Pengembangan Open Monograph Press sebagai Sistem Manajemen Bisnis Publikasi Buku

Authors

  • Eko Nur Hermansyah Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.498

Keywords:

Open Monograph Press, Sistem Manajemen Publikasi, Bisnis Penerbitan Buku, Sumber Terbuka, Efisiensi Operasional

Abstract

Industri penerbitan buku menghadapi tantangan kompleks dalam mengelola seluruh siklus bisnis, mulai dari akuisisi naskah hingga distribusi dan pelaporan finansial. Sistem manajemen publikasi digital menjadi krusial untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Open Monograph Press (OMP), sebuah platform sumber terbuka dari Public Knowledge Project (PKP), awalnya dirancang sebagai sistem manajemen editorial untuk monograf akses terbuka. Namun, potensinya meluas sebagai kerangka kerja untuk sistem manajemen bisnis publikasi buku secara lebih komprehensif. Artikel ini mengeksplorasi potensi pengembangan OMP untuk mencakup aspek-aspek manajemen bisnis publikasi buku di luar alur kerja editorial inti, termasuk integrasi fungsionalitas untuk manajemen produksi, pemasaran, penjualan, dan pelaporan dasar. Melalui analisis fitur eksisting OMP dan identifikasi kebutuhan bisnis penerbitan, artikel ini mengusulkan pendekatan pengembangan yang memungkinkan OMP berfungsi lebih efektif sebagai sistem manajemen bisnis terintegrasi, meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung keberlanjutan bisnis penerbit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. S. Budi, “Gelombang Vanity Publisher dalam Industri Penerbitan,” vol. 1, no. 1, pp. 39–42, 2022.

M. Waskita Adi Pranata, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Penerbitan Buku (Studi Kasus CV. Dar Fiqrin),” p. 76, 2018.

L. Meisaroh, “ANALISIS STRATEGI BERSAING BISNIS PENERBITAN DENGAN METODE SWOT (Studi Kasus pada Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir Karangklesem Purwokerto Selatan),” Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2022.

A. N. Greco, The growth of the scholarly publishing industry in the U.S.: A business history of a changing marketplace, 1939-1946. 2018. doi: 10.1007/978-3-319-99549-6.

R. Khoiriyah and D. Afriati, “Analisis Proses Bisnis Dan Layanan Penerbit Buku Online Andamari Creative,” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 13–31, 2022, doi: 10.46306/sm.v2i1.16.

T. Bergstrom, O. Y. Rieger, and R. C. Schonfeld, “The Second Digital Transformation of Scholarly Publishing: Strategic Context and Shared Infrastructure,” 2024, [Online]. Available: http://sr.ithaka.org/?p=320210

D. E. I. R. Mahelingga, “Penerbitan buku ilmiah daring berbasis open monograph press (OMP),” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 16, no. 2, pp. 155–169, 2020, doi: 10.22146/bip.v16i2.265.

D. Enlivena and I. Restia, “Open Monograph Press dalam Mendukung Visibilitas, Indeks, dan Sitasi Buku Ilmiah Elektronik Akses Terbuka,” J. Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan, vol. 24, no. 1, 2022, doi: 10.7454/jipk.v24i1.001.

Downloads

Published

12-05-2025

How to Cite

[1]
E. N. Hermansyah, “Pengembangan Open Monograph Press sebagai Sistem Manajemen Bisnis Publikasi Buku”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 261–265, May 2025.

Issue

Section

Articles