Efektivitas Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Di SMP

Authors

  • Wiyono STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Fitihatussiriyah STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Abdul Hafidz STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Al Mahfuz STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.548

Keywords:

Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas manajemen supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam membina kinerja guru di SMP Nahdlatul Wathan Bintan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan supervisi telah disusun secara sistematis dan melibatkan berbagai pihak, namun belum tersosialisasi secara merata. Pelaksanaan supervisi dilakukan secara langsung dengan pendekatan membimbing dan memberikan umpan balik konstruktif. Tindak lanjut supervisi dilakukan melalui pertemuan reflektif dan pembinaan lanjutan, yang berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru. Faktor pendukung supervisi meliputi komitmen kepala sekolah, budaya kolaboratif, dan dukungan eksternal, sedangkan hambatannya antara lain keterbatasan waktu dan resistensi guru. Penelitian ini menegaskan pentingnya supervisi akademik sebagai strategi peningkatan mutu pembelajaran yang berkelanjutan dan berbasis kemitraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Setiawati, “Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” J. At-Tadbir Media Huk. dan Pendidik., vol. 30, no. 1, pp. 57–66, 2020, doi: 10.52030/attadbir.v30i01.31.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

A. Sudrajat, “Strategi Jitu Sekolah Maju,” Fusion J. Nas. Indones., vol. 2, no. 4, pp. 1–16, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.54543/fusion.v2i04.188

N. Syapii, “Supervisi Pendidikan Dalam Lingkup Pendidikan Islam Era Kontemporer,” An-Nahdlah J. Pendikan Islam, vol. 3, no. 3, pp. 213–219, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v3i3.106

Hendarman, Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Indeks, 2018.

N. Rahmah, “Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah,” Kelola J. Islam. Educ. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 73–77, 2016, [Online]. Available: https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430

B. M. Wildemuth, Applications of Social Research Methods to Questions in Information and Library Science, 2nd ed. Britania Raya: ABC-CLIO, 2016.

R. Hayman and E. E. Smith, “Mixed Methods Research in Library and Information Science: A Methodological Review,” Evid. Based Libr. Inf. Pract., vol. 15, no. 1, pp. 106–125, 2020, doi: 10.18438/eblip29648.

T. A. Sutikno, “Manajemen Strategik Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Persaingan Mutu,” Teknol. dan Kejuru., vol. 36, no. 1, pp. 87–96, 2013.

N. Anggriani, I. Nurodin, and D. Iskandar, “Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa,” Ekono Insentif, vol. 13, no. 2, pp. 134–145, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.36787/jei.v13i2.157

A. Khairuddin, “Manajemen Risiko Dan Perannya Dalam Kesuksesan Bisnis, Membangun Ketahanan Organisasi Di Tengah Ketidakpastian Global,” Relig. J. Agama, Sos. dan Budaya, vol. 3, no. 4, pp. 459–468, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.55606/religion.v3i3.1138

M. N. Purwanto, Administrasi Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

M. Pidarta, Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

D. Faiqoh, “Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru,” J. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 18–29, 2019, doi: 10.24090/jk.v7i1.1938.

Susiloningsih and M. Munadi, “Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa di MTs Negeri 1 Karanganyar,” Acad. Educ. J., vol. 14, no. 2, pp. 186–211, 2023, doi: 10.47200/aoej.v14i2.1218.

V. F. Musyadad, Hanafiah, R. Tanjung, and O. Arifudin, “Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 6, pp. 1936–1941, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

E. Y. Astuti, Tobari, and Tahrun, “Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah,” JMKSPJurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 140–147, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4121

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

A. Amin, “Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan,” At-Ta’lim Media Inf. Pendidik. Islam, vol. 16, no. 1, pp. 106–125, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/824

L. Azizah and S. Witri, “Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah,” Dawuh Guru J. Pendidik. MI/SD, vol. 1, no. 1, pp. 69–78, 2021, doi: 10.35878/guru.v1i1.263.

B. Luneto, “Efektivitas Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah di MAN 1 Kabupaten Gorontalo,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 76–91, 2021, doi: 10.30603/tjmpi.v9i1.2099.

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

S. Mauanah, “Parenting education sebagai pendidikan keluarga,” Paradigma, vol. 04, no. 2, pp. 1–10, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/252153-parenting-education-sebagai-pendidikan-k-a2f303db.pdf

Handriadi and N. Ahmad, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Efikasi Diri, dan Komitmen Profesional Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru MTs Kota Pariaman,” Mau’izah J. Kaji. Keislam., vol. 10, no. 2, pp. 1–17, 2020, doi: 10.55936/mauizhah.v10i2.38.

S. Husein, “The Curriculum of Early Childhood Education: Indonesia and United Kingdom,” Progres. J. Pemikir. Dan Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 62–76, 2020, doi: 10.22219/progresiva.v9i1.12522.

I. R. Putri and N. F. Yusuf, “Pengaruh Budaya Organisasi dalam Menciptakan Perkembangan Organisasi,” J. Adm. Publik, vol. 18, no. 1, pp. 1–18, 2022, doi: 10.52316/jap.v18i1.82.

A. Rulam, Profesi Keguruan, Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.

Downloads

Published

17-05-2025

How to Cite

[1]
W. Wiyono, F. Fitihatussiriyah, A. Hafidz, and A. M. Al Mahfuz, “Efektivitas Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Di SMP”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 679–686, May 2025.

Issue

Section

Articles