Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Tenggarong

Authors

  • Nur Asiah universitas mulawarman
  • Kadori Haidar universitas mulawarman
  • Noor Ellyawati universitas mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti universitas mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.907

Keywords:

Faktor-Faktor, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Rendahnya pencapaian akademik siswa dalam mata pelajaran ekonomi yang tidak sebanding dengan potensi intelektual mereka menjadi latar belakang penelitian ini. Kondisi tersebut menunjukkan adanya kesulitan belajar yang perlu diidentifikasi penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor manakah yang menjadi penyebab utama kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar ekonomi siswa kelas XII (dua belas) 1, 5, dan 6 SMA Negeri 2 Tenggarong. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Angket digunakan sebagai metode pendukung atau tambahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada dua faktor penyebab kesulitan belajar, baik yang bersumber dari dalam diri siswa (internal) maupun luar diri siswa (eksternal). Hasil penelitian menunjukkan dua faktor utama penyebab kesulitan belajar, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya konsentrasi dan kebiasaan belajar yang tidak disiplin. Sementara itu, faktor eksternal mencakup orang tua yang kurang memberikan rasa nyaman, tenang. Lingkungan rumah yang ramai, ribut dan kurang kondusif membuat siswa kesulitan saat belajar dirumah. Kombinasi faktor-faktor ini menyebabkan siswa mengalami hambatan dalam memahami materi ekonomi secara optimal, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi akademik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. H. Schunk, Learning theories: An educational perspective, 2020.

A. Woolfolk, Woolfolk, A. Educational psychology (14th ed.)., (2021).

R. E. Mayer, Multimedia learning (3rd ed.)., 2018: Cambridge University Press.

J. W. Santrock, Educational psychology (6th ed.), McGraw-Hill, 2018.

D. P. Hallahan and J. M. Kauffman, Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2018). Exceptional learners: An introduction to special education (14th ed.)., 2018.

C. A. Tomlinson, How to differentiate instruction in academically, 2017.

M. Syah, Psikologi belajar (Edisi Revisi)., RajaGrafindo Persada., 2019.

N. Fadilah, "Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 15, no. 2, p. 85–94., 2022.

S. P. Sari, "Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir.," Universitas Riau., 2019.

R. J. Amineh and H. D. Asl, Context-based learning: A meaningful approach for knowledge construction. Springer., 2015.

H. &. V. R. P. Chen, Financial literacy among high school students: A global perspective., Palgrave Macmillan., 2022.

A. Lusardi and O. S. Mitchell, The economic importance of financial literacy: Theory and evidence., NBER Working Paper Series., 2014.

S. P. Sari, "Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran," 2019.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-3)., Alfabeta, 2021.

S. Hidi and K. A. Renninger, "The four-phase model of interest development," Educational Psychologist , vol. 55, no. 2, p. 45–61, 2020.

E. Q. &. W. A. Rosenzweig, "Beyond utility value interventions: The why, when, and how of student motivation.," Educational Psychologist, vol. 54, no. 2, pp. 112-126, 2019.

R. M. Ryan and E. L. Deci, Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness, Guilford Press, 2017.

J. S. Eccles and A. Wigfield, Motivation and achievement in adolescence:A new model., Routledge, 2020.

M. Mulyadi, Diagnosis kesulitan belajar., Parama., 2018.

K. E. Snyder and S. V. Wormington, "Gifted underachievement and achievement motivation: The promise of breaking silos.," Gifted Child Quarterly, vol. 64, no. 2, p. 63–66., 2020.

M. Dalyono, Psikologi pendidikan (Edisi Revisi), Rineka Cipta, 2015.

D. A. Sousa, How the brain learns (4th ed.)., Corwin Press., 2011.

B. J. Zimmerman, Self-regulated learning and academic achievement: An overview and analysis. In D., 2016.

R. C. Pianta, Classroom assessment scoring system (CLASS) manual, Brookes Publishing, 2018.

J. Hattie, *Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analysesrelating to achievement* (2nd ed.)., Routledge, 2017.

A. &. S. W. Ahmadi, Psikologi belajar., Rineka Cipta, 2020.

Downloads

Published

09-06-2025

How to Cite

[1]
N. Asiah, K. Haidar, N. Ellyawati, and R. F. Astuti, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Tenggarong”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 2641–2649, Jun. 2025.

Issue

Section

Articles