Pengaruh Produk Bundling dan Diskon Harbolnas terhadap Perilaku Impulse Buying pada Produk Mtrstore
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.3097Keywords:
Produk Bundling, Diskon Harbolnas, Perilaku Impulse BuyingAbstract
Perkembangan e-commerce di era digital telah mengubah perilaku belanja konsumen dari offline menjadi online. Shopee sebagai salah satu platform terbesar menawarkan berbagai fitur promosi seperti produk bundling dan diskon harbolnas yang berpotensi mendorong perilaku impulse buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedua strategi promosi tersebut terhadap perilaku impulse buying pada produk Mtrstore. Penelitian menggunakan pendekatan eksplanatori kuantitatif dengan purposive sampling terhadap 96 responden yang pernah berbelanja di Mtrstore. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa produk bundling (X1) dan diskon harbolnas (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku impulse buying (Y), dengan persamaan regresi: : Y=0.225+0.459X1+0.344X2+ε. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa peningkatan strategi produk bundling dan diskon harbolnas akan meningkatkan kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Secara simultan, kedua variabel independen ini memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku impulse buying. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi harga terjangkau dan tekanan waktu promosi secara bersama-sama mampu mendorong konsumen melakukan pembelian secara spontan. Disarankan untuk Mtrstore memperkuat strategi diskon harbolnas dengan efek urgensi visual serta mengoptimalkan produk bundling yang relevan agar efektivitas promosi semakin meningkat.
Downloads
References
L. A. Manafe, B. S. Wibowo, and D. C. Nugroho, “Menelusuri pembelian impulsif: dampak belanja hedonis, gaya hidup belanja, dan pengiriman gratis di kalangan mahasiswa manajemen,” J. Ilmu Manaj., vol. 13, pp. 23–38, 2025, doi: 10.26740/jim.v13n1.p23-38.
E. P. Rahmawati, A. D. Nugroho, and N. K. Kusmayati, “Pengaruh Promosi , Kualitas Pelayanan , dan Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian Casha Beanbag,” vol. 4, no. 3, pp. 554–565, 2025.
T. EDOT, “Platform E-Commerce Terbesar di Indonesia. Ini Data Pengunjungnya!” [Online]. Available: https://edot.id/id/articles/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-di-indonesia-pada-awal-2024-siapa-juaranya
H. Cipta, L. Wdiyawati, and I. Suwangsih, “Pengaruh Harga Diskon, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pembelian di Shopee,” J. Akunt. dan Manaj. Mutiara Madani, vol. 9, no. Desember, pp. 132–148, 2021.
P. Kotler, K. L. Keller, and A. Chernev, Marketing Management, Edisi 16. Pearson Education, 2022.
Y. E. Rachmad et al., Manajemen Pemasaran. 2022. [Online]. Available: https://repository.penerbiteureka.com/publications/558183/manajemen-pemasaran
A. Aswin, M. Rafiq, Y. A. Pratama, and R. Septiana, “Perilaku Online Impulse Buying pada Marketplace Shopee,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, pp. 81–90, 2022.
G. Ernestivita, Budiyanto, and Suhermin, Seni Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pembelian Impulsif Dan Compulsif. Bandung: Media Sains Indonesia, 2023.
P. K. Maharani, I. G. A. K. Giantari, and N. M. Purnami, Impulse Buying Fashion. CV. Intelektual Manifes Media, 2024.
C. Hasanah, “Perilaku Impulse Buying Generasi Milenial Kota Bengkulu Pada E-commerce Prespektif Yusuf Qardhawi,” UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022.
P. Kotler and G. Armstrong, Principles of Marketing, 18th ed. Pearson Higher Ed, 2021.
S. Sandi, “Pengaruh Display Produk, Diskon Harga, Dan Bundling Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Alfamart Sunter Jaya, Jakarta Utara,” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 2021.
A. A. Anggraeni, D. S. Amheka, A. L. Dekafrio, and N. Kartika, “Pengaruh Brand , Diskon Dan Live Streaming Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Surabaya ( Studi Kasus Pengguna Tiktok Shop ),” J. ILMU Pengetah. NARATIF, vol. 06, no. 2, pp. 143–154, 2025.
Siregar and F. Jalilah, “Pengaruh Kontrol Diri terhadap pembelian impulsif saat perayaan hari belanja online nasional (Harbolnas) pada mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022.
D. A. Anjarwati, “Pengaruh System Paylater dan Diskon Harbolnas Terhadap Impulse Buying dengan Motivasi Hedonis Sebagai Intervening (Studi Pada Pengguna Shopee di Malang),” Universitas Muhammadiyah Malang, 2024.
D. N. Fadillah, “Pengaruh Price Discount Dan Product Bundling Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Konsumen Cup- Q Go Ice Blend,” Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.
A. N. F. Aini and P. Yuana, “Pengaruh Promosi Flash Sale, Bundling, Dan Diskon Ongkir Terhadap Impulse Buying Dengan Attitude Sebagai Variabel Mediasi Studi Pada Pengguna Grab Food Di Kota Surabaya Dan Malang,” Universitas Brawijaya, 2023.
R. Handayani and F. Munawar, “Impulse Buying of Fashion Products as the Impact of Hedonic Shopping Motivation and Price Discounts During Harbolnas: Case Study on Generation Z Consumers of Several E-Commerce in Bandung City,” J. Econ. Bus., vol. 7, no. 3, 2024, doi: 10.31014/aior.1992.07.03.599.
I. Kholiq, “Pengaruh Penerapan Harga Diskon Harbolnas dan Perceived Enjoyment Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Pada E-Marketplace Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung),” Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, 2022. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/20841/1/PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf
F. Hafiz, “Strategis Promotion Hari Belanja Online Nasional Shopee Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Impulse Buying (Survey Pada Konsumen yang Berbelanja Produk Elektronik di Shopee),” Universitas Pendidikan Indonesia, 2022.
D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2020.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26, 10th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2021.
J. Putra Nugraha et al., Perilaku Perilaku Konsumen Teori. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2021.
M. N. Maulida, “Pengaruh Bundling Price, Discount Price dan Odd Price Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Hypermart Ponorogo City Center,” Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Tito Romadhon, Shobikin Shobikin, Nindya Kartika Kusmayanti, Emmywati Emmywati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.