Analisis Manajemen Pelayanan Perbankan pada Aplikasi Bri Mobile berbasis TI menggunakan Framework ITIL V3
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.119Keywords:
Analisis Manajemen Pelayanan Perbankan, Aplikasi Brimo, Framework ITIL V3, ITIL V3 Service Management LifecycleAbstract
Penelitian ini membahas tentang analisis manajemen pelayanan perbankan pada aplikasi Brimo yang berbasis TI dengan menggunakan framework ITIL 3. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perbankan pada aplikasi Brimo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi framework ITIL 3 pada aplikasi Brimo dapat meningkatkan manajemen pelayanan perbankan dengan penggunaan ITIL 3 Service Management Lifecycle yang meliputi strategi layanan, desain layanan, transisi layanan, operasi layanan, dan pemantauan layanan. Dengan demikian, penggunaan framework ITIL 3 dapat membantu bank dalam mengelola dan meningkatkan kualitas layanan pada aplikasi Brimo
References
A. Fauzi, D. Ade, and A. Hendriadi, “ANALISIS PENGELOLAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN IT INFRASTRUCTURE LIBRARY VERSI 3.0 AREA SERVICE OPERATION (STUDI KASUS : UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG).”
S. Wahono and H. Ali, “PERANAN DATA WAREHOUSE, SOFTWARE DAN BRAINWARE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN (LITERATURE REVIEW EXECUTIVE SUPPORT SISTEM FOR BUSINESS),” vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.31933/jemsi.v3i2.
Tata Sutabri, “ Analisis Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 pada Unit Operasiona,” JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, vol. 5, no. Nomor 1, pp. 4708–4712, 2023.
S. Kom. , M. K. B. H. S. E. , M. M. Aditya Ahmad Fauzi, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BERBAGAI SEKTOR PADA MASA SOCIETY 5.0, 1st ed., vol. I. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
M Khairul Anam and Ade Riyanda Putra, “AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PERKREDITAN ONLINE TERPADU BANK XYZ CABANG PERAWANG MENGGUNAKAN ITIL V3,” jURNAL Manajemen dan Sistem Informaika, vol. 3, no. 2, 2020.
Y. Rahmawati et al., “PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN INSIDEN LAYANAN TI PADA PT. POS INDONESIA KOTA BALIKPAPAN,” Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima, vol. 4, no. 1, 2020.
S. Pd. , M. M. Dr. Muhammad Ramdhan, Kumpulan Metode Penelitian . Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
I. K. S. Kusumawardani and T. Hidayat, “Implementation of ITIL Service Management on Bank ABC,” International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 2019.
Marissa Utami, “Survey Paper: Perbandingan Agile Process Development Method(SCRUM dan RUP),” JSAI: Journal Scientific and Applied Informatics, pp. 113–117, 2022.
A. W. Dr. Eng and Gabrielle Petrina Lee Barnabas, “Siklus Service Management Lifecycle. ,” Artikel Binus University Technology, 2020.
Zahro Halimatus, “Analisis Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) dan Segmentasi Pasar Tabungan Faedah BRISyariah iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng,” Universitas Islam Negeri KH Achmad Shidiq Jember, Jember, 2020.
I Made Laut Mertha Jaya, Buku di Google Play Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata, Pertama., vol. 1. Yogyakarta, DI Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.
A. Rosano and D. Sudaradjat, “Pemeriksaan Maturitas Manajemen Infrastruktur Bagian Pusat Data Bank XYZ Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i2.12191.
S. S. Hilabi, U. Buana, P. Karawang, and B. Huda, “TechnoXplore Jurnal Ilmu Komputer & Teknologi Informasi,” 2019.
Y. Priatama, A. Nugroho, and M. N. N. Sitokdana, “EVALUASI TATAKELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DI PD BPR BANK BAPAS 69 MAGELANG MENGGUNAKAN ITIL V3 DOMAIN SERVICE STRATEGY,” 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.