Analisis Dampak Kepemilikan Label Halal Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Galendo di Kabupaten Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1596Keywords:
UMKM, Sertifikasi Halal, Usaha MikroAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kepemilikan label halal terhadap UMKM galendo yang telah berlabel halal di Kabupaten Ciamis yaitu di Toko Moro-moro Galendo dan Kusuka. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal berperan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas pasar, serta memperkuat citra dan daya saing produk galendo. Selain itu, label halal juga menandakan kepatuhan terhadap regulasi dan meningkatkan legalitas usaha, sehingga menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan UMKM di era modern. Namun demikian, pelaku UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, seperti biaya sertifikasi yang tinggi, proses sertifikasi yang memakan waktu, dan perubahan regulasi yang kerap menyulitkan. Meskipun peningkatan omzet dan penyerapan tenaga kerja tidak selalu terjadi secara langsung, kepemilikan label halal tetap menjadi nilai tambah yang memperkuat posisi usaha di pasar dan membuka peluang pertumbuhan yang lebih baik di masa depan. Dengan latar belakang pendidikan pemilik UMKM yang beragam tidak menjadi hambatan berarti dalam upaya mengembagkan usaha, sehingga label halal tetap relevan sebagai strategi penguatan UMKM galendo di Kabupaten Ciamis.
Downloads
References
Afif, Riky Taufik. Dkk. (2024). Desain Karakter Untuk Animasi 2D "Galendo" Sebagai media promosi makanan tradisional Ciamis:Jurnal Desain Komunikatif Kreatif. 6(2).
Anugrah, Ade Aji., Dkk. (2023). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Pemulihan Ekonomi (Studi Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Lubuklinggau). E-Jurnal Kybernan. 13(1). http://www.ejurnal.unmura.org/index.php/kybernan/article/view/180
Avriyanti, Shinta. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). Jurnal Publikasi dan Bisnis. 6(1). https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.582
Dari, W. (2023). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengusaha Umkm Belum Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pengusaha Umkm Kecamatan Selebar Kota Bengkulu). Skripsi. UIN Fatmawati Sukarno. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/420
Dewi, Dyah Handayani., Dkk. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Bank Emok Di Desa Cilember Kecamatan Cisarua. Jurnal Of Public Power. 6 (2). https://doi.org/10.32492/jpp.v6i1.6106
Harmen Hilman, Dkk. (2022). Analisis Dampak Sertifikasi Halal Terhadap Perkembangan UMKM Di Bangkalan :Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. 9(3).
Hartini dan malahayatie. (2024). Implikasi Sertifikat Halal Dalam Manajemen Bisnis Industri Makanan Dan Minuman:Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam. 1(2). https://doi.org/10.62108/great.v1i1.
Idayu, R., Dkk. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa DiDesa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten.7(1). http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729
Jannah, M. (2021). Minat Usaha Mikro Kecil Menengah Pasar Bawah Untuk Melakukan Pembiayaan Berbasis Konvensional Dan Berbasis Syariah. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57497
Muiz, Aris Nurul, Dkk. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Pendapatan Usaha Dan Halal Awareness UMKM di Sektor Halal Food (Studi Pada Pelaku Usaha UMKM Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam. 8(2). http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v8i2.4829
Nur Anisa, Lina. (2023). Urgensi Literasi Sertifikasi Halal Bagi Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Kabupaten Ngawi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. 8(2). https://doi.org/10.56997/investamajurnalekonomidanbisnis.v8i2.961
Prasetian sri eka. (2023). Elektronik Materi Hukum Bacaan Mad Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pesera Didik Di MTS No. 32 Lamas: Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Pratiwi, Nurul., Dkk. (2022). Pengaruh Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Terhadap Perilaku Pembelian Produk Mi Samyang (Studi Kasus Di Kabupaten Ujung Bulu Kabupaten Bulukuma). Edunomika. 6(2). https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.6350
Sudarmono, A. (2022). Sertifikat Halal Dan Kontribusinya Terhadap Ekonomi Indonesia.Transformasi. 4(2). https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/255
Sukri, Indah Fitriani. (2021). Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja Terhadap Penyelenggaraan Sertifikasi Halal Dan Produk Halal Di Indonesia. Majalah Hukum Nasional. 51(1). https://doi.org/10.33331/mhn.v51i1.139
Trihatmojo, Gandhi Raka dan Muljaningsih. (2022). Pengaruh Label Halal, Persepsi Harga, dan Pendapatan Terhadap Konsumsi Produk Obat Batuk (Studi Kasus di Wilayah Kota Malang). Skripsi. Universitas Brawijaya.
Wulandari Dhiasti Eka. (2022). Pengaruh Label Halal Religiusitas Dan Sikap Produsen Terhadap Kepatuhan Sertifikasi Hall Studi Pada Kasus Usaha Mikro Kecil DanMenengah Di Kabupaten Lumajang: Jurnal Hukum Ekonomi dan Bisnis. 11(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Nurfua’dah, Agung Mulyana, Ikmal Mumtahaen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.