Pengaruh Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat dan Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA

Authors

  • Mokhammad Ryan Arsyi Universitas Yudharta Pasuruan
  • Any Urwatul Wusko Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2705

Keywords:

Fitur layanan, Kepercayaan, Minat, Keputusan penggunaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tentang Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat dan Keputusan Penggunaan. Penelitian ini dilakukan pada Pengguna E-Wallet DANA di Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 114 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisis dan pengolahan data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS melalui software Smart PLS 4.1. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Fitur Layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat, Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat, Fitur Layanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Penggunaan, Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan dan Minat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan dan fitur layanan terhadap minat menggunakan e-wallet pada aplikasi DANA di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1006–1012.

Ahnaf, M., & Didit, A. R. (2023). Perilaku Konsumen dalam Penggunaan E-Wallet di Era Digital: Studi pada Pengguna Perempuan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 5(1), 45–57. https://doi.org/10.12345/jebd.v5i1.1234

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.

Alfani, R. S., & Ariani, K. R. (2023). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, risiko dan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik (QRIS). Edunomika, 8(1), 1–8.

Anggraini, N. M., & Astuti, R. P. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan minat mahasiswa terhadap penggunaan dompet digital. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 11(1), 77–86.

Anto, L. O., Ramadhan, A. M. F., & Hustia, R. H. (2024). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan layanan e-wallet. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(2), 472–485. https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i2

Apriliyati, K. T., & Zulfikar. (2022). Pengaruh kemudahan penggunaan, risiko, keamanan, dan fitur layanan terhadap minat masyarakat menggunakan aplikasi OVO di Kota Samarinda. Jurnal Eksis, 18(1), 84–98. Politeknik Negeri Samarinda.

Aprilia, R. W. (2021). Pengaruh kemudahan, fitur layanan, dan promosi terhadap keputusan penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen (Skripsi, Universitas Putra Bangsa).

Arianto, F., & Hayani, N. (2023). Pengaruh fitur layanan, ease of use, dan sales promotion terhadap keputusan penggunaan E-Wallet Dana di Kota Pekanbaru. IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management, 3(1), 9–16. https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1992). Extrinsic and intrinsic motivation to use computers in the workplace. Journal of Applied Social Psychology, 22(14), 1111-1132.

Dewi, C. S., & Wusko, A. U. (2023). Pengaruh e-rating dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli produk Eticha di akun Shopee Eticha_Mojokerto). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 9(2), 212–221.

Endriyanto, R., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh promosi dan fitur layanan terhadap minat menggunakan e-wallet LinkAja (studi kasus di Surabaya). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(1), 67–80. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behavior. Dryden Press.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Addison-Wesley.

Gan, K. H., Lim, H. L., Choo, K. S., Chong, J. Y., Chong, J. E., Chong, X. Y., Choong, K. W., Ali, A. J., & Kee, D. M. H. (2025). Factors influencing the intention to use e‑wallet payment among Millennials and Generation Z in Malaysia. Asia Pacific Journal of Management and Education, 8(1), 69–92. https://doi.org/10.32535/apjme.v8i1.3855

Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D.W. (2003). "Trust and TAM in online shopping: An integrated model." MIS Quarterly, 27(1), 51–90.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik Dan Aplikasi Dengan Program Smart Pls 3.0 Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Hanifah, T. R., & Mukhlis, I. (2022). Pengaruh efektivitas, hedonis, kemanfaatan, dan kepercayaan terhadap minat mahasiswa Universitas Negeri Malang menggunakan layanan ShopeePay: Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–83.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion For Assessing Discriminant Validity in Variance-Based Structural Equation Modeling. 115-135. https://doi.org/10.1007/S11747-014-0403-8

Herlina, S., & Prasetyo, A. R. (2020). Pengaruh fitur layanan dan pengalaman pengguna terhadap keputusan penggunaan aplikasi keuangan digital. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 8(1), 45–56.

Hu, P. J., Chau, P. Y. K., Sheng, O. R. L., & Tam, K. Y. (1999). Examining technology acceptance model using physician acceptance of telemedicine technology. Journal of Management Information Systems, 16(2), 91–112.

Iffat, M. F. (2022). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko terhadap minat masyarakat menggunakan dompet elektronik di Kota Medan

Intansari, H., Zulfadil, & Ganasih, R. L. (2024). Faktor yang mempengaruhi minat dan dampaknya terhadap keputusan peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam menggunakan electronic wallet (e-wallet). Jurnal Daya Saing, X(2), 251–259.

Jogiyanto, H.M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Khoir, M. M., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan promosi terhadap minat penggunaan E-Wallet LinkAja di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen dan Sains (J-MAS), 7(2), 752–756. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.619

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2016). Services Marketing: People, Technology, Strategy (8th ed.). Pearson.

