Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada UMKM Sektor Kuliner

Authors

  • Luckhy Natalia Anastasye Lotte Universitas Papua
  • Louis Soemadi Bopeng Universitas Papua
  • Joan Mansa Dwi Putra Ajoi Universitas Papua
  • Robert Tataming Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.676

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Kedai Kopi dan Kafe

Abstract

Penerapan digital marketing dan dampak dari penerapan digital marketing untuk meningkatkan profit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor kuliner kedai kopi dan kafe. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 11 kedai kopi dan kafe, sumber data dari penelitian ini yaitu para pemilik kedai kopi dan kafe selaku informan. Penelitian ini menemukan penerapan digital marketing yang dilakukan para pelaku usaha kedai kopi dan kafe di Kabupaten Manokwari yaitu pemasaran melalui media sosial. Beberapa media sosial yang sering digunakan dalam mempromosikan usaha yaitu instagram, facebook, whatsapp dan tiktok. Dampak penerapan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan atau keuntungan terbilang sangat baik. Meskipun penerapannya kurang maksimal, namun dengan menerapkan digital marketing memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan usaha kedai kopi dan kafe di Kabupaten Manokwari, dengan meningkatnya pendapatan usaha tentu saja dapat membuat usaha tersebut berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Creswell, Jhon W., (2012). Eduactional Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Ney Jersey: Person Education, Inc.

Fitriani, A. K. (2021). STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI “COFFEE ET BIEN” KOTA METRO -. Vol. 15 No. 1 April 2021, 15, 21-28.

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. (Vol. 34). Elsevier: Internasional Journal of Research in Marketing.

Purwana, D., Rahmi, R.& Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1).

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative digital marketing: Teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. Jakarta: Elex Media Komoutindo

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis, Edisi 1, CV. Bandung. Alfabeta.

Tulus T.H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia. hal.16-19.

We Are Social. (2023). Digital 2024. We Are Social. Retrieved September19, 2024, from https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/

Downloads

Published

26-05-2025

How to Cite

[1]
L. N. A. Lotte, L. S. Bopeng, J. M. D. P. Ajoi, and R. Tataming, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada UMKM Sektor Kuliner”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 1516–1522, May 2025.

Issue

Section

Articles