Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Turunnya Minat Beli
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i1.434Keywords:
Minat Beli, Promosi, Perkembangan E-Commerce, Kualitas Pelayanan, Perilaku KonsumenAbstract
Penurunan minat beli di swalayan lokal merupakan isu yang menarik untuk diteliti, terutama seiring dengan perubahan cepat dalam perilaku konsumen di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan minat beli di ABC Swalayan Purbalingga, dengan fokus pada kualitas pelayanan, perkembangan e-commerce, dan relevansi promosi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakpuasan terhadap pelayanan dan kenyamanan toko, serta promosi yang tidak cukup menarik, memiliki dampak besar terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja. Temuan ini mengarah pada pentingnya perbaikan di berbagai aspek, seperti meningkatkan kualitas pelayanan, menciptakan kenyamanan yang lebih baik, dan merancang promosi yang lebih sesuai dengan harapan konsumen. Selain itu, mengikuti perkembangan e-commerce dapat menjadi salah satu langkah penting untuk menarik minat beli konsumen di ABC Swalayan Purbalingga. Penelitian ini tidak hanya memberikan pemahaman lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di swalayan lokal, tetapi juga memberikan rekomendasi praktis yang dapat diambil oleh pengelola swalayan untuk meningkatkan daya tarik dan kepuasan konsumen.
Downloads
References
Gagné, V., Tep, S. P., Arcand, M., & St-Onge, A., “The Impact of an In-store Self-service Technology on Customer Experience and Post-purchase Variables”, Marketing and Smart Technologies : Conference paper. 2022.
Grzywińska-Rąpca, M.“ Consumer Purchasing Behaviour during the COVID-19 Epidemic: A Case Study for Poland”, Economy of Regions. 2022.
Harisno, H., & Herby, D. “The Analysis of Factors Affecting the Buying Interest of E-Commerce Customers”, CommIT Journal (Communication and Information Technology).2018.
Kotler, P., & Keller, K. L. “Marketing Management (15th ed.)”. Pearson Education. 2016.
Kusumawati, O. Y., & Hayuningtias, K. A. “Kualitas Produk, Resto Atmosphere, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian”. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi.2022.
Latipun, S., Nasir, R., Zainah, A. Z., & Khairudin, R. “Effectiveness of Peer Conflict Resolution Focused Counseling in Promoting Peaceful Behavior among Adolescents”. Asian Social Science.2012.
Maskarto Lucky and Nara Rosmadi, “Penerapan Strategi B Isnis Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal IKRA-ITH Ekonomika 4, no. 1: 122–127. 2021.
Meng, J., Lv, S., Zhu, G., & Huang, C. “Modelling of the impact of Internet of things technology on consumer behavioural tendency”. Behaviour & Information Technology.2021.
Mukerjee, K. “Impact of self-service technologies in retail banking on cross-buying and word-of-mouth”. International Journal of Retail & Distribution Management. 2020.
Nanik Susanti, “Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 9, no. 1 717–722. 2018.
Oana, D. “The Impact of The Current Crisis Generated By The Covid-19 Pandemic on Consumer Behavior”. Studies in Business and Economic No .15.2020.
Peterson, R. L. “"Buy on the Rumor:" Anticipatory Affect and Investor Behavior”. Journal of Psychology and Financial Markets.2002.
Qiu, Y. “Unveiling the Digital Luminaries: Exploring the Impact of the Chinese Internet Celebrity Economy on Consumer Behavior”. Journal of the Knowledge Economy. 2024.
Solomon, M. “Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.)”. Pearson Education. 2019.
Zhang, C. “Assessing the Factors Influencing Customer Satisfaction at a Specialised Boutique Restaurant in Bangkok”. Business and Economic Research Vol. 10, No. 4. 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Libran Filani, Lusiana Desy Ariswati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.