Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Promosi Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.820Keywords:
E-Commerce, Promosi, Keputusan Pembelian, ShopeeAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan perilaku konsumen, terutama di kalangan mahasiswa, dari belanja konvensional ke belanja online melalui platform e-commerce. Mahasiswa sebagai generasi melek teknologi, menjadi target pasar potensial bagi platform seperti shopee yang menawarkan kemudahan akses dan berbagai promosi menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce dan promosi pada marketplace shopee terhadap keputusan pembelian online dikalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman angkatan 2021- 2024. Menggunakan pendekatan kuantitatif metode explanatory research, teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling jenis porpusive sampling, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 73 mahasiswa yang telah berbelanja menggunakan aplikasi shopee minimal 2-3 kali. Hasil analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 23 menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan e-commerce (X1) dan promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan nilai t-hitung masing-masing variabel (X1) 5.281 dan (X2) 9.485 melebihi t-tabel sebesar 1.667. Secara simultan, kedua variabel penggunaan e-commerce dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung = 252,690 > F-tabel = 3,13. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,878 menunjukkan bahwa 87,8% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh penggunaan e-commerce dan promosi, sementara sisanya 12,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Amin, A. M., & Hendra. (2019). The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Aunillah, N., & Himawan, A. F. I. (2022). Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Snack. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2), 108–127. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254
Devi, A. C., & Fadli, U. M. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123.
Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 128. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23710.128-136
Empathanussa, D., & Hardingrum, ling sri. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Akan Produk-Produk Busana (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen UNISKA). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(1), 69–94. https://doi.org/10.30640/digital.v2i2.1057
Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Undip.
Hakiki, R., & Setiana, A. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (Uptd Puskesmas) Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 3085–3094. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-
Jabat, D. E. B., Tarigan, L. L., Purba, M., & Purba, M. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce melalui Marketplace sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(2), 16–21. https://jurnal.yappsu.org/index.php/skylandsea/article/view/85
Laurensia, A. S. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Promosi Terhadap Keputusan. 1(2).
Muazam, A. R. (2020). Transaksi e-commerce didominasi generasi Z dan milenial. Alinia.Id. https://www.alinea.id/gaya-hidup/transaksi-e- commerce-didominasi-generasi-z-dan-milenial-b1ZRL9woj
Mubarok, M. M. (2022). E-Commerce Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Inovasi Penelitian, 2(8), 2493–2500.
Napitupulu, R., Asnawi, M., & Firah, A. (2023). Pengaruh Media E-Commerce Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Matahari Departement Store, Tbk Plaza Medan Fair. Warta Dharmawangsa, 17(4), 1780–1796. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3825
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jesya, 3(2), 506–519. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.227
Oscar, B., & Sumirah, D. (2019). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(1), 1–11.
Palupi, R., & Sanjaya, R. (2023). Analisis Perkembangan Platform E-commerce Terhadap Minat Transaksi Digital Menggunakan Metode Chi Square. Jurnal Sains Dan Komputer, 7(02), 7–10. https://doi.org/10.61179/jurnalinfact.v7i02.438
Sahir, S. H. (2022). METODOLOGI PENELITIAN (T. Koryati (ed.)). PENERBIT KBM INDONESIA.
Sengkey, G. T., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. C. (2022). Pengaruh Penggunaan E-commerce Terhadap Keputusan Pembeli Jasa Traveloka.com di Kota Manado. Productivity, 3(2), 168–173.
Tampi, J. R. E., & Tumbel, T. M. (2024). Pengaruh Promosi Melalui Marketplace Shopee terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Lotion di Kalangan Mahasiswa. 5(2), 2017–2021.
Tulannggow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian Pt. Shopee International Indonesia Di Kota Sukabumi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 9(3), 383–392. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.231
Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue March). https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Stefani, Kadori Haidar, Indah Permatasari, Noor Ellyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.