Model Integratif Strategi MSDM Dalam Mendorong Kinerja Dosen Melalui Pendekatan Intellectual Capital dan Knowledge Sharing di Perguruan Tinggi Swasta Jawa Timur

Authors

  • Shobikin Shobikin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Mochamad Fatchurrohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1929

Keywords:

Intellectual Capital, Kinerja Dosen, Knowledge Sharing, Strategi MSDM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji secara empiris model integratif strategi manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam meningkatkan kinerja dosen melalui peran mediasi intellectual capital (IC) dan knowledge sharing (KS) pada perguruan tinggi swasta di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data dari 90 dosen tetap, serta dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi MSDM berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui IC dan KS. Menariknya, pengaruh tidak langsung melalui IC (β = 0,208) dan KS (β = 0,167) lebih kuat dibandingkan pengaruh langsung MSDM terhadap kinerja dosen (β = 0,307). Temuan ini memperkuat teori Resource-Based View (RBV), yang menekankan bahwa kinerja berkelanjutan ditentukan oleh aset tidak berwujud seperti modal manusia, sistem organisasi, dan budaya kolaboratif. Model yang dikembangkan menunjukkan daya jelaskan yang kuat dengan nilai R² sebesar 0,383 untuk IC, 0,329 untuk KS, dan 0,621 untuk kinerja dosen. Nilai Q² yang positif juga mengindikasikan relevansi prediktif model yang baik. Secara keseluruhan, strategi MSDM yang selaras mampu membangun budaya berbagi pengetahuan dan memperkuat intellectual capital, yang menjadi faktor kunci dalam mewujudkan perguruan tinggi yang berdampak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barney, J. B. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99–120. https://doi.org/10.1177/014920639101700108

Bontis, N. (1998). Intellectual capital: An exploratory study that develops measures and models. Management Decision, 36(2), 63–76. https://doi.org/10.1108/00251749810204142

Boxall, P., & Purcell, J. (2016). Strategy and human resource management (4th ed.). Palgrave Macmillan.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications

Delery, J. E., & Doty, D. H. (1996). Modes of theorizing in strategic human resource management: Tests of universalistic, contingency, and configurational performance predictions. Academy of Management Journal, 39(4), 802–835. https://doi.org/10.5465/256713

Garvin, D. A. (1993). Building a learning organization. Harvard Business Review, 71(4), 78–91.

Gold, A. H., Malhotra, A., & Segars, A. H. (2001). Knowledge Management: An Organizational Capabilities Perspective. Journal of Management Information Systems, 18(1), 185–214.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2019). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE Publications.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Sage.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Inkinen, H. (2015). Review of empirical research on intellectual capital and firm performance. Journal of Intellectual Capital, 16(3), 518–565. https://doi.org/10.1108/JIC-01-2015-0002

Lin, H. F. (2007). Knowledge sharing and firm innovation capability: An empirical study. International Journal of Manpower, 28(3/4), 315–332. https://doi.org/10.1108/01437720710755272

Marginson, S. (2016). The dream is over: The crisis of Clark Kerr's California idea of higher education. University of California Press.

Nurfadillah, F., & Prasetyo, D. (2022). Modal intelektual dan kolaborasi dosen di PTS. Jurnal Manajemen Pendidikan Tinggi, 7(1), 55–66.

Roos, G., Bainbridge, A., & Jacobsen, K. (2005). Intellectual Capital: Navigating in the New Business Landscape. Elsevier.

Sparrow, P., Brewster, C., & Harris, H. (2001). Globalizing human resource management. Routledge.

Sulastri, D., & Suharto, D. (2020). Strategi SDM dalam peningkatan mutu dosen PTS: Studi pada LLDIKTI wilayah III. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Manajemen Pendidikan, 12(2), 89–97.

UNESCO. (2021). Futures of Education: A new social contract for education. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Wang, S., & Noe, R. A. (2010). Knowledge sharing: A review and directions for future research. Human Resource Management Review, 20(2), 115–131. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2009.10.001

World Bank. (2020). Global education policy dashboard. Retrieved from https://www.worldbank.org

Youndt, M. A., Subramaniam, M., & Snell, S. A. (2004). Intellectual capital profiles: An examination of investments and returns. Journal of Management Studies, 41(2), 335–361. https://doi.org/10.1111/j.1467-6486.2004.00435.x

Downloads

Published

31-07-2025

How to Cite

[1]
S. Shobikin and M. Fatchurrohman, “Model Integratif Strategi MSDM Dalam Mendorong Kinerja Dosen Melalui Pendekatan Intellectual Capital dan Knowledge Sharing di Perguruan Tinggi Swasta Jawa Timur”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 7769–7775, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles