Pengukuran Kualitas Website E-Learning Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Metode Webqual

Authors

  • Fitri Maria a:1:{s:5:"en_US";s:75:"Megister Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma";}
  • Tata Sutabri Megister Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.134

Keywords:

Kualitas, Website, Webqual, E-Learning, SMA Muhammadiyah 1 Palembang

Abstract

E-Learning merupakan salah satu sistem pembelajaran yang saat ini semakin dikenal. Ketika terjadinya wabah Covid-19 pembelajaran secara digital sangat di butuhkan untuk mempermudah proses belajar mengajar maka di butuhkan sebuah sistem pembelajaran yang efektif. website e-learning perlu dilakukan pengukuran sebagai bahan evaluasi keefektivitasnya. Tujuan dari penelitian menganalisa dan mngidentifikasi kepuasan pengguna webiste e-learning Edumu dengan menggunakan Metode webqual. Webqual merupakan   metode yang dipakai untuk mengetahui kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir.Variabel yang digunakan yaitu usability, kualitas informasi, dan interaksi pelayanan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dari ketiga kateogori yang digunakan yakni, usabulity, kualitas informasi dan interaksi layanan yang disingkat kedalam X1, X2 dan X3 secara keseluruhan menghasilkan kualitas  dalam kondisi baik.

References

Santoso dan Anwar,"Analisis kualitas website menggunakan metode Webqual dan Importance -Permormance Analisys (IPA) Pada situs kaskus ” 2015

K. Goldschmidt and P.D Msn, "The Covid-19 Pandemic:technology use to support the wellbeing of children ” no.January, 2020

Yodi, "Analisis Kualitas Situs Web Batam pos Menggunakan Metode WebQual 4.0 ” , vol. 2. 2018

Syaifullah and D. oksa Soemantri, “Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016.

Fadlan,M “Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan IAIN Purwokerto.”Jurnal kependidikan,40-62.

A. R. Amirah Al Baiti, Suprapto, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. Vol. 1, No, no. e-ISSN: 2548-964X, p. hlm. 885-892, 2017.

G. Nistantya, E. Darwiyanto, and H. Hidayati, “Evaluasi Kualitas Website Digital Library Telkom University Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 dan Importance Performance Analysis Evaluation of Website Quality of Digital Library Telkom University With Webqual 4 . 0 Method and Importance Analysis,” eProceedings Eng., vol. 2, no. 3, 2015.

Dafid and D. Novita, “Metode WebQual 4 . 0 Untuk Analisis Kualitas Web Pembelajaran,” Jtksi, vol. 1, no. 2, pp. 17–20, 2018.

D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach],” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, p. 51, 2016.

H. O. Lingga Wijaya, M.Kom, Y. Yunita, and R. Rusdiyanto, “Evaluasi Kualitas Website Smk N 2 Pertanian Tugumulyo Menggunakan Metode Webqual,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 2, pp. 69–76, 2018.

R. A. Pamungkas, “Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, p. 12, 2019.

AYU, A. N., & Sutabri, T. (2023). Analisis Kualitas Layanan Website Bkpsdm Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual: indonesia. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.129

Fiqri, A. M., & Sutabri, T. (2023). A Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.122

Najaf, A. R. E., Alexander, J. D., Tarmidzi, K., & Kurnia, F. (2023). DESIGNING A WEB-BASED ELEMENTARY SCHOOL ATTENDANCE SYSTEM USING THE LARAVEL FRAMEWORK. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 1(2), 64–68. https://doi.org/10.31004/riggs.v1i2.116

Ramadhan, mhd. (2023). The Effectiveness Of Use Of E-Learning In Entrepreneurship Courses In Private Vocational School, Pematangsiantar City Preparation. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.31004/riggs.v1i2.13

Firmananda, F. I., Ependi, Z., Laowe, D. N., & Bustami, B. (2023). Implementation of Digital Transformation at Al-Mahdi Outlets during the Covid-19 pandemic in Pekanbaru City. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 1(2), 58–63. https://doi.org/10.31004/riggs.v1i2.102

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Maria, F., & Sutabri, T. (2023). Pengukuran Kualitas Website E-Learning Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Metode Webqual. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 121–127. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.134

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>