Analisis Peran Digital Marketing Dan Inovasi Bisnis Syariah Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1858Keywords:
Digital Marketing, Inovasi Bisnis Syariah, Kemandirian Ekonomi, Kewirausahan pesantren, Pesantren HUQAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris peran pemasaran digital dan inovasi bisnis syariah terhadap kemandirian ekonomi pesantren. Studi dilakukan pada unit usaha kantin mini Pondok Pesantren Hadiqoh Usyaqil Qur'an (HUQ) Cirebon dengan pendekatan asosiatif dan metode kuantitatif serta teknik analisis dengan menggunakan bantuan SmartPLS v 4.1.1.4.. berjumlah 100 responden dilibatkan sebagai sampel penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pemasaran digital dan inovasi bisnis syariah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian ekonomi pesantren dengan nilai R-square sebesar 0,576. Secara parsial, pemasaran digital memiliki pengaruh dominan (t-statistik = 4,333; f² = 0,192) melalui pemanfaatan media sosial dalam promosi, efisiensi komunikasi, dan perluasan pasar. Inovasi bisnis syariah juga berpengaruh signifikan (t-statistik = 3,423; f² = 0,131), khususnya dalam tata kelola usaha berbasis nilai-nilai keadilan, kehalalan, dan tanggung jawab moral. Temuan ini menegaskan bahwa strategi integrasi digital dengan prinsip syariah menjadi kunci dalam membentuk model ekonomi pesantren yang adaptif, mandiri, dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan kewirausahaan pesantren berbasis teknologi dan nilai Islam, serta membuka ruang untuk eksplorasi variabel eksternal pada studi lanjutan.
Downloads
References
A. Arwani and M. Masrur, “Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 8, no. 3, p. 2755, Oct. 2022, doi: 10.29040/jiei.v8i3.6001.
Kemenag RI, “Economy Hub dan Geliat Ekonomi di Pesantren.” [Online]. Available: https://kemenag.go.id/kolom/economy-hub-dan-geliat-ekonomi-di-pesantren-feBk4
M. Iqbal Irfany, “Kemandirian Ekonomi Pesantren Berbasis Pertanian,” Policy Br. Pertanian, Kelaut. dan Biosains Trop., vol. 4, no. 3, 2022, doi: 10.29244/agro-maritim.v4.i3.4.
R. D. A. Yuliantri, “Menelusuri Wacana Kemandirian Ekonomi Di Indonesia (1920-1965),” J. Pendidik. dan Sej., vol. 7, no. 1, pp. 68–75, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/11383
A. et all. Windianingsih, Perilaku Konsumen, vol. 5. 2024. [Online]. Available: https://www.academia.edu/37610166/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU_KONSUMEN_MAKALAH_PERILAKU_KONSUMEN
S. Mehmeti-Bajrami, F. Qerimi, and A. Qerimi, “The Impact of Digital Marketing vs. Traditional Marketing on Consumer Buying Behavior,” HighTech Innov. J., vol. 3, no. 3, pp. 326–340, Sep. 2022, doi: 10.28991/HIJ-2022-03-03-08.
We Are Social, “Digital 2023 Indonesia,” We Are Soc., p. 125, 2023, [Online]. Available: https://wearesocial.com/wp-content/uploads/2023/03/Digital-2023-Indonesia.pdf
W. et all Agustin, Manajemen Bisnis Halal. PT Penamuda Media, 2023.
N. H. Thuba Jazil, Prinsip & Etika Bisnis Syariah. Institut Tazkia,Kneks,Ekonomi Syariah, 2021. [Online]. Available: https://kneks.go.id/storage/upload/1686216705-Prinsip & Etika Bisnis syariah.pdf
Kementerian Agama, “AL-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta : Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an” [Online]. Available: https://quran.kemenag.go.id/
A. Majid, H. Noviarita, and E. Anggraeni, “Peran Digitalitasi Ekonomi Untuk Membentuk Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren,” Ekon. Keuangan, Investasi dan Syariah, vol. 4, no. 4, pp. 1265–1273, May 2023, doi: 10.47065/ekuitas.v4i4.3441.
M. Ishak and K. H. Asri, “Pemberdayaan Kewirausahaan Santri guna Meningkatkan Ekonomi di Pondok Pesantren Al- Qur’an Syifaul Furqon Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor,” Alif, vol. 1, no. 1, pp. 48–55, 2022, doi: 10.37010/alif.v1i1.786.
Aditya Surya Nanda and Fitryani Fitryani, “Membangun Potensi Kemandirian Ekonomi Santri Pada Pondok Pesantren Mambaul Ulum Mojokerto,” Semin. Nas. Teknol. dan Multidisiplin Ilmu, vol. 3, no. 1, pp. 64–76, 2023, doi: 10.51903/semnastekmu.v3i1.204.
Z. Abidin, “Pelatihan Digital Marketing di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan,” Al Mu’azarah J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 112–118, 2024, doi: 10.38073/almuazarah.v1i2.1816.
N. S. A. Amruddin, Roni Priyanda, Tri Siwi Agustina, METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aufwatul Maulaa, Agustin Windianingsih, Muhammad Ali Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.