Model Marketing Mix 7P dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen

Authors

  • Nova Ayuni Institut Shanti Bhuana
  • Aloysius Hari Kristianto Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.585

Keywords:

Marketing Mix 7P, Loyalitas konsumen, Kopi Dari Hati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model marketing mix 7P berpengaruh pada loyalitas konsumen Kopi Dari Hati yang tidak hanya berfokus pada pemasaran produk namun juga pada aspek pelayanan. Prinsip 7P ini akan mencakup secara menyeluruh elemen-elemen yang akan mempengaruhi loyalitas konsumen. Variabel marketing mix 7P yang digunakan adalah produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Metode penelitian yang menggunakan purposive sampling, kuesioner disebarkan melalui google form dengan jumlah responden sebanyak 220. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak semua dari variabel marketing mix 7P berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. variabel tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen yang berarti bahwa jika aspek tempat yang nyaman, promosi yang menarik, pelayanan yang prima, proses yang cepat dan tepat dan produk yang menarik dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen yang berdampak semakin loyalnya konsumen. Pada variabel produk dan harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menjadi tolak ukur bagi caffee shop untuk mempertimbangkan apa saja hal-hal yang peru ditingkatkan untuk membangun loyalitas konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boyke, S., & Krtistianto, A. H. (2024). The Influence of Product , Personalization and Community Factors in the E-Marketing Mix on Erigo Fashion Customer Satisfaction in Indonesia. 15(3), 394–403.

Deasi, M., & Kristianto, A. H. (2024). The Influence of Brand Equity on Repurchase Intentions for Scarlett Products in Border Regions. 15(3), 422–429.

Derry, A. (2021). Rencana Bisnis “Indonesian’s Coffee Shop.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 112. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i2.11144

Farid, M. S., Cavicchi, A., Rahman, M. M., Barua, S., Ethen, D. Z., Happy, F. A., Rasheduzzaman, M., Sharma, D., & Alam, M. J. (2023). Assessment of marketing mix associated with consumer’s purchase intention of dairy products in Bangladesh: Application of an extended theory of planned behavior. Heliyon, 9(6), e16657. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16657

Hair J, R, A., Babin B, & Black W. (2014). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia : Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).

Irmayanti, D., Hari Kristianto, A., Studi Manajemen Institut Shanti Bhuana Bengkayang Jalan Bukit Karmel Sebopet No, P., Bangun, S., Regency, B., & Kalimantan, W. (2024). Study of Product Quality, Customer Experience and Perception of Price Accuracy in Increasing Repurchase Interest in Scarlett Products in West Kalimantan. ProBusiness: Management Journal, 15(3), 364–372. www.jonhariono.org/index.php/ProBisnis

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Marc Lim, W. (2023). Transformative marketing in the new normal: A novel practice-scholarly integrative review of business-to-business marketing mix challenges, opportunities, and solutions. Journal of Business Research, 160(December 2022), 113638. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.113638

Mohammad, H. I. (2015). 7Ps Marketing Mix and Retail Bank Customer Satisfaction in Northeast Nigeria. British Journal of Marketing Studies, 3(3), 71–88. www.eajournals.org

Olson, E. L. (2022). ‘Sustainable’ marketing mixes and the paradoxical consequences of good intentions. Journal of Business Research, 150(May), 389–398. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.05.063

Pedro Gamalael, K., Frilyaningrum, A., Esti Rahayuningtyas, T., & Umam, C. (2022). Konsep Dan Strategi Pemasaran Diperlukan untuk Menyikapi Persaingan Bisnis Perusahaan. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing), 3(2), 27–34. https://doi.org/10.56696/jaka.v3i2.7208

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Wichmann, J. R. K., Uppal, A., Sharma, A., & Dekimpe, M. G. (2022). A global perspective on the marketing mix across time and space. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 502–521. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.001

Winata, T. P., Budiraharjo, K., & Nurfadillah, S. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Gincu di Kota Cirebon. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 1056. https://doi.org/10.25157/ma.v10i1.12822

Downloads

Published

18-05-2025

How to Cite

[1]
N. Ayuni and A. H. Kristianto, “Model Marketing Mix 7P dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen ”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 897–902, May 2025.

Issue

Section

Articles