Pengaruh Kualitas Layanan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard Melalui Mobile Banking
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.608Keywords:
Kualitas Layanan, Keamanan, Kepuasan Nasabah, QRIS, Mobile-BankingAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini menuntut sebuah instansi dan para SDM yang terkait di dalamnya meng-update informasi menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan keamanan terhadap kepuasan nasabah pada pengguna QRIS melalui Mobile Banking di kota Bandar Lampung. Adapun sampel yang digunakan adalah 100 nasabah. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang disusun dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah maka dapat diketahui bahwa kontribusi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 73,10% sisanya 72,50%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu, dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel Kualitas Layanan (X1) dan Keamanan (X2) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Nasabah (Y)
Downloads
References
Atieq, M. Q., & Nurpiani, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 401–423. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.109
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. (Badan Penerbit Universitas Diponegoro. (ed.)).
Juan, E., & Indrawati, L. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 2(1), 313–325. https://doi.org/10.32524/kkjm.v2i1.757
Kamarudin, J., Nursiah, N., & ... (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11–18. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/123%0Ahttps://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/download/123/63
Kualitas, P., Dan, L., Terhadap, H., Pada, P., Studi, G., & Kecamatan, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867
Kurniati, K., Nurdin, N., & Nurasmawati, N. (2020). Improving Students’ Cognitive and Affective Domains Students through Fostering Teacher Development. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(2), 56–70. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol2.iss2.20
Lobubun, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Cabang Sentani. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 141–148. https://doi.org/10.55049/jeb.v15i2.280
Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2501. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6586
Mustafa Kamal Rokan, D. Y. S. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan QRIS (Quick Response-Code Indonesian Standard) Untuk Mendukung Paperless Di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Medan Padang Bulan. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(2), 1–11. https://doi.org/10.51178/jecs.v4i2.664
Nurdin, Difa Restiti, & Rizki Amalia. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pengetahuan Tentang Quick Response Code Indonesian Standard (Qris). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(2), 157–173. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.55.157-173
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)).
Sugiyono. (2022). Metode Kuantitatif (Alfabeta (ed.)).
Zusmawati, Magdalena, M., Fernos, J., & Ramadhani, S. A. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Menabung. Economics and Digital Business Review, 4(1), 478.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arnesa Dewi Karna, Zaula Putri Ayu, Hani Floretta Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.