Peran Forum Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Pasar Tumpah Pringgondani Kota Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.865Keywords:
Forum Ekonomi Kreatif, Pemberdayaan, MasyarakatAbstract
Forum Ekonomi Kreatif merupakan salah satu lembaga yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memberdayakan sektor ekonomi kreatif di Pasar Tumpah Pringgondani dalam membrandingkan karena memiliki kearifan lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Forum Ekonomi Kreatif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Pasar Tumpah Pringgondani kota balikpapan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan 10 informan dengan rincian, Pengelola pasar, Pemilik pasar, 2 Anggota Forum Ekonomi Kreatif, dan 6 Masyarakat informan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Forum Ekonomi Kreatif kota Balikpapan berperan dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di sekitar Pasar Tumpah Pringgondani melalui 3 aspek yaitu adanya Pelatihan dan workshop berupa Workshop penerapan konsep Ekonomi Kreatif melalui pembangunan dan Pelatihan sertifikasi halal. Kedua adanya strategi pemasaran berupa branding melalui konsep Pasar dengan tema kearifan lokal . Dampak Ketiga terhadap Ekonomi berupa peningkatan jumlah tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat
Downloads
References
Abdi, Y., Batubara, B. A., & Iskandar, I. (2023). Analisis Peran Ekonomi Kreatif Pengrajin Purun dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Mekar. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 1–13.
https://doi.org/10.59342/istimrar.v2i1.215
Adiputra, I. G., & Kimnova, C. (2024). Pelatihan Ekonomi Kreatif untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. 2(4), 427–434.
Aldayana, E., Rahayu, S., Hamdani, A., Wahyu Satria, E., & Fitriza, A. (n.d.). Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Menjadi Produk Bernilai Tinggi. http://ejournallppmunsa.ac.id/index.php/jpml
Aprilliyani. (2024). Potensi Pasar Tumpah Pringgondani di Teritip Sebagai Pariwisata Berkelanjutan.
Arita Rizal Efendi. (2020, February 19). Ekonomi Kreatif Mulai Berkembang di Balikpapan, 16 Sektor Dikembangkan Mulai Kuliner Sampai Kerajinan.
Bado, B. (2020). Buku Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Wilayah Pesisir
Budiarti, A. (2025). STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP INFLUENCER UMKM BATIK NGEJRENG DI KOTA SURABAYA. 5(1), 161–168.
Falah, S., & Irham, Z. (2016). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Ala Pondok Pesantren Di Kelurahan Kejawan Putih Tambak Surabaya. 191, 340–352.
Findiya Yuniardika, D. (2022). Peran Badan Usaha Milik Desa pada Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Ekowisata Boonpring Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang). ILTIZAMAT: Journal of Economic Sharia Law and Business Studies, 1(2), 121–134. https://doi.org/10.55120/iltizamat.v1i2.623
Hartini, A., & Persada Khatulistiwa Sintang, S. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Industri Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Sintang. Ekinika, 7(1). http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika
Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. (2024). Profil Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Kusuma, R. (2023). Rancangan Akhir Rencana Kerja Tahun 2024 Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kota Balikpapan.
Kusuma, R. (2024). Forum Ekonomi Kreatif Kota Balikpapan. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan.
Mulyana, M., & Fanggi, D. C. (2022). Peran Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Lasiana Di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(1), 37–53. https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i1.2450
Neny Dwi Winahyu. (2024, June 22). Pemkot Balikpapan Ajak Masyarakat Kembangkan Sektor Ekonomi Kreatif.
Nurlena. (2024, January 1). Kunjungi Pasar Tumpah Pringgondani, Ketua Forum Ekonomi Kreatif Kota Beriman Dukung Pokdarwis di Balikpapan Timur.
Nisa, K. K., Wahyuni, T., & Budita, A. K. (2024). Peran Dinas Ekonomi Kreatif Dan Ukm Dalam Pemberdayaan Umkm Perempuan Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(1), 62–84. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i1.9095
Palupi, P. E., Nusantoro, J., & Septiani, A. (2021). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang (Studi Kasus Pada PasarYosomulyo Pelangi). In Jurnal Akuntansi AKTIVA (Vol. 2, Issue 1).
Pemerintah Kota Balikpapan. (2023). Rancangan Akhir Rencana Kerja Tahun 2024 Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kota Balikpapan.
