Kebijakan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Menengah, Serta Pesantren

Authors

  • Anjellie Dasviana Putri Universitas Islam Batanghari
  • Mutya Istikarani Universitas Islam Batang Hari
  • Lisaryadi Lisaryadi Universitas Islam Batang Hari
  • Yennizar.N Universitas Islam Batang Hari
  • Mukhtar Latif Universitas Islam Batang Hari

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1550

Keywords:

Standar Nasional Pendidikan, PAUD, Dasar, Menengah, Standar, Mutu, Akses, Evaluasi, Guru

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan standar nasional pendidikan pada jenjang PAUD, pendidikandasar, dan menengah. Selain itu juga untuk menganalisis implementasi standar isi, proses, penilaian, dan kelulusan pada masing-masing jenjang pendidikan sesuai regulasi yang berlaku. Penulisan artikel ini menggunakan metode tinjauan literatur. Agar kualitas pendidikan terjamin dan merata, diperlukan standarisasi pendidikan dari jenjang PAUD hingga pendidikan menengah. Standarisasi ini diwujudkan melalui penerapan Standar Nasional Pendidikan yang meliputi delapan aspek utama, seperti standarisi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, serta penilaian. Standar ini bertujuan menciptakan keseragaman mutu pendidikan di seluruh Indonesia, sehingga setiap siswa, tanpa memandang lokasi atau latar belakang, memperoleh akses pendidikan bermutu yang setara. Standarisasi juga menjadi landasan evaluasi berkelanjutan dan mendorong profesionalisme tenaga pengajar, yang pada akhirnya meningkatkan mutu pembelajaran secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M. (2023). Analisis Tujuan Pendidikan Agama Islam di Pesantren berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2019. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 40–46.

Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 81–92.

Amperawati, L., Sumiati, C., Rahmani, E., Rubiah, S. A., Harti, U., Ernawati, A., & Wara, L. W. (2023). Mengembangkan visi, misi, dan evaluasi program PAUD. Dalam Manajemen & evaluasi kinerja organisasi: Implementasi pada pendidikan anak usia dini (hlm. 92–97).

Dja’far, A. B., & Yunus, S. P. I. (2021). Manajemen Pendidikan Islam (Konsep, prinsip, ruang lingkup Manajemen Pendidikan Islam). Penerbit Adab.

Hanafiah, N., &Handayani, S. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 441–455.

Hanum, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Syiah Kuala University Press.

Hidayat, Y., Nurhayati, I., Fatimah, A. S., Salamah, S., Lastari, M. R., Susanti, E., & Muhimah, L. (n.d.). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini untuk TK/RA. Penerbit Adab.

Ikbal, M., Pohan, A. J., & Nasution, S. (2021). Pergumulan Sistem Pesantren: Transformasi menuju identitas baru. Suryadi Nasution.

Khasanah, N., Hamzani, A. I., &Aravik, H. (2022). Pesantren Salafiyah dalam Lintasan Sejarah. Penerbit NEM.

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(1).

Lestari, S. (2023). Perbandingan Manajemen Kurikulum Berbasis Integrasi di Pesantren. PT Arr Rad Pratama.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Mustari, M. (2022). Manajemen Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mustopa, A., Jasim, J., Basri, H., & Barlian, U. C. (2021). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 24–29.

Romadhon, K. (2024). BAB 13 Kebijakan Pendidikan Berbasis Pesantren. Dalam Kebijakan Pendidikan (hlm. 171).

Taridala, S., & Anwar, R. (2023). Transformasi Edukasi: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Tulak, A. M., Gasong, D., & Baan, A. (2024). Efektivitas Kompetensi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sopai. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 832–839.

Yanti, A. D., Syaifudin, M., Mulio, A. T., Hendra, D., & Marlina, E. (2024). Evaluasi Kebijakan Pendidikan: Strategi untuk Meningkatkan Kualitas dan Keadilan dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal of Islamic Education El Madani, 4(1), 47–52.

Yumnah, S. (2023). Moderasi Pesantren Berbasis Kearifan Lokal. Basya Media Utama.

Downloads

Published

16-07-2025

How to Cite

[1]
A. D. Putri, M. Istikarani, L. Lisaryadi, Y. Yennizar.N, and M. Latif, “Kebijakan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Menengah, Serta Pesantren”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 6010–6017, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles