti Rochimah. "Analisis sentimen pada review pengguna aplikasi mobile untuk evaluasi faktor usability." Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), vol. 11, no.1, May, 2017
Handiwidjojo, Wimmie, and Lussy Ernawati. "Pengukuran tingkat ketergunaan (usability) sistem informasi keuangan studi kasus: duta wacana internal transaction (duwit)." Jurnal Informatika dan Sistem Informasi 2, no. 1 (2016): 49-55.
Shaw, Debora. "Handbook of usability testing: How to plan, design, and conduct effective tests." (1996): 258-259.
Joo, Soohyung, Suyu Lin, and Kun Lu. "A usability evaluation model for academic library websites: efficiency, effectiveness and learnability." Journal of Library and Information Studies 9, no. 2 (2011): 11-26.
Sabandar, Vederico Pitsalitz, and Harry Budi Santoso. "Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing." Teknika 7, no. 1 (2018): 50-59.
Nurhadryani, Yani, Susy Katarina Sianturi, Irman Hermadi, and Husnul Khotimah. "Pengujian usability untuk meningkatkan antarmuka aplikasi mobile." Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika 2, no. 2 (2013): 83-93.
Dewi, Ayu Made Krisna, Satrio Hadi Wijoyo, and Andi Reza Perdanakusuma. "Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Banking BCA dengan menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus: BCA Kota Singaraja)." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN 2548: 964X.
Wedayanti, N. L. P. A., N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan. "Evaluasi Aspek usability pada aplikasi Simalu menggunakan metode usability testing." J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi) 7, no. 2 (2019): 113.
Muhammad, Iryana. "Pengaruh perkuliahan daring terhadap kemandirian belajar mahasiswa prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh." Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 4, no. 1 (2020): 24-30.
Subando, Joko. Teknik Analisis Data Kuantitatif Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit Lakeisha, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.