Pengaruh Ulasan Online dan Rating terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tiktok Shop

Authors

  • Ahmad Syahbani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Mochamad Fatchurrohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Shobikin Shobikin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Nindya Kartika Kusmayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.3021

Keywords:

Ulasan Online, Rating, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Ulasan Online (X1) dan Rating (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) di Marketplace TikTok Shop. Konsumen TikTok Shop yang tinggal di kota Surabaya menjadi subjek penelitian ini. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari 130 responden yang dipilih menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria berdomisili di Surabaya dan pernah bertransaksi di TikTok Shop dalam tiga bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.1.3. Kerangka teoritis yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior (TPB) untuk menjelaskan bagaimana ulasan online dan rating membentuk sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku konsumen. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa ulasan online dan rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan ulasan online memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan rating. Nilai R-square sebesar 0,760 menunjukkan bahwa kedua variabel mampu menjelaskan 76% varians keputusan pembelian. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada penjual di TikTok Shop untuk secara aktif mendorong pembeli memberikan ulasan dan rating positif setelah transaksi. Selain itu, kepada platform TikTok Shop disarankan untuk memberikan fitur penyaringan atau rekomendasi berdasarkan rating dan ulasan terbaik guna meningkatkan pengalaman belanja yang lebih personal dan terpercaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., … Wijoyo, E. B. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik.

Ahmad, S. H., Wolok, T., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Promosi Produk Skin Care Terhadap Impulse Buying Melalui Media Tiktok Shop, 5(2), 784–793.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. ORGANIZATIONAL BEHAVIOR AND HUMAN DECISION PROCESSES, 50, 179–211. https://doi.org/10.47985/dcidj.475

Altaka, S., Zapata, R., Purba, A. R., Alicia, J., Nasution, A. A., Sitanggang, L. K., & Marakali, O. (2025). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE ( Studi Pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Sumatera Utara ), 19, 54–65.

Amanda, J. N., Armi, M. N., & Puspita, V. (2024). Pengaruh E-Trust, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia pada Generasi Z di Kota Bengkulu. Economic Reviews Journal, 3(4), 1121–1133. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i4.394

Ananda, A. P., Sari, A. K., & Fatchurrohman, M. (2023). The Influence of Price, Location and Word Of Mouth on Purchasing Decisions at Green Resto. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.31004/riggs.v2i1.115

Baramadya, Purwanto, & Fatchurrohman, M. (2023). PENGARUH POST PURCHASE REMORSE TERHADAP NEGATIVE EMOTIONS, LEVEL OF SATISFACTION, EXTENT OF RUMINATION DAN BRAND SWITCHING (STUDI PADA KONSUMEN GENERASI Y PENGGUNA SMARTPHONE DI INDONESIA), 22(1), 110–124.

Claodio, G., & Wardani, D. (2024). The Influence of Social Media Influencers , E-wom and Perceived Quality on Purchase Intention on E-commerce Platforms ( A Study of TikTok Shop Among Gen Z Jabodetabek, 91–112.

Cuong, D. T. (2024). Examining How Electronic Word-of-Mouth Information Influences Customers’ Purchase Intention: The Moderating Effect of Perceived Risk on E-Commerce Platforms. SAGE Open, 14(4), 1–13. https://doi.org/10.1177/21582440241309408

Elda, H. N., & Manafe, L. A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan Produk Skinpedia Di PT . Langkah Bersama Sejahtera, 3(5), 5349–5360.

Fatchurrohman, M., Sukatmadiredja, N. R., Wibowo, B. S., & Desiane, A. N. (2023). Strategi Pemasaran dan Penjualan dengan Pendekatan Analisa SWOT pada Produk Usaha Leche. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(1), 67–72. https://doi.org/10.54082/jupin.109

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Second Edi, Vol. 30). Springer Nature. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-80520-3

HP, A., Amin, S., & Indra, D. (2023). Consumer Behavior In Purchasing On The TIKTOK Shop Marketplace. Proceeding International Conference on Economics, Business and Information Technology (Icebit), 4(2008), 685–692. https://doi.org/10.31967/prmandala.v4i0.810

Lestiyani, D. N., & Purwanto, S. (2023). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Love terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 886–898. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.5513

Liswandari, T. A., & Yulianto, A. E. (2023). PENGARUH HARGA, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TEHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(4), 1–18.

Martini, L. K. B., Sembiring, E., & Paulus, F. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253–278. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11901

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393

Mutmainna, N., Hasbiah, S., Haeruddin, M. I. W., Musa, C. I., & Hasdiansa, I. W. (2024). Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(2), 255–268. https://doi.org/10.59407/jmie.v1i2.394

Nirwana, A., Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034

Permatasari, H. I., & Wahyudi, L. (2024). The Effect of Influencer Endorsement, Online Customer Reviews, and Brand Image to Purchase Intention Mediated by Customer Trust in Online Shopping Activities on Tiktok Journal of Organizational and Human Resource Development Strategies. Journal of Organizational and Human Resource Development Strategies, 1(01), 35–511. https://doi.org/10.56741/ohds.v1i01.682

Purnomo, E., Manafe, L. A., & Yanti, E. D. (2021). Peningkatan Volume Penjualan Produk Otomodified Ditinjau Dari Penerapan Strategi Pemasaran: Harga, Produk, Tempat, Promosi. ECo-Buss, 4(2), 302–312.

Putri, D. A. S., Noor, A., & Wardhani, P. S. (2025). PENGARUH KUALITAS KONTEN PEMASARAN DI TIKTOK DAN TINGKAT KETERLIBATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM CRUSEKA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 341–354.

Putri, Y. H., & Mavilinda, H. F. (2025). The Impact of Sales Promotion and Electronic Word-of- Mouth on Originote Products via the TikTok Shop Application on Purchasing Decisions in Palembang City, (February). https://doi.org/10.35912/rambis.v4i2.4212

Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3

Salsabil, P. S., & Manafe, L. A. (2024). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Rencana Pemasaran Pt . Virgo Barokah Food. YUME : Journal of Management, 7(2), 1005–1015.

Sari, E. P., Fatchurrohman, M., & Sari, F. T. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI E-BUSINESS PADA CV DCP. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 4(3), 799–806.

Sianipar, F. A. H., & Yoestini. (2021). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–9. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

SIRAIT, N. E. (2023). Pengaruh E-trust, Online customer review dan Online customer rating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia. Universitas Medan Area, 12. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/21079%0Ahttps://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/21079/15696

Sugiyono, P. D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Sustainability (Switzerland) (Edisi ke-2, Vol. 11). Bandung: Alfabeta. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Syahputri, E. B. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

Sutrisno, M., Mentari, C. I., Rahmadan, P., & Sumarni, T. (2024). PENGARUH REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE. MUSYTARI, 11(1). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Waqid Kurniawan, M. M., Manafe, L. A., & Abidin, M. Z. (2022). Keputusan Pembelian Keripik Bakso Goreng Mr. Basreng Ditinjau Dari Efektivitas Strategi Pemasaran: Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 64. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3825

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Mirai Management, 1(1), 14–23.

Downloads

Published

10-10-2025

How to Cite

[1]
A. Syahbani, M. Fatchurrohman, S. Shobikin, and N. K. Kusmayati, “Pengaruh Ulasan Online dan Rating terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tiktok Shop”, RIGGS, vol. 4, no. 3, pp. 7207–7215, Oct. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>