Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan dan Kepuasan Pengguna Seabank

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2550

Keywords:

Kemudahan, Kepercayaan, Kepuasan Pengguna, Keputusan Pengguna

Abstract

Perkembangan era digital yang cepat memberikan dampak yang berpengaruh terhadap metode pembayaran yang digunakan di masyarakat salah satunya uang elektronik (e-money). Perkembangan tersebut penjalar ke sektor perbankan yang mengadopsi teknologi elektronik tersebut sehingga terciptanya digital banking, salah satunya adalah SeaBank. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui “Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Dan Kepuasan Pengguna Seabank”. Penelitian ini dilaksanakan di lingkup wilayah Kabupaten Pasuruan pada bulan Maret 2025 – Juli 2025. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden yang aktif menggunakan aplikasi SeaBank. Penelitian ini penelitian explanatory yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel kemudahan, kepercayaan, keputusan pengguna, dan kepuasan pengguna diukur menggunakan kuesioner. Digunakan analisis statistik inferensial dengan menggunakan software SmartPLS (Partial Least Square) mulai dari pengukuran model (outer model), struktur model (inner model) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kemudahan terhadap variabel keputusan pengguna, variabel kepercayaan terhadap variabel keputusan pengguna, variabel kemudahan terhadap variabel kepuasan pengguna, variabel kepercayaan terhadap variabel kepuasan pengguna, variabel keputusan pengguna terhadap variabel kepuasan pengguna, dengan nilai p-Value < 0,05 berturut-turut (0,000), (0,000), (0,035), dan (0,001) serta t-Statictic 1,96 berturut turut (5,035), (8,982), (2,117), (4,034), dan (3,199). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis di terima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alberth, “Performa Bank Digital Indonesia 2024.” Populix, 2024.

P. A. Lestari and M. Hidayat, “Pengaruh Kemudahan Terhadap Keputusan dan Kepuasan Pengguna Bank Digital Lokal.” 2022.

H. R. Putri and S. Trisnaningsih, “The effect of ease of use, effectiveness, and perception of risk on interest in using SeaBank digital bank: A case study in higher education,” ENTITA J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos. dan Ilmu-Ilmu Sos., 2025.

L. Aprilianti and S. Sunarti, “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Banking,” J. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 2, pp. 123–134, 2021.

Y. S. Pralytha, H. Sidanti, and H. Setiawan, “Pengaruh Gaya Hidup, Kemudahan Penggunaan, dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana,” in Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2023.

A. Fitria, A. S. D. Purnomo, and P. Nugroho, “Pengaruh Kemudahan dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Penggunaan e-Wallet Dana di Kabupaten Bangkalan,” J. Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Untan (JAAKFE UNTAN), 2023.

A. P. Sunarya, M. I. Sundarta, and R. D. A. Syukur, “Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan ( Sub Sektor Jasa Perindustrian di BEI Tahun,” vol. 7, no. 3, 2025, doi: 10.32877/eb.v7i3.1830.

E. Oestary, L. P. Chairunnisa, P. S. Arieanto, and S. N. Amalina, “The impact of trust and perceived value on customer satisfaction in the SeaBank digital banking application: A study of students from the Faculty of Economics and Business UNJ,” Musytari J. Manajemen, Akuntansi, dan Ekon., vol. 11, no. 9, pp. 61–70, 2024.

N. Yulianti and D. Nurhadi, “Pengaruh Kepercayaan terhadap Kepuasan Pengguna Bank Digital,” 2024.

E. F. Harahap, I. G. A. P. Arimbawa, and N. L. K. A. S. Sucandrawati, “Digital bank transformation: A content analysis of SEABank,” J. Komun. Prof., vol. 7, no. 3, pp. 383–395, 2023.

H. R. Putri and S. Trisnaningsih, “The effect of ease of use, effectiveness, and risk perception on interest in using Seabank digital bank: A case study in higher education,” J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos. dan Ilmu-Ilmu Sos., 2025.

