Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3

Authors

  • Dimi Krismayanti Teknik Informatika
  • Tata Sutabri Teknik Informatika, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.149

Keywords:

ITSM, IT Service Management, Bina Darma, Framework ITIL V3

Abstract

ITIL v3 adalah kerangka kerja terstruktur yang dikembangkan untuk mengelola layanan TI dengan fokus pada kebutuhan bisnis dan kepuasan pelanggan. Kerangka kerja ini terdiri dari seperangkat praktik dan proses terbaik yang dapat diterapkan dalam lingkungan TI untuk meningkatkan pengiriman layanan. Dalam konteks ini, STIPER Sriwigama dapat menerapkan ITIL v3 untuk meningkatkan manajemen layanan administrasi. Analisis IT Service Management (ITSM) bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan pengelolaan layanan TI yang disediakan oleh STIPER Sriwigama dalam konteks administrasi mahasiswa menggunakan Framework ITIL V3 yang berfokus pada domain service operation, untuk  mengukur tingkat kematangan pada layanan administrasi STIPER Sriwigama. Menggunakan eberapa sub-domain diantaranya event management, incident management, reques fulfillment, problem management, dan access management. penelitian ini menghasilkan maturity level dari variabel event management ialah 4.02, variabel incident management ialah 3.99, variabel Problem management adalah 4,03, variabel request fulfillment adalah 3.81 dan yang terakhir variabel access management 3.78 rata-rata dari seluruh variabel yang didapatkan dari hasil kuesioner yaitu 3.92 yang ada pada level 4 maturity level yaitu managed.

References

Ikhwani, Y., Ratna, S., Rahman, F., & Rasyidan, M. (2021). PELATIHAN ELEARNING DAN KONTEN PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK GURU PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANAK SHOLEH MANDIRI BANJARMASIN. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 7(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6223

S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, pp. 79–91, 2021.

Rizki, M., & Kunang, S. O. (n.d.). ANALISIS IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM) LAYANAN SISFO UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3.

Ikhtiarti, D., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) Layanan E-Learning Universitas Bina Darma Menggunakan Framework ITIL V3. 6.

Resky Klarasati dan Tata Sutabri, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Dosen Terhadap Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Usability Pada Universitas Prabumulih,” Jurnal Penelitian Teknik Informasi Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, vol 6, no 1. pp. 12 - 17, 2023.

A. B. Febriant, Y. T. Mursityo, and A. Rachmadi, “Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Itil V3 Domain Service Operation Pada 24Slides Corporation, ”J.Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5608–5615, 2019.

Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. 1(2).

Mardiana, D., & Cholil, W. (2020). Analisis Information Technology Service Management (ITSM) LPSE Kota Palembang Berdasarkan Framework ITIL V3. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5029

Pratiwi, M. A., & Tanaamah, A. R. (2020). Analysis of IT Service Management of Salatigaku Application using Information Techonology Infrastructure Library (ITIL) V3 Framework. 2(1)

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi, Penerbit ANDI, 2016.

Salim, A.N., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Marketplace Shopee Menggunakan Framework ITIL V3. NUANSA INFORMATIKA, 17(1), 144-153.

Nataren Salim, A., & Sutabri, T. (n.d.). Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Marketplace Shopee menggunakan Framework ITIL V3. Nuansa Informatika.

Safitri, C. I., Supriyadi, D., & Astiti, S. (2021). Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3. 13(1).

Khoiriyah, R. (2022). Analisis Peningkatan Layanan Reservasi Tiket Kapal Laut PT. PELNI Menggunakan Strategi IT Service Management. remik, 6(4), 817–826. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11846

Padel, P. M. A., & Sutabri, T. (2023). Analisis Standard Operating Procedure (SOP) Manajemen Insiden Menggunakan Framework ITIL V3 dengan Metode Analisis Gap Layanan Pada PT Lingkaran Sistem Intelektual. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.121

Rachmatullah, N., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan Perbankan pada Aplikasi Bri Mobile berbasis TI menggunakan Framework ITIL V3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.119

Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.122

Ranius, M. I. A., Sutabri, T., & Ranius, A. Y. (2023). Analisis Manajemen Pelayanan PT. KAI Sebagai Pengguna pada Aplikasi KAI ACCESS Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Version 3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 135–140. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.136

Putri, G. B., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 162–167. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.144

Nafisah, N. T., & Sutabri, T. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Framework ITIL V3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 184–189. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.147

Downloads

Published

25-05-2023

How to Cite

Krismayanti, D., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(3), 190–195. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.149

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>