Kreativitas Guru Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.545Keywords:
Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, PAIAbstract
Pendidikan adalah usaha membina dan mengembangkan kepribadian manusia baik dibagian rohani atau dibagian jasmani. Ada juga para beberapa orang ahli mengartikan pendidikan itu adalah suatu proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang dalam mendewasakan melalui pengajaran dan latihan. Dengan pendidikan kita bisa lebih dewasa karena pendidikan tersebut memberikan dampak yang sangat positif bagi kita, dan juga pendidikan tersebut bisa memberantas buta huruf dan akan memberikan keterampilan, kemampuan mental, dan lain sebagainya. Kreativitas guru adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ide-ide dan gagasan dalam pemecahan suatu masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan pendidikan. Guru yang kreatif akan terus berupaya mengembangkan sebuah pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kualitas, peningkatan materi, pemakaian metode, penggunaan media dan pengelolaan kelas. Terlebih guru di era merdeka belajar saat ini, seorang guru benar-benar dituntut untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Melalui kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran di tingkat sekolah dasar, diharapkan dapat memudahkan guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik. Pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar begitu penting sebagai dasar awal peserta didik dalam memahami tanggung jawab dan kewajiban sebagai muslim. Dengan integrasi media dalam kurikulum pembelajaran PAI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan mempermudah peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Downloads
References
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Darajat, Zakiah. 1993. Peranan Agama Islam Dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Haji Masagung.
Dian Indriana, 2011. Ragam Alat Bantu Pengajaran, cet pertama. (Jogjakarta: DIVA Press).
Harahap, Syahrin. 2006. Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam (Medan: Istiqamah Mulya Press).
Rasyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, cet. 14. (Jakarta: PT Grafindo Persada).
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sulistyowati, 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tafsir, Ahmad. 2017. Filsafat pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tambak, Syahraini. 2014. Pendidikan Agama Islam: Konsep Metode, Pembelajaran PAI. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Wirjosukarto dan Amir Hamzah, 1985. Pembaharuan dan Pengajaran Islam. Jember: Muria Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herin Supardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.