A. Anasfi and N. Afwa, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Keamanan terhadap Kepuasan Pengguna QRIS sebagai Metode Pembayaran Digital (Studi Kasus pada Konsumen Kafe di Pekanbaru),” J. Apresiasi Ekon., vol. 10, no. 2, pp. 144–151, 2022.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.

H. Setiawan and R. Astuti, “Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Mobile Banking,” J. Manaj. dan Bisnis Digit., vol. 6, no. 2, pp. 112–121, 2021.

A. Fauziah and I. Tenrypada, “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Risiko terhadap Penggunaan e-Banking (Survei pada Nasabah BRI Syariah di Kota Palu),” J. Ilmu Perbank. dan Keuang. Syariah, 2022.

D. Supoyo, M. Heikal, S. Biby, and Nurainun, “The influence of perception of ease of use, perception of benefits, perception of security and perception of risk on interest in using Seabank digital bank,” Int. J. Soc. Sci. Educ. Econ. Agric. Res. Technol., vol. 3, no. 10, pp. 1702–1708, 2024.

G. Cloud and B. P. Foo, “SeABank case study | Google Cloud,” The Asian Banker. 2022. [Online]. Available: https://cloud.google.com/customers/seabank-case-study

N. Sultana, R. S. Chowdhury, and A. Haque, “Gravitating towards Fintech: A study on Undergraduates using extended UTAUT model,” Heliyon, vol. 9, no. 10, 2023.

V. Rani and J. Kumar, “Gender differences in FinTech adoption: what do we know, and what do we need to know?,” J. Model. Manag., vol. 19, no. 4, pp. 1215–1236, 2024.

U. Acharya and N. Bhojak, “A Study on Digital Natives’ Adoption of Fintech: Perspectives from an Emerging Economy,” Int. J. Mob. Humanit., vol. 11, no. 1, 2024.

M. Lestari and H. Prabowo, “Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z dalam Penggunaan Aplikasi Keuangan Digital,” J. Ris. Ekon. Digit., vol. 3, no. 1, pp. 55–67, 2021.

R. A. Saputra and T. Wijaya, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Uang Saku terhadap Penggunaan Aplikasi Bank Digital di Kalangan Mahasiswa,” J. Ekon. dan Bisnis Digit., vol. 4, no. 2, pp. 112–123, 2022.

A. Firli and A. Fanesa, “The Influence of Financial Literacy and Income on Generation Z’s Interest in Using Fintech Lending: A Study in a Major City of Indonesia,” Rev. Integr. Bus. Econ. Res., vol. 11, pp. 129–143, 2022.

J. A. Putritamara, B. Hartono, H. Toiba, H. N. Utami, M. S. Rahman, and D. Masyithoh, “Do dynamic capabilities and digital transformation improve business resilience during the COVID-19 pandemic? Insights from beekeeping MSMEs in Indonesia,” Sustainability, vol. 15, no. 3, p. 1760, 2023.

H. Ali, “Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kemudahan Dan Brand Equity Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Pada Bank Syariah Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Empiris Pada Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung),” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 2021.

R. A. Derdameza and A. Muanas, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Dompet Digital Ovo (Studi Kasus Masyarakat Solo Raya),” UIN Surakarta, 2023.

D. Sugiarti and A. Meilani, “Customer Satisfaction in Using Mobile Services Bank Syariah Indonesia,” J. Tabarru’ Islam. Bank. Financ., vol. 6, no. 2, pp. 518–529, 2023.

D. Marikyan and S. Papagiannidis, Technology Acceptance Model: A review. TheoryHub Book, 2025.

D. Supoyo, M. Heikal, S. Biby, and Nurainun, “The influence of perception of ease of use, perception of benefits, perception of security and perception of risk on interest in using SeaBank digital bank,” Int. J. Soc. Sci. Educ. Econ. Agric. Res. Technol., vol. 3, no. 10, pp. 1701–1708, 2024.

Downloads

Published

27-08-2025

How to Cite

[1]
W. M. Putra and A. U. Wusko, “Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan dan Kepuasan Pengguna Seabank”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 3801–3816, Aug. 2025.