Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Konsumen Toko Pakaian Amle’s Di Kota Samarinda

Authors

  • Amelia Putri Putri Universitas Mulawarman
  • Indah Permatasari Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.905

Keywords:

Shopping Lifestyle, Trend Fashion, impulsive buying, Analisis Regresi Linier Berganda

Abstract

Perilaku pembelian impulsif menjadi fenomena yang sering terjadi, terutama di kalangan konsumen muda yang aktif mengikuti tren dan gaya hidup modern. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying pada konsumen Toko Pakaian Amle’s di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling, dan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shopping lifestyle tidak berpengaruh positif dan signifikan, sementara fashion involvement berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying. Secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,212, yang berarti 21,2% variasi impulse buying dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesia.go.id. 2024. “Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Makin Positif.” 3 Juni 2024. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8259/industri-tekstil-dan-pakaian-tumbuh-makin-positif?lang=1.

Titing, A.S., -, S.- and Sriwahyuni, E. (2022) ‘Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Vivo (Studi Kasus pada Ziola Aneka Jaya Kolaka)’, ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), pp. 21–28. Available at: https://doi.org/10.24269/asset.v5i1.4817.

Zayusman, F. and Septrizola, W. (2019) ‘Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota Padang’, Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), pp. 360–368

Damayanti, R. et al. (2021) ‘The prediction of chlorophyll content in african leaves (Vernonia amygdalina del.) using flatbed scanner and optimised artificial neural network’, Pertanika Journal of Science and Technology, 29(4), pp. 2509–2530. Available at: https://doi.org/10.47836/PJST.29.4.15.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, & Kombinasi (M. P. Dr. Rina Fadilah, Ed.; CV ALFABETA, Vol. 1). CV ALFABETA.

Arfia, M. (2022) ‘Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Pada Produk Fashion Muslim di E-Commerce’, Youth & Islamic Economic Journal, 03(02), pp. 19–30.

Wulandari, L., Indayani, L. and Febriansah, R.E. (2024) ‘Analysis Of Price Discount , Shopping Lifestyle , And Fashion Involvement On Impulse Buying Fashion Products In Zalora E-Commerce Analisis Price Discount , Shopping Lifestyle , Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Di E-Commerce Z’, 5(2), pp. 5963–5980.

Darma, L.A. and Japarianto, E. (2024) ‘Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Mall Ciputra World Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), pp. 80–89. Available at: https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89.

Japarianto, Edwin and Sugiono Sugiharto (2011) ‘Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), pp. 32–41. Available at: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18388.

Downloads

Published

09-06-2025

How to Cite

[1]
A. P. Putri, I. Permatasari, R. F. Astuti, and K. Haidar, “Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Konsumen Toko Pakaian Amle’s Di Kota Samarinda”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 2658–2663, Jun. 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)