Pengaruh Kepemimpinan, Employer Branding, dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PTPN IV Regional II Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.923Keywords:
Kepemimpinan, Empolyer Branding, Komunikasi, Kinerja KaryawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, empolyer branding, dan komunikasi terhadap kinerja karyawan pada PTPN IV Regional II Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV Regional II Medan yang berjumlah 89 orang karena jumlah sampel yang kecil maka penulis menggunakan Teknik sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis t dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, employer branding secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, komunikasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil uji hipotesis F dapat disimpulkan kepemimpinan, employer branding, dan komunikasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,634 atau sebesar 63,4% variabel kinerja kryawan dapat dijelaskan oleh variabel kepemimpinan, employer branding, dan komunikas. Kemudian sisanya sebanyak 36,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan. Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Amelia, A. (2018). Employer Branding: When HR is the New Marketing. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Erix Randia. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PTPN V Sei Buatan Kecamatan Dayun Kabupaten Sia. Skripsi. Universitas Islam Riau.
Gaya Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) UP3 Palopo. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8 No 1, Juni 2022
Kaswan. (2017). Psikologi Industri & Organisasi: Mengembangkan Perilaku. Produktif dan Mewujudkan Kesejahteraan Pegawai di Tempat Kerja. Bandung: Alfabeta.
Kusuma, Tiffani Chandrilika. (2017). Penerapan Strategi Employer Branding dan Employee Value Proporsition untuk Menciptakan Employee Engagement. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 50 No. 5 September 2017
Nurul Fitri Ramdhani. (2022). Pengaruh Employer Branding terhadap Employee Engagement dan Kinerja Karyawan pada PT Pegadaian Kantor Wilayah VI Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.
Rahyono Dan Apip Alansori. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Yayasan Baitul Jannah Bandar Lampung). Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 3, No. 1, Juli 2021
Rivai, Veithzal. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan. Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama.
Selvi Selvi, Ubaidillah Ubaidillah, Muhammad Syukri, dan Fadil Iskandar. (2024). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara VI Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Vol. 5, No. 3, Januari 2024
Sinambela, Lijan Poltak. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfa Beta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Soniya, Rasmulia Sembiring, Maludin Panjaitan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















