Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang

Authors

  • Amrullah Maulana Fiqri Magister Teknik Informatika, Program Pascasarjana, Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Magister Teknik Informatika, Program Pascasarjana, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.122

Keywords:

Analisis Manejemen Teknologi Informasi, E Learning, ITIL V3, Gap Analysis, Maturity Level

Abstract

Layanan Teknologi Informasi (TI) adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh suatu instansi atau perusahaan. Layanan Teknologi Informasi juga diberikan untuk membantu pengguna (user) untuk membantu mempermudah pekerjaan. SMK Muhammadiyah 1 Palembang saat ini menggunakan layanan teknologi Informasi terutama untuk membantu proses belajar mengajar antara siswa dan guru. Layanan Teknologi Informasi tersebut dibangun dalam bentuk sistem e-learning bernama Edumu yang bisa di akses oleh seluruh siswa, guru dan karyawan sekolah lainnya. Layanan e-learning Edumu pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang telah di atur di dalam SOP (Standar Operational Procedure). Namun Sistem e-learning Edumu pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang ini penggunaannya belum optimal. Oleh karena itu perlu adanya analisis manajemen layanan e-learning berbasis teknologi informasi untuk mengetahui kinerja ataupun kualitas layanan teknologi informasi e-learning yang digunakan dengan cara membandingkan tingkat kematangan teknologi informasi saat ini (Current Maturity) dan kondisi yang akan datang (Expected Maturity). Hasil dari Analisis ini adalah gap analisis dan rekomendasi rekomendasi untuk perbaikan kualitas layanan teknologi informasi. Analisis manajemen layanan teknologi informasi ini menggunakan Framework ITIL Versi 3 karena metode ini lebih mudah digunakan dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki kinerja teknologi informasi agar dapat meningkatkan kepuasan stakeholder. Kami menjadikan objek analisis manajemen layanan teknologi informasi di SMK Muhammadiyah 1 Palembang adalah sistem e-learningnya yang bernama EDUMU (Edukasi Muhammadiyah). Data penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung ke SMK Muhammadiyah 1 Palembang dengan wawancara ke bagian pengembang dan pengguna e-learning  dan menyebar kuisionernya.

References

J. Sistem, R. D. Handayani, and R. Z. A. Aziz, “Framework Information Technology Infrastructure Library ( Itil V3 ) : Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik ( Siakad ) Perguruan Tinggi,” vol. 11, no. 1, pp. 29–35, 2020.

I. Versi, S. Kasus, and U. I. N. Sgd, “It governance,” vol. V, no. 1, 2011.

S. Hanief and I. W. Jepriana, “ANALISIS MATURITY LEVEL DALAM BLENDED LEARNING PADA DOMAIN SERVICE OPERATION FRAMEWORK ITIL V3,” pp. 68–75.

A. B. Febriant, Y. T. Mursityo, and A. Rachmadi, “Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi menggunakan Framework ITIL v3 Domain Service Operation pada 24Slides Corporation,” vol. 3, no. 6, pp. 5608–5615, 2019.

B. D. A. N. Metode, “ARTIKEL ILMIAH,” vol. 4, 2012.

N. T. Hariyanti et al., “PEMANFAATAN PROSES PADA KERANGKA ITILv3 DALAM MENYEDIAKAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI,” vol. 15, no. 2, pp. 388–403, 2018.

P. Studi, S. Informasi, F. T. Informasi, and U. K. Satyawacana, “Peneliti: Letisya Soumeru (682012053) Yani Rahardja, SE., MM. Agustinus Fritz Wijaya, S.Kom., M.Cs.,” 2016.

M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, “Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation,” vol. 4, no. 1, 2019.

I. W. Jefriana, “FRAMEWORK ITIL V3 DOMAIN SERVICE OPERATION DALAM ANALISIS PENGELOLAAN TEKNOLOGI BLENDED,” pp. 59–65.

S. Kasus and P. T. Xyz, “Tingkat Kematangan ( Maturity Level ) Tata Laksana Informasi Menggunakan COBIT 5 Pada Manajemen Program dan Proyek :,” vol. 01, no. 03, pp. 117–122, 2017.

B. S. Yudha, I. Haryono, and L. W. Suwarsono, “PERANCANGAN JOB DESCRIPTION BERDASARKAN KERANGKA BUSINESS PROCESS PADA CV . GRADIENT JOB DESCRIPTION DESIGN BASED ON BUSINEES PROCESS FRAMEWORK AT CV . GRADIENT,” vol. 4, no. 2, pp. 2529–2534, 2017.

P. T. Xyz, “EVALUASI PENERAPAN MANAJEMEN LAYANAN TI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA IT INFRASTRUCTURE LIBRARY ( ITIL ) SUB DOMAIN SERVICE DESK , INCIDENT MANAGEMENT , DAN PROBLEM MANAGEMENT,” pp. 171–177.

S. Kasus, P. T. Bri, and C. Bangkinang, “EVALUASI TINGKAT KEMATANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATURITY LEVEL COBIT 4 . 1,” vol. 12, no. 1, pp. 99–105, 2014.

S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 79, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.955.

L. U. M. E-government, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi pada Dinas XYZ dengan … (Hawariyah dkk.),” pp. 232–237, 2017.

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.122

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>