Analisis layanan RF Mobile menggunakan COBIT Domain Deliver and Support (DS)

Authors

  • Dilla Mukarromah Teknik Informatika, Program Magister, Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Teknik Informatika, Program Magister, Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.140

Keywords:

COBIT, Deliver and Support, Layanan, RF Mobile, UIN Raden Fatah

Abstract

Layanan Akademik Mahasiswa sangat dibutuhkan pada zaman sekarang ini. Salah satu perguruan Tinggi negeri yang telah menerapkan Teknologi Informasi melalui laynan akademik mahasiswa yang telah disediakan  yaitu UIN Raden Fatah Palembang. Salah satu layanan akademik mahasiswa di UIN adalah aplikasi RF Mobile. RF Mobile merupakan aplikasi penyedia layanan berupa jadwal kuliah, Nilai semester, akses ke E-Learning dsb. RF Mobile merupakan Aplikasi Baru yang diterapkan di UIN, maka dengan hal ini diperlukan analisis terkait sistem guna mengetahui nilai yang sudah didapatkan saat ini dan akan menjadikan tolak ukur untuk nilai yang diharapkan terhadap perkemabngan sistem. Analisi untuk mengetahui tingkat kematangan sistem yaitu menggunakan COBIT dengan Domian Deliver and Support. Subdomian yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh subdomain pada Domian DS yatu berjumlah 13 subdomain. Hasil dari penelitian ini didapatkan 3 Subdomian yang masih mendapat nilai maturity level rendah yaitu DS 4, DS5, dan DS 8. Namun pada 10 subdomai lain sudah mendapat nilai yang hampir mencapai target yang diinginkan.

References

Achmad Solechan, M. M. (2021). Audit Sistem Informasi. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Ardhy, F. (2019). Audit Tata Kelola Senayan Library Management System (SLIMS) Menggunakan Framework COBIT. Junral informasi dan komputer, 10.

Ningsih, L., & Cholidhazia, P. (2022). Classification Of Tomato Maturity Levels Based on RGB And HSV Colors Using KNN Algorithm. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31004/riggs.v1i1.10

axelos. (2013). ITIL Maturity Model and Self Assessment. Axelos.

Aymen S, E. (2015). RACI Scrum Model For Controlling of Change. International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management (IJAIEM), 8.

Prasetya, M. R. A., & Priyatno, A. M. (2022). Dice Similarity and TF-IDF for New Student Admissions Chatbot. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 1(1), 13–18. https://doi.org/10.31004/riggs.v1i1.5

Dr. H. Abdullah K., M. (2018). Berbagai Metodologi dalam penelitian pendidikan dan manajemen. CV. Gunadarama ilmu.

Herlinudinkhaji, D. (n.d.). Audit Layanan Teknologi Informasi Berbasis Information Technology Infrastructure Library. 12.

(2018). Internal Audit Departement COBIT. ITGI.

Karnadi. (2020). AUDIT SISTEM INFORMASI PELAYANAN PDAM (SIPL-PDAM) . Junar Informatika, 13.

Priyatno, A. M., & Firmananda, F. I. (2022). N-Gram Feature for Comparison of Machine Learning Methods on Sentiment in Financial News Headlines. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS), 1(1), 01–06. https://doi.org/10.31004/riggs.v1i1.4

Rizaldi, R. A. (n.d.). AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN. IIB Darmajaya, 10.

Taslihudin, A. B. (2016). Audit Sistem Informasi pada Sistem Admisi UIN Sunan kalijaga Yogyakarta Menggunakan Framework COBIT 4.1.

Susanto, E., & Sutabri, T. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan E-Library Menggunakan Framework Cobit 5 Pada Perpustakaan Universitas Bina Insan Lubuklinggau. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 95–103. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.127

Alfarisy, A., & Sutabri, T. (2023). Perancangan Manajemen Layanan Pengajuan Cuti Berbasis It Menggunakan Framework Cobit 5 Domain Build, Acquire And Implement (Bai) Pada Cv Profecta Perdana. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 110–114. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.124

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Mukarromah, D., & Sutabri, T. (2023). Analisis layanan RF Mobile menggunakan COBIT Domain Deliver and Support (DS). Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 141–145. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.140

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>