Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Pembuatan Pupuk Bokashi Berbasis Android

Authors

  • Lutfi Syafirullah Politeknik Negeri Cilacap
  • Ayu Pramita Politeknik Negeri Cilacap
  • Abdul Rohman Supriyono Politeknik Negeri Cilacap
  • Annisa Romadloni Politeknik Negeri Cilacap
  • Hety Dwi Hastuti Politeknik Negeri Cilacap
  • Fadillah Politeknik Negeri Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.478

Keywords:

Pupuk Organik, EM4, Peternak Kambing, Android, Bokashi, MDLC

Abstract

Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, merupakan wilayah dengan dominasi sektor pertanian dan peternakan. Dusun Bokol Wetan, Desa Banjarwaru, memiliki sekitar 170 Kepala Keluarga yang mayoritas berprofesi sebagai peternak kambing. Limbah ternak seperti kotoran kambing dan sekam padi tersedia melimpah dan berpotensi diolah menjadi pupuk organik. Proses pengomposan dapat dipercepat dengan bioaktivator EM4, yang juga meningkatkan kualitas pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran interaktif yang dapat dioperasikan melalui perangkat Android untuk meningkatkan pengetahuan peternak dalam memanfaatkan limbah organik menjadi pupuk bokashi menggunakan EM4. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, pengujian, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran yang dikembangkan menyajikan informasi secara sistematis dan mudah diakses melalui perangkat mobile. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu secara efektif meningkatkan tingkat pemahaman peternak kambing terkait pembuatan pupuk organik. Uji kegunaan menghasilkan skor sebesar 89,38%, yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sangat tinggi. Dengan demikian, media ini berkontribusi dalam mendukung pertanian berkelanjutan melalui edukasi digital berbasis potensi lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Profil Desa Banjarwaru [Internet]. 2024. Available from: https://banjarwaru.id/index.php/artikel/2024/6/19/profil-desa-banjarwaru

Dadan Zaliluddin, Budiman AR. IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT BERBASIS ANDROID. JSiI. 2020;7.

Dewi, Arsy Febrina MI. Perancangan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android. J Inform dan Teknol. 2022;5.

Elsa Amelya Fitriany ZA. Pengaruh Pupuk Bokashi Terhadap Pertumbuhan Mentimun (Cucumis sativus L.) si Desa Sukawening, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. J Pus Inov Masy. 2020;2:883.

Kastalani, Maria Erviana Kusuma dan SM. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK BOKASHI TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF RUMPUT GAJAH. ZIRAA’AH. 2017;42.

Aldi Rinaldi, Ridwan MT. ANALISIS KANDUNGAN PUPUK BOKASHI DARI LIMBAH AMPAS TEH DAN KOTORAN SAPI. SAINTIS. 2021;2.

Anif Mukaromah Wati, Uli Rafiul Albab, Siti Azizah DN, Adli. Pembuatan bokashi dari berbagai limbah kotoran ternak di Desa Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. In: The 3rd National Conference of Applied Animal Science 2022. 2022.

Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara MP. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. JOIN (Jurnal Online Inform. 2017;2:122.

Muhammad Arief Raihan Putra Zani. MEMBANGUN APLIKASI MOBILE UNTUK MEMAKSIMALKAN FUNGSI PROMOSI UMKM BERBASIS ANDROID. [PALEMBANG]: UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG; 2021.

Ni Kadek Ceryna Dewi, Ida Bagus Gede Anandita, Ketut Jaya Atmaja PWA. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. Sci Inf Technol. 2018;1.

Budi Haryanto AK. IMPLEMENTASI APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR. IPSIKOM. 2021;9.

Muhammad Khalid Hakky, Rasyid Hardi Wirasasmita MZU. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI. EDUMATIC. 2018;2.

Imam Setiawan Nugroho Herlambang Saputro. PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN OBJEK WISATA DI DAERAH JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR PADA PERANGKAT BERBASIS ANDROID. Surakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2018.

Downloads

Published

10-05-2025

How to Cite

[1]
L. Syafirullah, A. Pramita, A. R. Supriyono, A. Romadloni, H. D. Hastuti, and F. Fadillah, “Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Pembuatan Pupuk Bokashi Berbasis Android”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 207–217, May 2025.

Issue

Section

Articles