Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Kesadaran Keadaan Darurat

Authors

  • Sari Noorlimayanti Universitas Gunadarma
  • Ira Windarti Universitas Gunadarma
  • Esti Setiyaningsih Universitas Gunadarma
  • Subhan Syah Putra Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.577

Keywords:

Android, Augmented Reality, Unity, MRT Jakarta, Keselamatan Publik

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang mengintegrasikan elemen digital dengan dunia nyata untuk menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan persepsi pengguna. Teknologi ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesadaran dan penanganan situasi darurat, khususnya di lingkungan transportasi publik seperti MRT Jakarta. Dengan meningkatnya jumlah penumpang MRT Jakarta, aspek keamanan dan keselamatan menjadi sangat penting. Penulisan ini bertujuan mengembangkan aplikasi AR berbasis Android, yaitu MRT Jakarta Emergency Awareness, untuk membantu penumpang menghadapi situasi darurat dengan panduan visual yang intuitif dan real-time. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity 3D dan Vuforia Engine, dengan dukungan perangkat lunak seperti Canva dan Adobe Premiere untuk desain animasi. Uji coba menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik pada berbagai perangkat Android dengan ukuran sebesar 196 MB dan kompatibilitas minimum Android 8.0 (Oreo).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M. T., dkk. (2023). Implementasi black box testing dan usability testing pada website sekolah MI Miftahul Ulum Warugunung Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 8(1), 2541–4585.

Adrianik, I. C. (2022). Pengembangan portofolio digital melalui media Canva dan YouTube pada pembelajaran siswa kelas V SDN Bulukerto 01 Batu tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(04), 1970–1994.

Alfian, A. J., Muhammad, E., & Akbar, A. M. (2023). Pengembangan gim edukasi pembelajaran IQRA-1 dan Tajwid menggunakan augmented reality. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(1), 267–277.

Anjelina, F., Mary, T., & Irsyadunas. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMKN 7 Sijunjung. Jurnal Universitas Labuhanbatu, 11(2), 93–105.

Irfan, M., Siregar, H., & Handoko, J. T. (2023). Pengembangan dan integrasi aplikasi prediksi jumlah gagal produksi PC menggunakan metode triple exponential smoothing pada sistem aplikasi produksi di PT Tera Data Indonusa, Tbk. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 80–96.

Lesmana, M. A., Astuti, I. F., & Septiarini, A. (2021). Penerapan augmented reality sebagai media pengenalan pesawat udara berbasis Android. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(2), 71–79.

MRT Jakarta. (2020). Sejarah | MRT Jakarta. Diakses dari https://jakartamrt.co.id/id/sejarah [Akses: 13 Juli 2024].

Raharjo, B. (2022). Pemrograman Bahasa C#. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Santoso, J. T. (2021). Augmented reality (AR). Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Suharni, et al. (2022). Implementasi website sistem informasi pariwisata Jimbaran menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). Jurnal Rekayasa Informasi, 11(1), 24–35.

Sumartini, Harahap, K. S., & Sthevany. (2020). Kajian pengendalian mutu produk tuna loin precooked frozen menggunakan metode skala Likert di perusahaan pembekuan tuna X. Jurnal Aurelia, 2(1), 29–38.

Utari, D. R., et al. (2022). Menjaga Laju Ratangga: Membangun Budaya, Mewujudkan Layanan Berkelas Dunia. Jakarta: PT. MRT Jakarta (PERSERODA).

Wibowo, M. C. (2022). Membuat video game dengan 3D Unity. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Zaini, M. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Premiere Pro pada kompetensi dasar mengelola kegiatan humas kelas XI administrasi perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 349–361.

Downloads

Published

18-05-2025

How to Cite

[1]
S. Noorlimayanti, I. Windarti, E. Setiyaningsih, and S. S. Putra, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Kesadaran Keadaan Darurat”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 833–842, May 2025.

Issue

Section

Articles