Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.144Keywords:
ITIL V3, Analisis Layanan, Manajemen, Teknologi Informasi, Service Operation, CV. Cemerlang KomputerAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan pelayanan teknologi yang baik menjadi harapan bagi semua orang, organisasi, lembaga, maupun perguruan tinggi agar dapat mendukung kegiatan, memudahkan aktivitas dan proses bisnis mereka. Suatu organisasi usaha perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini. Pengelolaan layanan TI merupakan suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen dari layanan teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan. CV. Cemerlang Komputer telah menerapkan teknologi informasi yang diperuntukkan bagi pengguna untuk dapat melakukan kegiatan manajemen layanan serta pengolahan data administrasi perusahaan. Service Operation adalah fase lifecycle yang mencakup semua operasional sehari-hari dari manajemen layanan TI. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 3 proses yaitu Event Management, Request Fulfilment dan Problem Management maka perlu ditingkatkan kebutuhan hardware, software dan infrastructure yang memadai dalam memenuhi kebutuhan CV. Cemerlang Komputer Palembang dalam bekerja lebih efektif. Lalu kebutuhan akan penerapan SOP dan modul yang layak kepada karyawan agak lebih efisien dalam menggunakan teknologi informasi.
References
Agustina, H., Kamila, A. N., & Mukaromah, S. (2021). Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Berbasis Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3 Pada SMA XYZ. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(3), 323–329. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i3.392
Anam, M. K., Lizarti, N., & Ulfah, A. N. (2019). Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation. Fountain of Informatics Journal, 4(1), 8. https://doi.org/10.21111/fij.v4i1.2810
Arjunandi, B., Naufala, W. Z., Sabani, R., & Syaifulloh, M. (2023). Analisis Kualitas Layanan Menggunakan Framework ITIL V3 Domain Service Design Pada Aplikasi Grab. 8(1).
Arribe, E., Komputer, F. I., & Riau, U. M. (2021). Analisis Maturity Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Domain Service Operation Framework Itil V3. Journal of Software Engineering and Information Systems, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.37859/seis.v3i1.4628
Assobary, N. H., Sabila, F. N., & Mukaromah, S. (2022). Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Itil V3 Domain Service Operation Pada Hotel Sinar Sidoarjo. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas, 15(2), 28–34. https://doi.org/10.33005/sibc.v15i2.20
Fauzi, R., & Nugraha, R. A. (2022). Analisis Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Pt Dunia Boga Indonesia Yang Mengacu Pada Itil V3 Domain Service Operation Process Incident Management, Problem Management. EProceedings …, 9(2), 619–625. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/17598%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/17598/17343
Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. 1(1), 74–80.
Handayani, R. D., & Aziz, R. A. (2020). Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil V3) : Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Perguruan Tinggi. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 11(1), 29. https://doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1456
Hanief, S., & Jepriana, I. W. (2019). Analisis Maturity Level Dalam Blended Learning Pada Domain Service Operation Framework Itil V3. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.36002/jutik.v5i1.639
Pratama, Y., & Sutabri, T. (2023). Service Operation ITIL V3 Pada Analisis dan Evaluasi Layanan Teknologi Informasi. Nuansa Informatika, 17, 169–178. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom/article/view/7233%0Ahttps://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom/article/download/7233/3490
Pratiwi, M. A., & Tanaamah, A. R. (2020). Analysis of IT Service Management in the Salatigaku Application Using the Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 33–43. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.38
Richard, Gaol, F. L., Warnars, H. L. H. S., Abdurachman, E., & Soewito, B. (2019). Development of Web Application based on ITIL – Incident Management Framework In Computer Laboratory. International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech). https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2019.8843799
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (HJIMB), 02(01), 71–75. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN
Sutomo, E. (2017). Analisis Layanan Teknologi Informasi Pada Proses Bisnis Akademik Perguruan Tinggi XYZ. Association for Information Systems Indonesia (AISINDO), 2(1).
V, K. K. I., Rosano, A., & Sudaradjat, D. (2023). Pemeriksaan Maturitas Manajemen Infrastruktur Bagian Pusat Data Bank XYZ Menggunakan. 7(April), 884–895.
Yuniko, F. T., & Putra, F. K. (2019). Penerapan Teknologi Informasi Web Programing Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dalam Bidang Kebijakan Administrasi Kependudukan. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 1(1), 13. https://doi.org/10.35145/joisie.v1i1.387
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.