Pengukuran Mutu Layanan Website Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas Baturaja Menggunakan Metode Webqual

Authors

  • Firman Alfian Megister Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Megister Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.125

Keywords:

Pengukuruan, Mutu Layanan, Penerimaan Mahasiswa Baru, Universitas Baturaja, Webqual

Abstract

Saat ini website penerimaan mahasiswa baru pada universitas baturaja belum pernah dilakukan pengukuran terhadap mutu dari layanan website tersebut, berdasarkan latar belakang dari tersebut peneliti akan melakukan pengukuran mutu layanan pada website pendaftaran mahasiswa baru pada Universitas Baturaja menggunakan metode webqual. Metode webqual merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas website berdasarkan persepsi masyarakat atau pengguna. Metode webqual  terdiri atas tiga kategori yaitu usability, kualitas informasi, dan interaksi pelayanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah dari ketiga kateogori yang digunakan yakni, usabulity, kualitas informasi dan interaksi layanan secara keseluruhan mengkhasilkan mutu layanan dalam kondisi baik.

References

Yodi, "Analisis Kualitas Situs Web Batam pos Menggunakan Metode WebQual 4.0 ” , vol. 2. 2018

D. O. Soemantri, J. S. Informasi, F. Sains, and U. I. N. S. Riau, “Pengkuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4 . 0,” vol. 2, no. 1, 2016.

Y. Pratama, “Pengukuran Kualitas Website CDC Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0,” e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 1, pp. 1649–1658, 2015

Syaifullah and D. oksa Soemantri, “Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016.

O. A. Maslan, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Metode Webqual 4.0.”

A. R. Amirah Al Baiti, Suprapto, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. Vol. 1, No, no. e-ISSN: 2548-964X, p. hlm. 885-892, 2017.

G. Nistantya, E. Darwiyanto, and H. Hidayati, “Evaluasi Kualitas Website Digital Library Telkom University Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 dan Importance Performance Analysis Evaluation of Website Quality of Digital Library Telkom University With Webqual 4 . 0 Method and Importance Analysis,” eProceedings Eng., vol. 2, no. 3, 2015.

Dafid and D. Novita, “Metode WebQual 4 . 0 Untuk Analisis Kualitas Web Pembelajaran,” Jtksi, vol. 1, no. 2, pp. 17–20, 2018.

D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach],” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, p. 51, 2016.

H. O. Lingga Wijaya, M.Kom, Y. Yunita, and R. Rusdiyanto, “Evaluasi Kualitas Website Smk N 2 Pertanian Tugumulyo Menggunakan Metode Webqual,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 2, pp. 69–76, 2018.

R. A. Pamungkas, “Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, p. 12, 2019.

C. W. Elmayanti, “Evaluasi Kualitas Website SMA Negeri 4 Lubuklinggau Menggunakan Metode Webqual,” JUSIM, vol. 3, no. 2, pp. 102–111, 2018.

Prof.Dr.Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2013.

P. Susanti, “Sistem Informasi Reservasi Dan Pengelolaan Keuangan Pada Hotel De ’ Premium Palesmbang Berbasis Web Dan Sms Gateway Universitas Islam Negeri Raden Fatah,” Sist. Inf. Reserv. DAN PENGELOLAAN Keuang. PADA Hotel DE’PREMIUM PALEMBANG Berbas. WSusanti, P. (2015). Sist. Inf. Reserv. Dan Pengelolaan Keuang. Pada Hotel ’ Prem. Palembang Berbas. Web Dan Sms Gatew. Univ. Islam Negeri R, pp. 1–101, 2015.

R. Husaini, M. Suyanto, and E. T. Luthfi, “Evaluasi Web Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul Menggunakan Metode WebQual & Importance Performance Analysis,” J. Teknol. Inf., vol. XII, no. 34, pp. 16–25, 2017.

R. Kurniawan, A. Kusumawati, and S. Priambada, “Pengaruh Kualitas Website (Webqual) Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce ( Studi pada Konsumen PT . B ),” J. Adm. Bisnis, vol. 62, no. 1, pp. 198–206, 2018.

J. Karman and A. T. Martadinata, “Sistem Informasi Geografis Lokasi Pemetaan Masjid Berbasis Android Pada Kota Lubuklinggau,” Stmik Musirawas, p. 1, 2017.

S. Komputer, W. Riyadi, and X. Sika, “Pengukuran Kualitas Digital Library Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 Pada STIKOM Dinamika Bangsa Jambi,” vol. 14, no. 2, pp. 116–127, 2019.

I. Mahendra, “Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Koperasi pada Koperasi Karyawan Budi Setia Jakarta dengan Technology Acceptance Model,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 11, no. 1, pp. 70–80, 2015.

N. Qotrun and S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik,” J. Inform. Upgris, vol. 1, no. 1, pp. 122–131, 2015.

G. F. Adnyana and A. T. A. P. Kusuma, “Pengukuran Kualitas Laman Website Universitas Dhyana Pura Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 5, no. 3, pp. 328–335, 2019.

M. S. Safarudin, “Analisis Kepuasan Pengguna Marketplace Tokopedia Dengan Metode PIECES di Tokopedia Community Batam,” SNISTEK - Semin. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., no. 1, pp. 109–114, 2018.

P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019.

Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Alfian, F., & Sutabri, T. (2023). Pengukuran Mutu Layanan Website Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas Baturaja Menggunakan Metode Webqual. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 81–87. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.125

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>