Optimalisasi Infrastruktur Teknologi Informasi Dalam Mendukung Layanan Pelanggan Pada Kopi Dari Hati
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.491Keywords:
CRM, Infrastruktur TI, Kopi Dari Hati, Layanan Pelanggan, Teknologi InformasiAbstract
Perkembangan teknologi informasi (TI) mendorong bisnis kedai kopi untuk mengadopsi TI guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis infrastruktur TI di Kopi Dari Hati dan memberikan rekomendasi optimalisasi yang dapat mendukung layanan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik observasi lapangan, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopi Dari Hati telah menerapkan sistem POS, pembayaran cashless, dan promosi melalui media sosial, namun belum menggunakan sistem CRM dan aplikasi mobile resmi. Rekomendasi penelitian ini meliputi penerapan sistem CRM, aplikasi mobile pelanggan, integrasi data transaksi, dan sistem monitoring stok berbasis cloud. Dengan optimalisasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, efisiensi operasional, dan posisi kompetitif Kopi Dari Hati.
Downloads
References
Aisyah, Siti, and Budi Harto. 2024. “Analisis Customer Journey Dalam Meningkatkan Customer Experience Pelanggan Di Fore Coffee Shop Yang Berbasis Teknologi.” EKOMA : Jurnal Ekonomi 3(3): 971–86.
Dalilah, Nur, and Prawoto Prawoto. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kopi Kenangan.” MAMEN: Jurnal Manajemen 2(2): 186–97. doi:10.55123/mamen.v2i2.1774.
(Komputer and Nuswantoro 2010)Komputer, Fakultas Ilmu, and Universitas Dian Nuswantoro.
“Menggunakan Metode Decision Tree Pada.” 7(6): 3830–33.
Lathifa, Ummi Khoiri, and Anita Silvianita. 2023. “Loyalitas Pelanggan Kopi Kenangan Dari Segi Pengalaman Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Di Bandung).” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 24(1): 55. doi:10.30659/ekobis.24.1.55-71.
(Liliana Dewi and Shafamila Handininta Putri 2022)Liliana Dewi, and Shafamila Handininta Putri.
“Service Quality, Customer Value, and Price To Consumer Satisfaction At Kopi Kenangan Coffee Shop.” International Journal of Social Science 1(6): 987–92. doi:10.53625/ijss.v1i6.1918.
Najmutsaqib, Lutfi, Bambang Siswadi, and Dwi Susilowati. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kopi Latte Di Kopi Kenangan(Studi Pada Pelanggan Outlet Kopi Kenangan.” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 7(1): 1–7.
Poha, Fauzia Rukmana, Deby Rita Karundeng, and Moh Afan Suyanto. 2021. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengunjung Kopi Dari Hati Marisa).” Jurnal Pendidikan danKewirausahaan 10(1): 86–104. doi:10.47668/pkwu.v10i1.336.
Putra, Jonathan Caesar, and Ricky Talumantak. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga Dan Citra Kenangan Kota Kasablanka.” Jurnal Ilmiah nasional 4(3): 26–39.
Salsabila, Anna, Annisa Syafa Andira, Devana Dimmy Ramadhanty, and Vania Olivia. 2023. “The Effect of Product and Service Quality on Customer Loyalty Fore Coffee Jabodetabek.” Indonesian Marketing Journal 3(1): 17. doi:10.19166/imj.v3i1.6853.
Saputra, Nicholas Revy. “PENGARUH PROMOSI , INOVASI PRODUK , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FORE COFFEE TUNJUNGAN PLAZA 3.”
: 245–58.
Setyawan, Muhammad Abdhu. 2021. “Strategi Kopi Kenangan Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan.” :129. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56471.
Yusril Andrianto, and Zawawi. 2024. “Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Fore Coffee Shop Surabaya.” Jurnal Lentera Bisnis 13(2): 1142–51. doi:10.34127/jrlab.v13i2.1146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Jannah, Muhamad Faris Hidayat, Alisa Almadira, M.Raka Ramadhan, Fenny Purwani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.