Pengaruh Layanan E-Food Delivery (Grabfood) dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Cafe Ladiid Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Authors

  • Muhamad Burhan Udin Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Fitrah Insani
  • Ikmal Mumtahaen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Fitrah Insani
  • Eris Munandar Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Fitrah Insani

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1231

Keywords:

layanan e-food delivery, Promosi, Volume Penjualan, Penjualan

Abstract

Pelayanan serta sarana promosi yang dilakukan oleh penjual/pelaku usaha dapat digunakan untuk menawarkan produknya kepada calon konsumen sehingga pasti akan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan e-food delivery dan promosi terhadap peningkatan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 8.150 orang, yaitu pelanggan dari Cafe Ladiid. Dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Penelitian ini, menggunakan kuesioner melalui G-Form sebagai sarana pengumpulan data, sehingga kemudian diolah melalui SPSS versi 23. Dengan menggunakan teknik analisis data seperti: uji instrument, uji asusmsi klasik, analisis berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel layanan e-food delivery memiliki pengaruh sebesar 19,8%, dapat diartikan bahwa secara parsial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap peningkatan penjualan, variabel promosi memiliki pengaruh sebesar 67,9% dapat diartikan bahwa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Serta secara bersama-sama layanan e-food delivery dan promosi memiliki pengaruh sebesar 71,8%, dapat diartikan bahwa secara stimultan layanan e-food delivery dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, M Anang. (2019).Pemasaran Produk dan Merk, Cetakan Pertama. Surabaya : CV. Qiara Media.

Hafiyyan, M Irham, Mauren G M, Mein Kharnolis, dan Asrul Bahar. (2023). Pengaruh Layanan Food Delivery Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner (Studi Terhadap Pemilik Usaha Kuliner Yang Terdaftar Go-Food di Kelurahan Jagir Kota Surabaya). Student Research Jurnal. 1(4). https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i4.522

Hasibuan, Lempang. (2022). Konsep Promosi Sesuai Dengan Syariat Islam. El-Mal : Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam. 3(6). https://doi.org/10.47467/elmal.v3i6.1213

Ilmiah, Dalilah. (2023). Pengaruh Layanan Food Delivery (Grabfood), Promosi, dan Etika Bisnis Terhadap Omzet Bisnis Kuliner Di Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Indraswari, A., & Kusuma, H. (2018). Analisa Pemanfaatan Aplikasi Go-Food Bagi Pendapatan Pemilik Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE,2(1). https://doi.org/10.22219/jie.v2i1.6967

Julitawaty, W., Frith W, dan Thomas S Goh. (2020). Pengaruh Personal Selling dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugerah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega, 6(1). https://doi.org/10.57249/jbk.v6i1.47

Kotler, P,. dan Keller, K. L. 2016. Marketing Management (15th arg.). Person Education.

Latief, Abdul. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan. 7(1).

Lovelock, C, dkk. 2010. Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi, Strategi, Presefektif Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Manik, Made Kaisar .2020. Pengaruh Sosial Media Marketing dan Layanan Food Delivery Terhadap Tingkat Penjualan Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada UKM Mitra Grab di Kota Singaraja). Skripsi.Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Mukti, H. D., & Hambalah F. (2022). Pengaruh Layanan Food Delivery O2O (Online To Offline)Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Sebagai Variabel Dummy. Journal Of Accounting And Business.

Nurliati, Ms. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT Alfamidi Cabang Sabbang. http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/337

Praestuti, Camelia. (2020). Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen pada Mama-mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Nabire. Jurnal Administrasi Bisnis. 10(1). https://doi.org/10.35797/jab.v10.i1.21-24

Rentiwi, E. (2020). Pengaruh Promosi Dan Nilai Taksiran Terhadap Keputusan Nasabah Pada Produk Gadai Emas Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Sani, Ira Farlina Roisah. (2019). Pengaruh Pemilihan Lokasi Toko Pakaian Terhadap Tingkat Penjualan Menurut Etika Bisnis Islam (Studi Komperatif Antara Pasar Baru Rumbia dan Pasar Gaya Baru Lampung Tengah). Skripsi. IAIN Metro Lampung.

Sarwat, Ahmad. (2018). Fiqih Jual Beli. Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing.

Shiddqi, M H A. (2022). Dampak Go Food Terhadap Peningkatan Penjualan Bisnis Kuliner (Studi Kasus Usaha Bisnis Kuliner di Kecamatan Medan Area. Islamic Circle : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. 3(1). https://doi.org/10.56874/islamiccircle.v3i1.659

Syaiku, dkk. (2020). Fikih Muamalah: Memahami konsep dan dialektika kontemporer. Yogyakarta: K-Media.

Widyayanti, E R., dan Insiatiningsih, I. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online dengan Aplikasi Gojek Fitur Gofood Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kuliner di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen. 8(1). https://doi.org/10.32477//jrm.v8il.249./

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

[1]
M. B. Udin, I. Mumtahaen, and E. Munandar, “Pengaruh Layanan E-Food Delivery (Grabfood) dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Cafe Ladiid Dalam Perspektif Ekonomi Syariah”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 4351–4359, Jun. 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>