Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada UMKM Sektor Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.676Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Kedai Kopi dan KafeAbstract
Penerapan digital marketing dan dampak dari penerapan digital marketing untuk meningkatkan profit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor kuliner kedai kopi dan kafe. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 11 kedai kopi dan kafe, sumber data dari penelitian ini yaitu para pemilik kedai kopi dan kafe selaku informan. Penelitian ini menemukan penerapan digital marketing yang dilakukan para pelaku usaha kedai kopi dan kafe di Kabupaten Manokwari yaitu pemasaran melalui media sosial. Beberapa media sosial yang sering digunakan dalam mempromosikan usaha yaitu instagram, facebook, whatsapp dan tiktok. Dampak penerapan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan atau keuntungan terbilang sangat baik. Meskipun penerapannya kurang maksimal, namun dengan menerapkan digital marketing memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan usaha kedai kopi dan kafe di Kabupaten Manokwari, dengan meningkatnya pendapatan usaha tentu saja dapat membuat usaha tersebut berjalan dengan baik.
Downloads
References
Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Creswell, Jhon W., (2012). Eduactional Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Ney Jersey: Person Education, Inc.
Fitriani, A. K. (2021). STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI “COFFEE ET BIEN” KOTA METRO -. Vol. 15 No. 1 April 2021, 15, 21-28.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. (Vol. 34). Elsevier: Internasional Journal of Research in Marketing.
Purwana, D., Rahmi, R.& Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1).
Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative digital marketing: Teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. Jakarta: Elex Media Komoutindo
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis, Edisi 1, CV. Bandung. Alfabeta.
Tulus T.H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia. hal.16-19.
We Are Social. (2023). Digital 2024. We Are Social. Retrieved September19, 2024, from https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luckhy Natalia Anastasye Lotte, Louis Soemadi Bopeng, Joan Mansa Dwi Putra Ajoi, Robert Tataming

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.