Strategi Pengembangan Unit Usaha Dalam Meningkatkan Volume Penjualan

Authors

  • Sherina Khaerunisa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Fitrah Insani
  • Nila Nopianti Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Fitrah Insani
  • Ikmal Mumtahaen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Fitrah Insani

DOI:

https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1873

Keywords:

Analisi SWOT, Strategi Pengembangan, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini dilakukan  di Unit Usaha Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis, dimana terdapat beberarapa unit usaha yang sesuai dengan kebutuhan para santri di Pondok Pesantren. Yaitu, BMT Asy-Syifa, Koperasi Syifamart dan Depot Air Minum Quro. Diperlukan strategi usaha yang baik guna menghadapi persaingan bisnis antara unit usaha dari internal bahkan eksternal yang semakin kompleks dan kompetetif. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dan d ianalisis menggunakan SWOT. Hasil penelitian dari metodologi analisis SWOT dapat diperoleh nilai matriks dari faktor internal dan eksternal pada unit usaha di PondokPesantren. Untuk nilai matriks internal dari BMT Asy-syifa sebesar 3,26 dan eksternal 2,98. Kemudian Koperasi Syifamart memperoleh nilai matriks internal sebesar  2,98 dan eksternal 2,85 dan untuk Depot Air Minum Quro memperoleh nilai matriks internal sebesar 2,59 dan eksternal 2,85. Dari hasil penelitian ini Unit Usaha di Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis berada di kuadran I, yang menunjukan perusahaan pada posisi yang menguntungkan serta memiliki kekuatan serta peluang. Dan dapat menggunakan kekuatan dan peluang ini sepenuhnya dengan menerapkan strategi yang mendukung kebijakan pembangunan agresif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. Dian Sudiantini, S.Pd.M.Pd. (2022). Manajemen.Strategi. Banyumas : CV PENA PERSADA.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya Bandung.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta :PT.Gramedia.

Safitri, &Maryanti. (2019). Buku Ajar Kewirausahaan. Jawa Tengah: PT.Nasya Expanding Management.

Creswell dan Creswell.(2018). Research Design Qualitative, Quantitative and Mix Methode Aproaches. Fifth Edition. California: SAGE Publications.

Muslimin,(2019). Pengembangan Ekonomi Pesantren melalui gerakan wirausaha: Studi kasus pada Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Jawa Timur

Andika,Muhammad,(2020),Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan PT Al Muchtar Tour dan Trevel dalam Prespektif Ekonomi Islam

Ikhsan.AL.Aziz.Ibnu.(2022).Strategi Pengembangan Unit Usaha dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Unit Usaha PondokPesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto)

Safitri.Setiyawati.(2019).Pengembangan Wisata di Kabupaten Buru Menggunakan Analisis SWOT

Pratiwi.Risda.(2018).Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut dengan Metode Analisis SWOT

Suberata.Pradnyasasmitha.(2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Tegrnungan di Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar

Istiqomah, I., &Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus).

Gunawan 2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID 19 Pandemic Period

Fathony.A.Rokayah, Sofiyatul Mukarromah, (2021). Pengembangan Potensi Unit Usaha Pondok Pesantren Nurul Jadid Melalui ekoproteksi

Downloads

Published

29-07-2025

How to Cite

[1]
S. Khaerunisa, N. Nopianti, and I. Mumtahaen, “Strategi Pengembangan Unit Usaha Dalam Meningkatkan Volume Penjualan”, RIGGS, vol. 4, no. 2, pp. 7412–7421, Jul. 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>