Analisis Kinerja Infrastruktur Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Operasional Bisnis Di Rumah Sakit Bari

Authors

  • Lia Syaputri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mustofa Ihsan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Endrika Syahrani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aldi Pratama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fenny Purwani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.687

Keywords:

Infrastruktur TI, Analisis, Operasional Bisnis, Rumah Sakit Bari

Abstract

Infrastruktur Teknologi Informasi (TI) memainkan peran vital sebagai penunjang operasional bisnis di rumah sakit modern, mencakup layanan medis, administrasi, dan pengelolaan data pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja infrastruktur TI di Rumah Sakit Bari Palembang sebagai pendukung utama operasional bisnis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan kerangka kerja Ward & Peppard untuk mengevaluasi lingkungan bisnis dan sistem informasi/teknologi informasi (SI/TI) secara internal maupun eksternal. Analisis dilakukan terhadap komponen perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, serta kebijakan TI yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan infrastruktur terletak pada kestabilan jaringan dan keandalan sistem informasi rumah sakit, sedangkan kelemahan ditemukan pada kurangnya integrasi antarsistem dan lemahnya kebijakan keamanan data. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan strategi penguatan integrasi sistem, peningkatan kebijakan keamanan siber, serta pengembangan kompetensi sumber daya manusia TI. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, serta memperbaiki kualitas pelayanan pasien di Rumah Sakit Bari..

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] U. K. Nisak, Buku Ajar Statistik Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. 2020. doi: 10.21070/2020/978-623-6833-94-0.

Y. Fitriana dan K. Pratiwi, “Pelaksanaan Patient Safety Di Rumah Sakit Umum Daerah Dan Rumah Sakit Umum Swasta Bantul,” J. Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah, vol. 7, no. 1, hal. 28–39, 2018.

A. Aludin, K. Anwar, dan H. D. L. Damanik, “Pengelolaan Sampah Medis Rumah Sakit di Kota Palembang,” J. Sanitasi Lingkung., vol. 1, no. 1, hal. 19–26, 2021, doi: 10.36086/salink.v1i1.660.

A. Wedhasmara, “Ward and Peppard,” hal. 38–47, 2002.

Firmansyah,M., & Masrun, M, "Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif," Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 3, no. 2, pp. 156-159, 2021

Downloads

Published

26-05-2025

How to Cite

[1]
L. Syaputri, M. Ihsan, E. Syahrani, A. Pratama, and F. Purwani, “Analisis Kinerja Infrastruktur Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Operasional Bisnis Di Rumah Sakit Bari”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 1483–1491, May 2025.

Issue

Section

Articles