Putri, I. S., & Wahyuningsih, D. D. (2021). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Wisata Rotan Trangsan, Gatak, Kabupaten Sukoharjo. In Global Financial Accounting Journal (Vol. 05, Issue 01).
Riswanto, A., Zafar, T. S., Chatra, A., Sunijati, E., Harto, B., Boari, Y., Astaman, P., Dassir, & Hikmah, A. N. (2023). EKONOMI KREATIF ( Inovasi , Peluang , dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia ) (Nomor November).
Siti Nurul Fajar, & Mayarni, M. (2022). Pengelolaan Pemberdayaan Masyarakat Didesa Sido Mukti Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(4), 97–105. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.657
Sudarman. (2018). Model Blended Learning Berbasis Nine Instructional Events (A. Hafitz Khanz (ed.)). Samarinda.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sunaryanta. (2022). Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif dan Forum Ekonomi Kreatif. Dinas Pariwisata Gunung Kidul.
Rusyadi, Y., Jumiati, I. E., & Yulianti, R. (2022). Sinergitas Pemangku Kepentingan Dalam Kerangka Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Kawasan
Kasultanan Banten Kota Serang. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah,
(2), 45–55. https://doi.org/10.56945/jkpd.v6i2.193
Yuniarsih, Y., Risdayah, E., Djati, G., Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, J., Dakwah dan Komunikasi, F., & Sunan Gunung Djati, U. (2021a). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry. In Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam (Vol. 6).
Yuniarsih, Y., Risdayah, E., Djati, G., Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, J., Dakwah dan Komunikasi, F., & Sunan Gunung Djati, U. (2021b). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry. In Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam (Vol. 6).
Economy, C., Surya, B., Salim, A., & Rasyidi, E. S. (2025). Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Urban Farming dan Ekonomi Kreatif Economic Empowerment Based on Urban Farming and Creative Economy. 25(April), 217–230.
Findiya Yuniardika, D. (2022). Peran Badan Usaha Milik Desa pada Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Ekowisata Boonpring Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang). ILTIZAMAT: Journal of Economic Sharia Law and Business Studies, 1(2), 121–134. https://doi.org/10.55120/iltizamat.v1i2.623
Hartini, A., & Persada Khatulistiwa Sintang, S. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Industri Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Sintang. Ekinika, 7(1).
Indriastiningsih, E., Mutiasari, A. I., Oktaviana, A., & Devi, T. (2025). Dampak Kepemilikan Sertikasi Halal Terhadap Profitabilitas dan Kinerja Operasional Usaha Mikro , Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Kota Karanganyar. 4(2), 317–324.
Intarini, N. L. A. P., Sari, N. L. D. I. D., & Nuriarta, I. W. (2020). Diferensiasi Sebagai Strategi Branding Festival Budaya Pertanian ke-8 Kabupaten Badung. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(01), 30–36. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.27
Marsinah, Indriani, R. A. R. F., & Hatidah. (2025). PERAN BISNIS ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF : STUDI OBSERVASI TERHADAP PELAKU USAHA DI KOMUNITAS MUSLIM. 10, 221–240.
Mulyana, M., & Fanggi, D. C. (2022). Peran Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Dalam Pengembangan Objek Wisata Pantai Lasiana Di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(1), 37–53. https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i1.2450
Nisa, K. K., Wahyuni, T., & Budita, A. K. (2024). Peran Dinas Ekonomi Kreatif Dan Ukm Dalam Pemberdayaan Umkm Perempuan Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(1), 62–84. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i1.9095
Prasetyo, & Sutopo. (2017). Developing creative economy through innovation in small and medium enterprises (SMEs. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 504–525.
Siti Nurul Fajar, & Mayarni, M. (2022). Pengelolaan Pemberdayaan Masyarakat Didesa Sido Mukti Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(4), 97–105. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.657
Ubainahum, R., Zahara, A. E., & Habibah, G. W. I. A. (2024). Analisis Peran Digitalisasi Marketing Sertifikasi Halal Dan Product Knowledge Bagi Kemajuan Ekonomi Kreatif ( Studi Pada Industri Kuliner Di Kota Jambi ). 17(2), 89–103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 noviana rahmadani, Kadori Haidar, Vitria Puri Rahayu, Ruspian Ruspian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.