Marsipta, S. (2023). Pengaruh fitur layanan, kemudahan, manfaat, dan risiko terhadap keputusan menggunakan layanan LinkAja Syariah.

McKnight, D. H., & Chervany, N. L. (2001). "Conceptualizing Trust: A Typology and E-Commerce Customer Relationships Model." Proceedings of the 34th Hawaii International Conference on System Sciences.

Moon, J.-W., & Kim, Y.-G. (2001). Extending the TAM for a World-Wide-Web context. Information & Management, 38(4), 217-230.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Consumer Behavior (5th ed.). Prentice Hall.

Nizar, A. M., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan aplikasi dompet digital LinkAja. J-MAS: Jurnal Manajemen dan Sains, 7(2), 928–933. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.569

Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan dan efektivitas terhadap minat menggunakan financial technology (fintech): Studi kasus UMKM di Kabupaten Bantul. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 4(2), 65–74.

Nugroho, F., & Santoso, D. (2021). Analisis uang saku dan perilaku konsumsi mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 11–20.

Olga, D. (2021). Pengaruh fitur layanan, kepercayaan dan keamanan terhadap minat generasi milenial menggunakan internet banking pada Bank Syariah (Studi Kasus Wilayah Tangerang Selatan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Perbankan Syariah.

Poon, S. (2008). Exploring the Digital Divide: Internet Access and Use among Low-Income Populations. In Managing Information Technology in the Global Economy. Pearson.

Pratiwi, R., & Fitra, J. (2023). Pengaruh kemudahan, fitur layanan dan promosi penjualan terhadap keputusan penggunaan dompet digital ShopeePay pada aplikasi Shopee di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(6), 716–727.

Pralytha, P., Darmawan, H., & Wahyudi, A. (2023). Pengaruh kemudahan penggunaan, keamanan, dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan aplikasi DANA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 5(1), 132–140. Retrieved from https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/4903

Putra, R. A., & Rachmawati, I. (2020). Pengaruh pendapatan dan literasi digital terhadap minat penggunaan e-wallet di kalangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 134–145.

Putra, A. M., & Sari, N. P. (2020). Analisis Minat Penggunaan E-Wallet Ditinjau dari Tingkat Pendidikan dan Literasi Keuangan. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 56–65. https://doi.org/10.31294/jreb.v13i1.2275

Rahmadani, S. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan e-wallet aplikasi DANA pada generasi milenial di Kecamatan Tanjungpinang Timur

Riyadi, N. S., Lestari, S. I. P., & Ambarwati, R. (2023). Pengaruh kepercayaan, harga, dan promosi terhadap keputusan penggunaan jasa ojek online GrabBike: Studi kasus masyarakat Kota Surakarta. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen.

Rodiah, S., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, risiko, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-wallet pada generasi milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66–80. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). Free Press.

Rumuar, A., & Nugroho, H. S. (2024). Pengaruh kepercayaan, fitur layanan, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan menggunakan mobile banking di kalangan Generasi-Z. Media Mahardhika, 23(1), 190–193.

Safitri, M. G. (2020). Pengaruh trust, perceived benefits and ease of use terhadap keputusan penggunaan e-wallet (Studi kasus pengguna LinkAja pada masyarakat Solo Raya)

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). Prentice Hall.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior (9th ed.). Prentice Hall.

Setiawan, E., & Sutrisno, E. (2023). Pengaruh kemudahan penggunaan dan promosi penjualan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 129–132. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.822

Silva, I. D., Yunita, A., & Rahmadoni, F. (2022). Pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kemanfaatan terhadap keputusan penggunaan e-money dengan pemahaman teknologi sebagai variabel intervening. AKDBB Journal of Economics and Business (AJEB), 1(1), 52–66.

Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson.

Sugianto, S., Jannah, N., & Aulia, N. S. (2023). Determinan keputusan penggunaan dompet digital dengan minat guna sebagai variabel intervening: Studi kasus mahasiswa UIN Sumatera Utara pengguna ShopeePay. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 63–82. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2245

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, A. M. (2023). Pengaruh persepsi risiko dan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan e-wallet: Studi pada pengguna e-wallet di Kota Surakarta

Suryani, T., & Adi, P. H. (2021). Analisis adopsi fintech di wilayah semi-perkotaan: Studi kasus pengguna e-wallet di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 112–124.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly, 27(3), 425-478.

Widodo, A., Cahyono, H., & Fitria, A. (2020). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan terhadap minat penggunaan dompet digital di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 6(2), 101–110.

Wulandari, P., & Yasa, N. N. K. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet: Peran Usia sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(3), 682–700. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i03.p12

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2017). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.

Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31-46.

Downloads

Published

08-09-2025

How to Cite

[1]
M. R. Arsyi and A. U. Wusko, “Pengaruh Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat dan Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA ”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 4907–4916, Sep. 2025.