Analisis Kualitas Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.541Keywords:
Kualitas, Pelayanan Publik, EfektivitasAbstract
Tesis Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Kualitas Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Distrik Biak Kota Kabupaten BIak Numfor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Pemberian pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat sebenarnya merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai pelayan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayana publik yang berdampak terhadap efektivitas pelayanan administrasi di kantor distrik biak kota. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan berdasarkan teori yang digunakan yakni pada aspek Tangible (Berwujud) yang merupakan bukti fisik sarana dan prasarana pada kantor distrik biak kota belum cukup memadai. Aspek Reliability (Kehandalan) kinerja pelayanan public oleh pegawai belum sesuai dengan harapan atau belum optimal. Aspek Responsiveness (Ketanggapan) pelayanan publik pada kantor distrik biak kota sudah sesuai dengan harapan Masyarakat. Aspek Assurance (Jaminan), jaminan kepastian waktu dalam pelayanan maupun kepastian biaya serta berhubungan dengan pelayanan yang pegawai lakukan sudah sesuai dengan prosedur. Aspek Empathy (Empati) sudah memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat hal ini yang diharapkan agar masyarakat merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah distrik biak kota.
Downloads
References
Agus Dwiyanto, 2015, Mewujutkan Good Governance melalui pelayanan Publik, Gajah Mada Universiti Press.
Firmansyah Strategi. 2016” Pelayanan Prima untuk Kepentingan Serta Kepuasan Pelanggan dan Masyarakat”. Jurnal Ilmiah Widya, Vol 3 (4), Hal.163-170.
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (edisi revisi). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hasibuan, Melayu S.P 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hayat 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Depok, PT. Raja Grafindo Persada.
Ismail Nurdin (2019) Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik), Media Sahabat Cendekia, Surabaya.
, (2014), “Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa”. Jakarta: PT. Garamedia Pustaka Utama.
Joni, J., & Hikmah, H. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 13-24. https://doi.org/10.32534/jv,vl7il.2520.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.
Milles, Matthew B & Huberman, A. Michael. 2014. Analisis Data Kualitatif. Buku Tentang Metode-Metode Baru. Alih Bahasa. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta. Penerbit Universitas Indonesia Press.
Moenir. 2015, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyono, D. (2017). Analisis Faktor Pendorong dan Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kelurahan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mozaik, 9(2), 451-468.
Maleong, Lexy J. 2017.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press.
Morissan. (2017). Manajemen Public Relation: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenada Media Group.
Nova, K., & Hikmah, H. (2022). Pengaruh Inovasi Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Belakang Padang Di Kantor Batam. Jurnal Ekuivalansi, 8(1), 29-39, https://doi.org/10.51158/ekuvalensi.v8il.657.
Nurmah, Semil. 2018 Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Ed. Burhan Bugin. Depok: PRENADAMEDIA GROUP.
Sarwono, S, W, (2020). Psikologi Sosial Individu Dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pust.
Sedarmayanti. 2017. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.
Sinambela, Lukman. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. 2019, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto, R. W. dan Rosad, 2015, Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.
Tjiptono, Fandy, (2014) Pemasaran Jasa. Jakarta: Andi.
Tjiptono, F. & G. C. (2016). Service Quality And Satisfaction (4 ed.) Andi Offset.
Utami Christina Whidya., dkk., 2019, Manajemen Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian Kualitatif & Grounded theory, FTK Ar-Ranity Press.
Yamit, Zulian. 2017. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: PT. Ekonosia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Djunaedi, Hermanu Iriawan, Ayu Kurnia Utami, Adam Umar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.