Pemahaman Konsep Green Marketing Di Koperasi Al-Lathifiyah

Authors

  • Rizki Febri Eka Pradani Universitas Nurul Jadid
  • Nuri Asa Kamaliyatul Izzi Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.538

Keywords:

Pemahaman, Green Marketing, Koperasi Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana pengelola koperasi dan santri memahami konsep green marketing, serta mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi dalam penerapannya. Di samping itu, penelitian ini juga merumuskan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran mengenai green marketing di Koperasi Al-Lathifiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pengelola dan santri tentang green marketing masih berada pada tingkat yang terbatas. Meskipun terdapat beberapa praktik, seperti pengurangan penggunaan plastik dan pemanfaatan produk ramah lingkungan, sebagian besar didasarkan pada kebiasaan ketimbang pemahaman ekologis yang mendalam. Beberapa kendala utama yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman, promosi yang minim, dan infrastruktur yang terbatas. Di antara strategi yang direkomendasikan adalah penguatan edukasi berbasis nilai-nilai Islam, pemanfaatan media promosi yang inovatif, serta pengembangan budaya pesantren yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Penelitian ini menekankan perlunya integrasi antara edukasi lingkungan dan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran di pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ishaq, M. KH. Abdul Wahid Zaini Dan Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.”. Diss. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.

La Fua, Jumarddin. "Eco-pesantren; model pendidikan berbasis pelestarian lingkungan." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6.1 (2013): 113-125.

Waruwu, Nurdelima. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar dan Pondok Pesantren Nurus Salam Kabupaten Blitar). MS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jamil, Nur Aisyah, Muhammad Masyhuri, and Nur Ifadah. "Perspektif Sejarah Sosial dan Nilai Edukatif Pesantren dalam Pendidikan Islam." Risalatuna: Journal of Pesantren Studies 3.2 (2023): 197-219.

Ishaq, M. KH. Abdul Wahid Zaini Dan Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.”. Diss. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.

La Fua, Jumarddin. "Eco-pesantren; model pendidikan berbasis pelestarian lingkungan." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6.1 (2013): 113-125.

Dewi, Ni Made Ari Puspa, and Ketut Rahyuda. Pengaruh alat pemasaran hijau terhadap perilaku pembelian konsumen. Diss. Udayana University, 2018.

Downloads

Published

17-05-2025

How to Cite

[1]
R. F. E. Pradani and N. A. K. Izzi, “Pemahaman Konsep Green Marketing Di Koperasi Al-Lathifiyah ”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 689–695, May 2025.

Issue

Section

Articles