Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Pada AMIK Bina Sriwijaya Palembang

Authors

  • Heri Warni Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.133

Keywords:

Sistem Informasi, WebQual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA), AMIK Bina Sriwijaya Palembang

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang dirancang khusus untuk dapat mengelola berbagai data akademik dengan banyak entitas, kepuasan  mahasiswa sebagai stakeholder  merupakan bagian yang penting bagi akademik, tata kelola Portal Akademik yang baik perlu dilakukan. Berdasarkan dokumen Laporan Helpdesk akademik Bina Sriwijaya terdapat 522 keluhan pada Website Portal Akademik. Website terkadang mengalami gangguan misalnya sistem yang down, erorr saat melakukan registrasi, dan kehilangan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan dan penilaian pengguna terhadap kualitas Website Portal Akademik, serta idikator yang harus ditingkatkan untuk mendukung peningkatan kualitas Website Portal Akademik. Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif dengan Teknik Analisa Deskriptif (Analisis Jenjang) dan Metode Importance Performance Analysis (IPA) berdasarkan indikator WebQual 4.0. Kuesioner disebarkan kepada 439 responden mahasiswa pada AMIK Bina Sriwijaya, serta melakukan wawancara kepada Direktur dan pengelola data centre Direktorat Sistem Informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan penilaian kinerja Website Portal Akademik memiliki skor rata-rata sebesar 1499.30 atau 68.31%  masuk dalam kategori baik, namun terdapat satu sub variabel dimana kinerjanya berada pada kategori sedang yaitu sub variabel Service interaction. Pengguna memiliki tingkat harapan yang tinggi terhadap seluruh sub variabel dengan skor rata-rata sebesar 1787.23 atau 81%. Hasil dari pemetaan diagram IPA, kuadran I diisi oleh indikator website menyampaikan rasa kompetensi (dapat Diperoleh setiap saat), website menyediakan informasi dengan detail, dan pengguna merasa aman terhadap informasi pribadinya (informasi tidak pernah hilang atau berubah), tiga indikator tersebut harus menjadi konsentrasi Bagian Direktorat Sistem Informasi untuk melakukan perbaikan pada Website Portal Akademik.

References

C. W. Elmayanti, “Evaluasi Kualitas Website SMA Negeri 4 Lubuklinggau Menggunakan Metode Webqual,” JUSIM, vol. 3, no. 2, pp. 102–111, 2018.

D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach],” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, p. 51, 2016.

Dafid and D. Novita, “Metode WebQual 4 .0 Untuk Analisis Kualitas Web Pembelajaran,” Jtksi, vol. 1, no. 2, pp. 17–20, 2018.

Fariani, R. (2018). Analisa Perencanaan Strategi Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (SI/TI) dengan Menggunakan Framework Ward dan Peppard pada Perguruan Tinggi ABC. Jurnal Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 61-67.

Diperoleh dari: https://pubs/oajis/index.php/fil e/download_file/

G. Nistantya, E. Darwiyanto, and H. Hidayati, “Evaluasi Kualitas Website Digital Library Telkom University Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis Evaluation of Website Quality of Digital Library Telkom University With Webqual 4.0 Method and Importance Analysis,” eProceedings Eng., vol. 2, no. 3, 2015.

Gaspersz, V. (2010). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

H. O. Lingga Wijaya, M.Kom, Y. Yunita, and R. Rusdiyanto, “Evaluasi Kualitas Website Smk N 2 Pertanian Tugumulyo Menggunakan Metode Webqual,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 2, pp. 69–76, 2018.

Heizer, J.dan Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (Ed.11). Jakarta: Salemba Empat.

https //www.researchgate.net/publication/

Heri W. (2023, 17 Maret). Wawancara pribadi.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Riefka Aditama.

Ibnu Aqil. (2023, 17 Maret). Wawancara pribadi.

Laudon, K. C. dan Laudon, J. P. (2018). Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital (Edisi Revisi). Jakarta: Salemba Empat.

M. S. Safarudin, “Analisis Kepuasan Pengguna Market place Tokopedia Dengan Metode PIECES di Tokopedia Community Batam,” SNISTEK - Semin.Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., no. 1, pp. 109–114, 2018.

Nadia. (2023, 17 Maret). Wawancara pribadi.

Obonyo et al. (2013). An Importance-Performance Analysis of Food service Attributes in Gastro- Tourism Development in Western Tourist Circuit, Kenya. Journal Tourism and Hospitaly Research, 12. (4), 188- 200.

P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2013.

R. A. Pamungkas, “Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, p. 12, 2019.

Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.

Yodi, "Analisis Kualitas Situs Web Batam pos Menggunakan Metode WebQual 4.0”, vol. 2. 2018.

Tjiptono, F. dan Diana, A. (2019). Total Quality Managment (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Warni, H., & Sutabri, T. (2023). Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Pada AMIK Bina Sriwijaya Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 128–134. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.133

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>