Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Promosi Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Authors

  • Stefani Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Indah Permatasari Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.820

Keywords:

E-Commerce, Promosi, Keputusan Pembelian, Shopee

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan perilaku konsumen, terutama di kalangan mahasiswa, dari belanja konvensional ke belanja online melalui platform e-commerce. Mahasiswa sebagai generasi melek teknologi, menjadi target pasar potensial bagi platform seperti shopee yang menawarkan kemudahan akses dan berbagai promosi menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce dan promosi pada marketplace shopee terhadap keputusan pembelian online dikalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman angkatan 2021- 2024. Menggunakan pendekatan kuantitatif metode explanatory research, teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling jenis porpusive sampling, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 73 mahasiswa yang telah berbelanja menggunakan aplikasi shopee minimal 2-3 kali. Hasil analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 23 menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan e-commerce (X1) dan promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan nilai t-hitung masing-masing variabel (X1) 5.281 dan (X2) 9.485 melebihi t-tabel sebesar 1.667. Secara simultan, kedua variabel penggunaan e-commerce dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung = 252,690 > F-tabel = 3,13. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,878 menunjukkan bahwa 87,8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh penggunaan e-commerce dan promosi, sementara sisanya 12,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, A. M., & Hendra. (2019). The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Aunillah, N., & Himawan, A. F. I. (2022). Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Snack. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2), 108–127. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254

Devi, A. C., & Fadli, U. M. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123.

Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 128. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23710.128-136

Empathanussa, D., & Hardingrum, ling sri. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Akan Produk-Produk Busana (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen UNISKA). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(1), 69–94. https://doi.org/10.30640/digital.v2i2.1057

Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Undip.

Hakiki, R., & Setiana, A. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (Uptd Puskesmas) Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 3085–3094. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-

Jabat, D. E. B., Tarigan, L. L., Purba, M., & Purba, M. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce melalui Marketplace sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(2), 16–21. https://jurnal.yappsu.org/index.php/skylandsea/article/view/85

Laurensia, A. S. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Promosi Terhadap Keputusan. 1(2).

Muazam, A. R. (2020). Transaksi e-commerce didominasi generasi Z dan milenial. Alinia.Id. https://www.alinea.id/gaya-hidup/transaksi-e- commerce-didominasi-generasi-z-dan-milenial-b1ZRL9woj

Mubarok, M. M. (2022). E-Commerce Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Inovasi Penelitian, 2(8), 2493–2500.

Napitupulu, R., Asnawi, M., & Firah, A. (2023). Pengaruh Media E-Commerce Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Matahari Departement Store, Tbk Plaza Medan Fair. Warta Dharmawangsa, 17(4), 1780–1796. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3825

Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jesya, 3(2), 506–519. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.227

Oscar, B., & Sumirah, D. (2019). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(1), 1–11.

Palupi, R., & Sanjaya, R. (2023). Analisis Perkembangan Platform E-commerce Terhadap Minat Transaksi Digital Menggunakan Metode Chi Square. Jurnal Sains Dan Komputer, 7(02), 7–10. https://doi.org/10.61179/jurnalinfact.v7i02.438

Sahir, S. H. (2022). METODOLOGI PENELITIAN (T. Koryati (ed.)). PENERBIT KBM INDONESIA.

Sengkey, G. T., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. C. (2022). Pengaruh Penggunaan E-commerce Terhadap Keputusan Pembeli Jasa Traveloka.com di Kota Manado. Productivity, 3(2), 168–173.

Tampi, J. R. E., & Tumbel, T. M. (2024). Pengaruh Promosi Melalui Marketplace Shopee terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Lotion di Kalangan Mahasiswa. 5(2), 2017–2021.

Tulannggow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian Pt. Shopee International Indonesia Di Kota Sukabumi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 9(3), 383–392. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.231

Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue March). https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254

Downloads

Published

06-06-2025

How to Cite

[1]
S. Stefani, K. Haidar, I. Permatasari, and N. Ellyawati, “Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Promosi Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 2154–2163, Jun. 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)