Implementasi Multimedia Interaktif pada Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus: SMPN 1 Adonara Barat)
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2659Keywords:
Multimedia Development Life Cycle, Bahasa Indonesia, Multimedia InteraktifAbstract
Pembelajaran bahasa bertujuan agar seseorang dapat terampil dalam berbahasa karena selain digunakan untuk berkomunikasi, bahasa juga dapat menjadi sarana ekspresi diri. Penguasaan bahasa, terutama Bahasa Indonesia, sangat diperlukan karena saat ini peran bahasa semakin berkembang. Kemampuan berbahasa Indonesia seseorang dapat memengaruhi kehidupan dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya, teknologi, serta bidang keilmuan lainnya, khususnya dalam pendidikan. Saat ini banyak bahasa asing yang masuk ke ranah pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dipelajari di sekolah dan berfungsi sebagai alat pengembangan diri dalam komunikasi, memperluas wawasan, serta mengenalkan berbagai hasil ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya. Pemanfaatan teknologi multimedia sebagai metode pembelajaran interaktif menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang belajar, memperoleh informasi, dan menyesuaikan pengetahuan. Multimedia juga memberikan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga hasilnya lebih maksimal. Sumber informasi tidak lagi terbatas pada buku, melainkan lebih luas dengan dukungan teknologi multimedia yang semakin berkembang. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Implementasi media pembelajaran menulis cerita inspiratif dilakukan melalui Usability Testing, Pretest (awal), Posttest (akhir), serta Blackbox Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran menulis cerita inspiratif mendapatkan hasil Usability Testing dengan kategori “sangat memuaskan” dengan rata-rata persentase 82%. Pengujian Blackbox Testing menunjukkan seluruh fungsional media berjalan sesuai harapan, sementara hasil Pretest dan Posttest memperoleh nilai N-Gain Score sebesar 77% yang termasuk dalam kategori efektif.
Downloads
References
Alisyafiq, S., Hardiyana, B., & Dhaniawaty, R. P. (2021). Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 135–143. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.594
Astuti, S., & Nugroho, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 112–120.
Deta, B. (2024). The Implementation of Gamification Methods in the Edusting Application as an Educational Medium to Enhance Mothers’ Knowledge of Stunting. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(December), 928–942.
Handayani, F., & Sari, L. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 55–63.
Kurniawan, A., & Prasetyo, D. (2020). Implementasi Model MDLC dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 201–209.
Mentari, T., Asih, S., Minerva, P., & Rosalina, L. (2022). Implementasi Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Rias Foto Hitam Putih dan Berwarna. Jurnal Tambusai, 6, 16546–16553.
Putu Ayu Rani Puspita Jannu, N., Suwatra, I. I. W., Mahadewi, L. P. P., & Jurusan Teknologi Pendidikan. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Ilmiah pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Negara. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6, 296–305.
Rahmawati, D., & Susanto, H. (2021). Efektivitas Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(2), 88–96.
Rosady, M. M., & Santoso, B. (2021). Pengembangan Media Interaktif Gerakan Yoga Berbasis Mobile Android Menggunakan Metode User Centered Design. Sistemasi, 10(3), 538. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i3.1345
Rusfriyanti, R. B., & Rondli, W. S. (2023). Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(2), 83–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p83-90
Sambani, E. B., Surgawi, N. M., & Octaviani, W. (1978). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Jerman untuk Siswa Kelas X di SMAN 4 Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Bahasa, x(x), 24–34.
Setiawan, I., & Widodo, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 12(1), 77–85.
Silvana, S., Hariati, E., Ramadhan, N., Hasanah, U., & Saifuddin, F. (2024). Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Augmented Reality dan Assemblr Edu dalam Pembelajaran Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. PLPPGSD, 1, 47–53. https://journal.unusida.ac.id/index.php/plppgsd/
Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle pada Aplikasi Pengenalan Abjad dan Angka. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(1), 26–31.
Susanti, R., & Lestari, T. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 144–152.
Utami, R., & Fadilah, N. (2020). Efektivitas Media Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121–129.
Web, B., & Android, D. A. N. (2022). Jurnal Tika. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, xx(1), 85–91.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Wijaya, Y., & Saputra, M. (2019). Multimedia Interaktif sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 88–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dominikus Aryanto Kolin, Martinus Irwanto Ishak, Dominikus Boli Watomakin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.