Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran KIR Kendaraan Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1845Keywords:
Sistem Informasi, User Centered Design, KIR, Aplikasi Mobile, Dinas Perhubungan, Layanan PublikAbstract
Pengujian KIR kendaraan merupakan proses penting yang wajib dilakukan untuk memastikan kendaraan laik jalan dan sesuai dengan standar keselamatan. Di Dinas Perhubungan Kabupaten Flores Timur, proses pendaftaran KIR masih dilakukan secara manual, yang sering menimbulkan antrian panjang, keterlambatan pelayanan, serta potensi kesalahan pencatatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem informasi pendaftaran KIR kendaraan berbasis mobile menggunakan metode User Centered Design (UCD). Pendekatan UCD dipilih karena berfokus pada kebutuhan dan kenyamanan pengguna melalui tahap identifikasi kebutuhan, desain antarmuka, pengujian prototipe, hingga evaluasi pengguna. Proses pengembangan dilakukan dengan melibatkan pengguna secara langsung melalui observasi, wawancara, dan pengujian sistem. Aplikasi yang dihasilkan menyediakan fitur pendaftaran KIR secara online, pengisian dokumen pengguna, penjadwalan pengujian, dan melihat status pendaftaran. Sistem diuji menggunakan metode black-box dan kuesioner skala Likert dengan lima indikator usability: learnability, efficiency, memorability, satisfaction, dan navigability. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu meningkatkan efisiensi pendaftaran, mengurangi kesalahan, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi digital yang mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang transportasi.
Downloads
References
Arda, Sahrul, Saehana, S., & Darsikin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(2), 133–141.
Deta, Bernadete. (2024). The Implementation of Gamification Methods in the Edusting Application as an Educational Medium to Enhance Mothers’ Knowledge of Stunting. Jurnal Pendidikan, 4(December), 928–942.
Fitriyani, F., & Priyanto, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (JPTIK), 9(1), 12–19.
Huda, Miftahul. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Dukungan Website dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 15(1), 78–88.
Kurniawan, R., & Safitri, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Sistem Operasi untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(3), 232–240.
Maulana, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 16(2), 101–110.
Nugroho, A., & Wulandari, R. (2022). Pengembangan Website Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 7(4), 215–225.
Permana, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Website pada SMK Negeri 2 Bandung. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 33–41.
Prasetyo, B., & Ramadhan, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 11(1), 56–64.
Putri, A. N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(1), 90–98.
Rahayu, S., & Gunawan, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 10(3), 199–207.
Rahmawati, Y., & Surya, M. (2022). Pengembangan Website Edukasi sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Biologi. Jurnal BioEdu, 9(2), 155–163.
Rizki, R. F., & Andini, L. (2023). Pemanfaatan Website sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Digital, 8(1), 44–52.
Saputra, H. T. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web untuk Siswa SMK pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 10(2), 172–180.
Sari, N., & Mulyadi, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Website dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 9(3), 287–296.
Setiawan, D., & Lestari, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif untuk Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 132–140.
Sulastri, R., & Wijayanti, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 15(1), 88–95.
Tejada, J. J., Raymond, J., & Punzalan, B. (2012). On the Misuse of Slovin’s Formula. The Philippine Statistician, 61(1), 129–136.
Wibowo, A., & Lestari, D. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 109–116.
Zulqadri, A., & Nurgiyantoro, B. (2023). Effects of Storytelling to Facilitate EFL Speaking Using Web-Based Multimedia System. Computer Assisted Language Learning, 36(3), 215–241. https://doi.org/10.1080/09588221.2014.927367
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lusia Emerensiana Ema Koten, Martinus Irwanto Ishak, Alvian Nara Weking

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.