Pengaruh Keamanan dan Perceived Ease of Use terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna M-Banking BCA Mobile
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2707Keywords:
Keamanan, Perceived Ease Of Use, Kepuasan, LoyalitasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tentang Keamanan Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna M-Banking BCA Mobile. Penelitian ini dilakukan pada Pengguna M-Banking BCA Mobile di Kabupaten Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 116 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisis dan pengolahan data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS melalui software Smart PLS 4.1. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, Perceived Ease Of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, Keamanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas, Perceived Ease Of Use berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas, Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas.
Downloads
References
Adha, S. (n.d.). FAKTOR REVOLUSI PERILAKU KONSUMEN ERA DIGITAL: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR.
Agung Wicaksono, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).
Akob, R. A., & Sukarno, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 269. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i2.889
Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022a). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan Fitur M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). In Islamic Sciences, Sumenep (Vol. 1).
Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022b). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan Fitur M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). In Islamic Sciences, Sumenep (Vol. 1).
Angga Lawang Sani, Muhajirin Muhajirin, & Ovriadin Ovriadin. (2024). Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BPRS Dinar Ashri Pengguna Mobile Banking. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(3), 283–309. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i3.1257
Anisa, A. R., & Samrotun, Y. C. (n.d.). JEMBAD: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis Digital Pengaruh SIA, Kualitas Layanan, Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Banking Di Soloraya.
Ayu, N., Dewi, S., Prasetyo, A. S., Widya, S., & Yogyakarta, W. (2025). DAMPAK E-SECURITY DAN RISK PERCEPTION TERHADAP E-TRUST NASABAH PENGGUNA E-BANKING: PERAN LITERASI KEUANGAN (Vol. 23, Issue 2).
Brawijaya, U., Rahimah, A., & Wahyuningtiyas, N. (n.d.). PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, KETERSEDIAAN FITUR, NORMA SUBJEKTIF TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUTUSAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING Agung Nugroho Lutfi Imam Fahrudi.
Cahyono, D., Fahrudin, R., & Sinclair, A. (2024a). Pentingnya Edukasi dalam Mengatasi Keamanan Data Mobile Banking di Indonesia. 3(1), 81–89. https://doi.org/10.33050/mentari.v3i1
Cahyono, D., Fahrudin, R., & Sinclair, A. (2024b). Pentingnya Edukasi dalam Mengatasi Keamanan Data Mobile Banking di Indonesia. 3(1), 81–89. https://doi.org/10.33050/mentari.v3i1
Citra, P., Dan, M., Penggunaan, K., Dirasakan, Y., Susila, N. D. S. A., Putra, K. E. S., & Khalik, I. (2023). Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis | 172. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2).
Ferozi Ramdana Irsyad, Filja Azkiah Siregar, Jonatan Marbun, & Hasyim Hasyim. (2024). Menghadapi Era Baru : Strategi Perbankan Dalam Menghadapi Perubahan Pasar Dan Teknologi Di Indonesia. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 3(2), 29–46. https://doi.org/10.56444/transformasi.v3i2.1594
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hafizh, A., Inda, T., Rahma, F., & Jannah, N. (n.d.). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Nasabah Mobile Banking BSI Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5133
Hendarsyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari, D., & Bengkalis, ah. (n.d.). KEAMANAN LAYANAN INTERNET BANKING DALAM TRANSAKSI PERBANKAN.
Judijanto, L., Destiana, R., Sudarmanto, E., & Vandika, A. Y. (2024). Analisis Bibliometrik Perkembangan Teknologi dan Inovasi dalam Digital Banking. In Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science (Vol. 2, Issue 03).
Kota Palembang Amiliya, D., & Suci Anggarayni, dan. (2023). Analisis Kepuasan Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking BCA. In 23 | Journal of UKMC National Seminar on Accounting Proceeding (Vol. 2, Issue 1).
Kota, T. P., & Kusumastuti, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF CUSTOMER INTEREST IN USING MOBILE BANKING USING THE TECHNOLOGY FRAMEWORK ACCEPTANCE MODEL (TAM). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(3), 276–288.
Lutfi, H., Bank, P., Bpr, P. T., & Makmur, W. (n.d.). Service Quality dan Digital Banking meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia? Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Nasabah BSI Civitas Akademika FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan).
Nurfadezi, A., & Algusri, J. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMRI). In Economics, Accounting and Business Journal (Vol. 4, Issue 1).
Rahayu Saputri, Mellya Embun Baining, & Khairiyani Khairiyani. (2024). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Manfaat Bersih Aplikasi Mobile Banking Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 126–138. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v17i1.1801
Ramadhani, S., Safira, N., & Nuran Raja Al Fathah, M. (2024). PERAN INOVASI LAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH DI ERA DIGITAL. In Jurnal Multidisiplin Inovatif (Vol. 8, Issue 12).
Rulian, E. P., & Kurniawati, K. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Nasabah Mobile Banking di Indonesia: Studi Tentang Perspektif Kaum Muda sebagai Pengguna. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 521. https://doi.org/10.35931/aq.v17i2.2009
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta,CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Tobuhu, M. A., Machmud, R., & Rahman, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Layanan M-Banking (Studi Pada Bank BNI Cabang Gorontalo). JAMBURA, 5(2). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). PERAN LAYANAN MOBILE BANKING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG TOMANG). Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.181-192
Utami, W., Rofika, I. D., Kamelia, T., Budiarti, Y., Mushlihah, T., Aminin, H., Awaliya, R., Azizah, N., & Septiani, N. (n.d.). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan BSI (Bank Syariah Indonesia) Mobile. 7(1).
Veonnita, R. (n.d.-a). Pengaruh PersepsiKemudahan, Kegunaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Melalui Kepercayaan Nasabah Pengguna Mobile Banking BCA.
Veonnita, R. (n.d.-b). Pengaruh PersepsiKemudahan, Kegunaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Melalui Kepercayaan Nasabah Pengguna Mobile Banking BCA.
Wahyuningsih, D., & Nirawati, L. (2022). PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN E-WALLET APLIKASI DANA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(3), 435–445. https://doi.org/10.31932/jpe.v7i3.2123
Widyamada Pitaloka, S., Irwan Padli Nasution, M., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2023). Analisis Data Security Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Mobile Banking. JoSES: Journal of Sharia Economics Scholar, 2(2), 71–74. https://doi.org/10.5281/zenodo.12527740
Wusko, A. U. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ketsa Bisnis, 1(1), 16–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















