Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori dan Hash-Based

Authors

  • Dhimas Prayogi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Syahputra Novelan Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Syaiful Rahman Lubis Universitas Pembangunan Panca Budi
  • M. Azhari Rizko Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ade Guna Suteja Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.497

Keywords:

Apriori , Hash Based , Data Mining

Abstract

Penggunaan teknologi data mining telah menjadi aspek penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan data di berbagai sektor industri, termasuk di bidang kuliner seperti restoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Apriori dan teknik Hash-Based dalam proses pengolahan data transaksi penjualan.. Algoritma Apriori digunakan untuk menggali pola asosiasi dari data transaksi pelanggan, seperti kombinasi menu makanan dan minuman yang sering dibeli secara bersamaan. Sementara itu, teknik Hash-Based diterapkan untuk mengoptimalkan proses penyimpanan dan pencarian data agar lebih cepat dan hemat memori. Penelitian ini tidak hanya menjelaskan langkah-langkah implementasi dari kedua metode tersebut, tetapi juga mengevaluasi kinerjanya dari segi waktu proses dan kualitas aturan asosiasi yang dihasilkan. Dengan pengujian pada data transaksi nyata, hasil eksperimen menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan efisiensi dalam pengolahan data serta menghasilkan informasi yang berguna dalam mendukung pengambilan keputusan strategis oleh manajemen rumah makan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sistem informasi yang cerdas dan adaptif di bidang kuliner, sekaligus menjadi referensi bagi penelitian lanjutan yang ingin menggabungkan algoritma data mining untuk kebutuhan industri kecil dan menengah di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Zahrah, S. L. Mandey, and M. Mangantar, “Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Akunt., vol. 9, no. 4, pp. 216–226, 2021.

Z. Setiawan et al., Buku Ajar Data Mining. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

I. F. P. Ginting, D. Saripurna, and E. Fitriani, “Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Pola Ketersediaan Stok Barang Berdasarkan Permintaan Konsumen Di Chykes Minimarket Menggunakan Algoritma Apriori,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 20, no. 1, p. 28, 2021, doi: 10.53513/jis.v20i1.2504.

T. Prasetya, J. E. Yanti, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, and O. Nurdiawan, “Analisis Data Transaksi Terhadap Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 6, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.51211/itbi.v6i1.1688.

R. Swastika, S. Mukodimah, F. Susanto, M. Muslihudin, and S. I. P. Adab, IMPLEMENTASI DATA MINING (Clastering, Association, Prediction, Estimation, Classification). Penerbit Adab, 2023.

A. Asrorul Hidayat, N. Hendrastuty, N. Penulis Korespondensi, and A. Asrorul Hidayat Submited, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Apotek Shaqeena Untuk Memprediksi Penjualan Berbasis Android,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 302–312, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.33365/jtsi.

Y. Astuti and H. Novitasari, “Algoritma Apriori sebagai Penentu Pola Penjualan Produk Jeans,” J. Ilm. Edutic Pendidik. dan Inform., vol. 9, no. 1, pp. 20–28, 2022.

M. I. Madani, A. P. A. Masa, and H. J. Setyadi, “PERBANDINGAN METODE APRIORI DAN FREQUENT PATTERN GROWTH DALAM MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 12, no. 2, pp. 58–67, 2024.

A. Asran, V. Hadrianti, K. Kasmawaru, H. Hasniaty, N. P. D. T. Yuliadi, and M. Rumende, “Implementasi Data Mining Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Algoritma Hash–Based Pada Toko Krisna Mart,” YUME J. Manag., vol. 6, no. 1, pp. 269–274, 2023.

A. Royzen, J. Wahyudi, and E. Suryana, “PENERAPAN METODE MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA HASH-BASED TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK PADA MINIMARKET REMAJA KAMPUS BENGKULU,” J. Sci. Soc. Res., vol. 7, no. 1, pp. 339–344, 2024.

Downloads

Published

12-05-2025

How to Cite

[1]
D. Prayogi, M. S. Novelan, S. R. Lubis, M. A. Rizko, and A. G. Suteja, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori dan Hash-Based ”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 285–290, May 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)