Isu dan Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Rika Putri Yanti Universitas Islam Batang Hari (UNISBA) Jambi
  • M. Shahid Anggi Universitas Islam Batang Hari (UNISBA) Jambi
  • Nur Asia Universitas Islam Batang Hari (UNISBA) Jambi
  • Yennizar N Universitas Islam Batang Hari (UNISBA) Jambi
  • Mukhtar Latif Universitas Islam Batang Hari (UNISBA) Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1653

Keywords:

Pendidikan Islam, Isu Kontemporer, Tantangan Global, Reaktualisasi, Nilai Keislaman

Abstract

Perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi, arus globalisasi, serta perubahan sosial-budaya telah membawa berbagai isu kontemporer ke tengah masyarakat, termasuk dalam ranah pendidikan Islam. Berbagai pemikiran modern seperti sekularisme, liberalisme, dan pluralisme menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan Islam yang berupaya mempertahankan nilai-nilai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam berbagai isu kontemporer yang mempengaruhi pendidikan Islam dan bagaimana strategi pendidikan Islam dalam merespons tantangan tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari buku-buku ilmiah, jurnal akademik, artikel, dan dokumen yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa kehilangan esensi ajarannya. Diperlukan pendekatan yang integratif antara nilai-nilai tradisional Islam dan tuntutan modernitas, sehingga pendidikan Islam dapat tetap eksis dan memberikan kontribusi nyata bagi peradaban. Reaktualisasi kurikulum, penguatan nilai spiritual, serta pembentukan karakter peserta didik menjadi kunci dalam menjawab tantangan kontemporer yang terus berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. (2022). Pendidikan Islam di Era Disrupsi: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Kencana.

Aziz, M., & Rachmawati, R. (2019). Reaktualisasi nilai-nilai Islam moderat dalam pendidikan: Antara idealisme dan realitas kontemporer. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 65–80.

Azra, A. (2017). Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal. Jakarta: Mizan.

Fauzi, A. (2023). Kurikulum pendidikan Islam dan tantangan globalisasi: Studi kritis terhadap arah pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.

Huda, M., Jasmi, K. A., & Zakaria, G. N. (2021). Contemporary Islamic education: Issues, challenges and the way forward. Journal of Islamic Thought and Civilization, 11(1), 15–30.

Nata, A. (2016). Pendidikan Islam pada Era Modern: Reorientasi Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Raharjo, S. T. (2018). Pendidikan Islam dan tantangan kontemporer: Kajian filosofis dan praksis. Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 89–103

Riyadi, S., Firdaus, A. S., & Latif, M. (2025). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 712-720.

Suryana, A. (2020). Integrasi ilmu agama dan umum dalam pendidikan Islam: Strategi menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 123–135.

Zarkasyi, H. F. (2015). Liberal Islamic education in Indonesia: The case of International Islamic University Indonesia (UIII). Tafsir: Journal of Islamic Studies, 3(2), 21–36.

Zuhdi, M. (2015). Islamic education in Indonesia: Development and challenges. Journal of Indonesian Islam, 9(2), 411–426.

Downloads

Published

29-07-2025

How to Cite

[1]
R. P. Yanti, M. S. Anggi, N. Asia, Y. N. Yennizar N, and M. Latif, “Isu dan Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 7379–7385, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles